Peningkatan penggunaan memori pada sistem operasi Windows 11 menjadi masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna. Dengan aplikasi dan proses yang semakin kompleks, tidak jarang pengguna mengalami kesulitan dalam mengatasi penggunaan RAM yang terlalu tinggi. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan kinerja Windows 11 Anda.

Sebelum kita membahas tips dan trik, penting untuk memahami bahwa penggunaan RAM yang tinggi pada Windows 11 tidak selalu menjadi indikator masalah yang serius. Sistem operasi ini cenderung menggunakan memori secara cerdas untuk memaksimalkan kinerja. Namun, jika penggunaan RAM terus meningkat hingga menyebabkan kinerja yang lambat, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. dikutip dari https://opini.co.id/

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Salah satu alasan utama penggunaan RAM yang tinggi adalah aplikasi yang berjalan dalam latar belakang. Beberapa aplikasi ini mungkin tidak Anda sadari sedang berjalan dan menghabiskan sumber daya sistem yang berharga. Periksa Task Manager (Ctrl+Shift+Esc) untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan menutup yang tidak diperlukan.

  1. Nonaktifkan Startup Programs yang Tidak Penting

Startup programs adalah aplikasi yang secara otomatis berjalan saat Anda menyalakan komputer. Beberapa aplikasi ini mungkin tidak diperlukan pada saat startup dan hanya menyebabkan beban tambahan pada RAM. Untuk mengatasi hal ini, buka Task Manager dan pilih tab “Startup”. Nonaktifkan program-program yang tidak perlu dengan mengklik kanan dan memilih opsi “Disable”.

  1. Perbarui Driver Sistem

Driver yang tidak terbaru dapat menyebabkan masalah kompatibilitas yang mengakibatkan penggunaan RAM yang tinggi. Pastikan Anda selalu menggunakan driver terbaru untuk perangkat keras komputer Anda. Kunjungi situs web produsen perangkat keras dan periksa apakah ada pembaruan driver yang tersedia untuk komponen-komponen Anda.

  1. Kurangi Visual Effects

Windows 11 menawarkan antarmuka pengguna yang indah dan efek visual yang memukau. Namun, efek-efek ini membutuhkan sumber daya sistem yang cukup besar, termasuk penggunaan RAM. Anda dapat mengurangi efek visual ini untuk menghemat sumber daya sistem. Klik kanan pada “Start” dan pilih “Settings”. Pilih “System” dan kemudian “Display”. Di bawah opsi “Scale and layout”, klik “Advanced display settings”. Pada jendela baru, pilih “Display adapter properties”. Pilih tab “Troubleshoot” dan klik “Change settings”. Di bawah “Hardware acceleration”, pilih opsi “None” dan klik “Apply” untuk menerapkan perubahan.

  1. Gunakan Disk Cleanup

File sementara dan sampah sistem dapat memakan ruang pada hard drive Anda dan juga mempengaruhi kinerja RAM. Gunakan utilitas bawaan Windows, “Disk Cleanup”, untuk membersihkan file-file yang tidak perlu. Cukup ketik “Disk Cleanup” di kotak pencarian di taskbar, pilih drive yang ingin Anda bersihkan, dan ikuti petunjuknya. Pastikan untuk memeriksa opsi “Temporary files” dan “System files” untuk membersihkan semua file yang tidak perlu.

 

  1. Tingkatkan Kapasitas RAM

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan masih mengalami penggunaan RAM yang tinggi, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan peningkatan kapasitas RAM pada komputer Anda. Dalam beberapa kasus, jumlah RAM yang terbatas dapat menjadi hambatan dalam menjalankan aplikasi yang lebih berat. Konsultasikan dengan teknisi komputer atau periksa spesifikasi perangkat keras komputer Anda untuk mengetahui apakah peningkatan RAM memungkinkan.

  1. Gunakan Aplikasi yang Lebih Ringan

Terakhir, jika masalah penggunaan RAM yang tinggi terus berlanjut, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi yang lebih ringan atau alternatif yang membutuhkan lebih sedikit sumber daya sistem. Misalnya, jika Anda menggunakan browser web yang mengkonsumsi banyak RAM, coba pindah ke browser yang lebih ringan seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan ekstensi yang minimal.

Penutup

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat mengatasi penggunaan RAM yang terlalu tinggi di Windows 11 dan meningkatkan kinerja komputer Anda secara keseluruhan. Ingatlah bahwa setiap komputer memiliki konfigurasi yang berbeda, dan mungkin perlu beberapa eksperimen untuk menemukan solusi yang paling cocok untuk Anda.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *