Pengertian Hidrologi Secara Singkat, Apa Itu?

Pengertian Hidrologi Secara Singkat, Apa Itu?

Pada dasarnya, pengertian hidrologi ini lebih sering dikenal juga dengan istilah siklus atau daur air. Dimana siklus air tersebut sering digambarkan dengan pergerakan molekul air atau jika dalam rumus kimia sering disebut dengan H2O. Pergerakan yang dimaksud itu tadi berasal dari atmosfer menuju ke arah bumi, begitu pula sebaliknya. Setelah itu siklus air tersebut senantiasa berjalan dengan urutan seperti tadi setiap harinya tanpa pernah berhenti. Dengan kata lain, siklus air tersebut bekerja selama 24 jam non stop alias tidak ada batasannya.

Dengan begitu nantinya akan membentuk suatu rangkaian terstruktur yang melingkar. Dimana  H20 atau molekul air itu tadi melewati putaran perjalanan di bumi. Beberapa proses dari tahapan siklus air tersebut ada 3. pertama yaitu evaporasi, yang mana proses penguapan air bisa terjadi pada  danau, laut, sungai, dan lain sebagainya. Dimana nantinya akan menghasilkan transpirasi atau pelepasan H20 itu tadi  pada pepohonan. Prinsipnya, evaporasi dan juga transpirasi itu hampir mirip sebab keduanya mengalami proses perubahan zat dari cair menuju gas yang nantinya berkumpul menjadi satu di atmosffer.

Proses kedua dari siklus air yaitu kondensasi yang mana nantinya tahapan ini menjadikan perubahan dari gas menuju cair. Biasanya, proses yang satu ini juga sering dikenal dengan istilah pengembunan. Dimana hal yang satu ini merupakan kebbalikan dari penguapan atau evaporasi tadi. Pada siklus air yang bernama kondensasi ini atmosfer mengalami perubahan tekanan dan juga suhu sehingga membentuk awan hitam.

Terakhir, proses siklus air yang ketiga yaitu presipitasi yang mana hasil dari tahapan kondensasi. Pada dasarnya siklus air yang bernama presipitasi ini bisa saja terjadi karena adanya penambahan uap air dan juga pendinginan. Sesudah itu air yang membentuk awan tadi nantinya akan mencapai titik jenuh. Apabila uap air yang ada di atmosfer tadi jumlahnya semakin banyak maka nantinya akan membentuk hujan karena awan tidak mampu menampung banyaknya air. Ketika suhu berada di bawah 0 derajat celcius nantinya air akan turun dalam bentuk salju lalu terkondensasi menjadi es karena musim dingin.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id