Pentingnya Video Explainer Untuk Strategi SEO

Pentingnya Video Explainer Untuk Strategi SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi yang penting terutama untuk bisnis yang berkecimpung dalam pemasaran digital. SEO akan menaikkan peringkat website di halaman pencarian seperti Google sehingga dapat semakin mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.

Jika berbicara tentang SEO, sebagian besar orang fokus kepada optimasi artikel-artikel tertulis di website mereka. Padahal, SEO juga berlaku untuk konten multimedia seperti video explainer.

Di era yang serba digital dan visual saat ini, video explainer dapat menjadi sebuah alat yang bisa diandalkan untuk menaikkan kredibilitas website dan menarik perhatian lebih banyak pengunjung.

Sekarang, pertanyaannya adalah, “bagaimana video explainer bisa menaikkan peringkat website dengan lebih mudah?”

Yuk, kita cari tahu!

Apa Itu Video Explainer?

Sebelum kita sampai ke pembahasan inti, sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan video explainer yang sebenarnya.

Video explainer adalah jenis video yang cenderung berdurasi singkat dan banyak digunakan oleh bisnis sebagai media pemasaran karena sifatnya yang sederhana dan to-the-point.

Biasanya, video explainer berdurasi tidak lebih dari 2 menit dan sebagian besar menggunakan video animasi untuk lebih memberikan penjelasan yang lebih menarik dan mudah diikuti.

Bagaimana Video Explainer Bisa Menaikkan Peringkat Website?

Setelah kita tahu apa itu video explainer, dibawah ini adalah beberapa peran dari jenis video tersebut untuk menaikkan peringkat website mu di halaman pencarian Google.

#1. Video Explainer Lebih Banyak Diminati

Saat ini, video merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari dan diminati. Para pengguna internet lebih memilih untuk menonton video untuk mendapatkan dibandingkan membaca artikel karena lebih menarik secara visual. Pantas saja jika lebih dari dari 5 miliar video ditonton di YouTube setiap harinya!

Dengan membuat video explainer, kamu dapat menarik perhatian lebih banyak pengguna internet. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah untuk menaikkan traffic. Semakin banyak traffic yang kamu dapat, semakin besar pula kredibilitas website yang kamu miliki. 

Disini, website yang kredibel memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menempati posisi atas di halaman pencarian.

#2. Video Explainer Mudah Disebarkan

Hanya butuh beberapa klik saja untuk menyebarkan video explainer di media sosial dan platform digital lainnya. Video juga merupakan konten yang mudah untuk dibagikan dan menjadi viral.

Karena lebih mudah disebarkan, video explainer dapat menjadi konten andalanmu untuk menjangkau lebih banyak audiens yang nantinya berpotensi menjadi pengunjung website mu.

#3. Video Explainer Menaikkan Engagement

Video explainer tak hanya handal dalam menarik perhatian para pengguna internet, namun jenis video ini juga dapat menaikkan tingkat engagement website yang kamu miliki.

Dengan membuat dan mengunggah video explainer di website mu, para pengunjung cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di halaman website. Maka dari itu, video explainer dapat menaikkan dwell time dan menurunkan bounce rate

Semakin rendah bounce rate yang kamu miliki, maka semakin besar potensi yang kamu dapat untuk mendongkrak peringkat website mu.

Akhir Kata

Video explainer dikenal karena dapat menyampaikan informasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Tak heran jika jenis video ini menjadi andalan para bisnis dan marketer untuk menyampaikan pesan mereka dan menarik perhatian lebih banyak pengguna internet.

Video explainer juga dapat membantumu mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan, entah itu dengan pencarian keyword atau berada dihalaman pertama mesin pencari. 

Dari ketiga poin diatas, sudah jelas bahwa untuk dapat bersaing di era digital saat ini, kamu membutuhkan explainer video dan mengunggahnya di website atau profil media sosial yang kamu miliki.

 

Penulis

Andre Oentoro, CEO dan Founder dari Videos.ID

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *