Pengertian Buku Referensi Menurut Mustika Pustaka Negeri

Buku referensi ini sering ditemukan sebagai bahan ajar di sekolah. Serta bisa didapatkan di Mustika Pustaka Negeri secara mudah. Namun seringkali salah dipahami oleh kebanyakan orang jika dilihat dari segi definisi. 

Maka dari itu disini akan dibahas pengertian mengenai buku referensi dan berbagai karakteristiknya untuk menghindari kesalahpahaman.

Pengertian Buku Referensi

Buku referensi merupakan sebuah tulisan ilmiah yang dibentuk dalam sebuah bentuk buku dengan substansi pembahasan yang berfokus dalam satu bidang ilmu. Buku ini berisi bahasan mengenai topik yang luas namun merujuk pada satu bidang ilmu.

Urutan dari materi yang berada di dalamnya disusun berdasarkan satu logika  bidang ilmu. Umumnya buku ini diterbitkan secara umum dengan panduan penulisan buku teks. Kumpulan monograf yang jadi satu untuk bidang ilmu tertentu bisa menjadi buku referensi.

Pembahasan yang terdapat dalam sebuah buku referensi isinya mencakup beberapa topik yang disusun dalam satu rumpun ilmu. Penyusunannya juga dibuat berdasarkan logika berpikir dari bidang ilmu yang dimaksud.

Urutannya akan dimulai dari materi yang bisa dipahami secara dasar kemudian meningkat menjadi kesulitan yang ringan. Tingkatan ini terus menerus berlanjut hingga tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi.

Karakteristik Buku Referensi

Buku referensi yang sudah dibuat oleh pengajar wajib memenuhi karakteristik yang terdapat dalam buku referensi. Karakteristik yang dimaksud dalam buku referensi adalah sebagai berikut:

1. Dibuat dari Hasil Penelitian

Buku referensi yang baik dan benar adalah memiliki sumber dari penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti yang kompeten di bidangnya. Khususnya penelitian yang dilakukan oleh dosen atau penulis buku referensi, meski begitu penulis juga bisa mengambil penelitian sebelumnya untuk referensi.

2. Buku pegangan Dosen

Buku referensi yang isinya membahas topik pada bidang keilmuan tertentu menjadikan buku tersebut sebuah referensi untuk penelitian. Buku ini juga sering digunakan dosen untuk kegiatan mengajarnya di kelas.

3. Bahasanya Formal’

Karya tulis ini masuk kedalam ranah buku ilmiah oleh karena itu bahasa yang digunakan sebaiknya formal dan terikat oleh struktur yang baku. Pada aspek bahasa, buku ini wajib menggunakan bahasa yang baku dan formal serta bisa didominasi oleh bahasa ilmiah.

4. Diterbitkan dengan ISBN

Buku ini dijadikan referensi pembelajaran, maka dari itu buku ini juga harus sudah diterbitkan secara resmi. Dosen yang menulis buku ini mengirimkan bukunya ke penerbit agar mendapatkan ISBN dan mendapatkan KI.

5. Berisi Satu Bidang Keilmuan

Karakteristik lain yang hadir dalam buku referensi adalah satu buku mencakup seluruh topik pada satu bidang keilmuan. Artinya buku ini wajib berisi latar belakang pendidikan dosen tersebut. Misalkan dosen latar belakangnya adalah Matematika, ia tidak bisa menulis buku tentang kedokteran.

Itulah bahasan mengenai pengertian buku referensi menurut Mustika Pustaka Negeri. Buku referensi adalah buku yang sangat penting untuk memajukan pengetahuan pelajar. Tujuannya agar proses belajar mengajar jadi terlaksana lebih lancar.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id