YUK KENALAN SAMA EMPAT SOSOK BARU PAHLAWAN NASIONAL INI

YUK KENALAN SAMA EMPAT SOSOK BARU PAHLAWAN NASIONAL INI

Dulu kala, seorang pemuda bernama Sutomo ada di barisan pemimpin yang ngobarin semangat dan ngajak masyarakat Surabaya bangkit ngelawan pasukan Inggris yang waktu itu melucuti senjata tentara Jepang dan membebaskan tawanan Eropa. Meski akhirnya kalah dalam pertempuran, semangat buat lepas dari tirani dan penjajahan itu sekarang kita peringatin tiap Tanggal 10 November. Perjuangan pemuda yang dikenal dengan nama Bung Tomo itu nggak berakhir di situ aja, dia terus ngasih kontribusi buat membangun Indonesia, negara tempat kita berjuang mertahanin kemerdekaan yang dulu leluhur kita perjuangin. Meski Bung Tomo udah wafat, namanya bakal terus kita kenang sebagai salah satu pahlawan kebanggaan kita!

 

Maka nggak heran hari ini presidan Joko Widodo bakal memimpin upacara Ziarah Nasional dan Menteri Sosial bakal nyampein sambutan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dihadiri juga nih sama wakil presidan Jusuf Kalla, anggota TNI-Polri, pejabat pemerintah dan veteran.

Ngomongin hari pahlawan, masyarakat punya caranya sendiri sendiri buat memperingatinya, ada yang satu sekolah bersih-bersih monumen pahlawan, ngadain lomba nulis bertema pahlawan, marching band, karnaval, make baju-baju adat dan yang pasti buat sebagian Gen Z dan millenials, posting ucapan selamat hari pahlawan di social media. Tul nggak?

Nah sambil mikir caption atau foto buat di-posting, kita harus tau kalo Bapak presiden kita baru aja menganugerahi beberapa tokoh sebagai pahlawan Indonesia. Siapa aja mereka?

 

1. TUAN GURU KIAI HAJI M. ZAINUDDIN ABDUL MADJID

Pejuang kemerdekaan, ulama dan tokoh pendidikan emansipatoris. Beliay lahir di Nusa Tenggara Barat 19 April 1908 dan wafat tanggal 21 Oktober 1997.

 

2. LAKSAMANA MALAHAYATI

Pernah masuk dalam lirik lagu Malahayati yang dibawain Iwan Fals, tokoh perempuan tangguh asal Nanggroe Aceh Darussalam ini adalah laksmana perempuan pertama pembentuk pasukan Inong Balee, dia juga pemimpin armada laut yang berhasil mengalahkan Cornelis De Houtman dan armada laut Portugis. Wonder woman versi Indonesia yang satu ini lahir tahun 1550 dan wafat tahun 1615. What a strong and brave woman! *menangis haru dan bangga*

 

3. SULTAN MAHMUD RIAYAT SYAH

Lahir di Sulu Sungai Riau Agustus 1760, wafat tanggal 12 Januari 1812. Sosok pahlawan yang satu ini menginspirasi kita buat lebih mencintai tempat kelahiran. Tahun 1782-1784, Sultan melawan penjajahan Belanda di Riau dalam Perang Riau I dan mengacaukan sistem perdagangang Belanda. Sangar bener ya?

 

4. LAFRAN PANE

Tokoh ini gencar melawan komunisme dan pergantian ideologi Pancasila yang digagas Maridjan Kartosoewiryo dan membentuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dia lahir di Sipirok tanggal 12 April 1923 dan wafat di Yogyakarta tanggal 24 Januari 1991.

 

Masih dengan semangat hari pahlawan, selain appreciate jasa mereka dengan ucapan dan selebrasi lain, jangan lupa kalo salah satu cara buat berterimakasih atas jasa mereka juga bisa dengan menyiapkan diri jadi ahli di bidang yang kita suka. Yuk, sama sama belajar jadi warga negara yang cerdas, bermoral, cool, up to date, multi talenta dan melek teknologi tanpa ngelupain identitas diri dan nilai-nilai luhur yang diwariskan para pejuang negeri ini. Selamat hari pahlawan pemuda pemudi keren calon pemimpin Indonesia!

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *