Selain bikin khawatir, kasus peretasan juga membuat resah banyak orang. Bagaimana tidak, kasus peretasan media sosial kini menjadi masalah tersendiri yang banyak menghantui penggunanya. Nah, salah satu cara menjaga keamanan akun adalah dengan memperkuat password atau kata sandi untuk setiap akun yang Anda miliki. Sayangnya, saking kuatnya password yang dibuat justru membuat Anda lupa sendiri.

Untungnya, masih ada tips bikin password yang mudah diingat dan aman dari peretasan hacker yang bisa dicoba. Penasaran? Simak panduan langkahnya berikut ini. Dikutip dari lxslot

Tips Bikin Password yang Mudah Diingat dan Aman dari Peretasan

Bikin Password Berbeda Tiap Akun

Meski terkesan ribet, tetapi apabila setiap akun yang Anda miliki dibuat berbeda – beda pastinya jauh lebih aman. Coba bayangkan jika akunmu kena retas, sudah pasti semua akunmu akan bisa dibukanya dengan mudah jika memiliki password yang sama.

Selain itu, disarankan agar Anda membuat password yang panjang dan dekat dengan dirimu, lalu disangkutpautkan dengan akun apa yang Anda miliki. Contohnya, untuk internet banking, maka Anda bisa mencoba memasukkan kata – kata seperti berikut, tabungan atau menabung di kalimat panjang yang dibuat.

Bikin Password dengan Kalimat Panjang

Diketahui, untuk setiap akun baru yang didaftarkan Anda akan diminta untuk bikin password dengan minimal 6 karakter. Hal ini bukan tanpa tujuan, sebab untuk mengantisipasi serangan peretas.

Dikarenakan semakin panjangnya password yang dibuat, maka semakin lama peretas untuk retas passwordmu. Sebaiknya, Anda kombinasikan kalimat panjang dengan angka, tanda baca dan karakter. Biar mudah diingat, Anda bisa bikin kalimat panjang yang familiar dengan dirimu.

Jangan Bikin Password dari Tanggal Lahir

Tips bikin password yang mudah diingat dan aman dari peretasan terakhir adalah tidak dibikin dari tanggal lahir. Pasalnya, password yang dibuat dari tanggal lahir atau angka yang berurutan memang bisa memudahkan pemilik untuk mengingatnya. Tapi, tahukah Anda kalau password tersebut sangat lemah dan mudah diretas hacker.

Pasalnya terbilang singkat dan berisikan angka yang mudah ditebak. Jadi, sebaiknya Anda hindari membuat password dengan kombinasi angka tersebut, ya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips bikin password yang mudah diingat dan aman dari peretasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *