NAIK TOL JAKARTA – SURABAYA, 12 JAM SAMPAI!

NAIK TOL JAKARTA - SURABAYA, 12 JAM SAMPAI!

Sering banget kita ngerasa males buat ikut mudik lewat jalan darat karena: tracknya muter-muter, macet, jalanannya rusak pula. Belum lagi kalau nyasar karena nggak tahu jalan. Hii! Tapi tenang guys,  jalur Trans Jawa lagi dikerjain dan bakal kelar tahun 2019 nanti!

 

Buat yang belum tau, jalan tol Trans Jawa adalah jaringan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa dan menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia yakni Jakarta dan Surabaya via tol. Tol Trans ini termasuk dalam Asian Highway 2 (AH2) atau Jaringan Jalan Layang Asia yang menghubungkan Asia dari Natuna dan Trans Kalimantan (Indonesia) sampai Puerto Princesa, Manila, Filipina, sampai Jepang. Pemerintah udah menargetkan jalan tol Trans-Jawa dari Merak, Banten, sampe ke Probolinggo akan tersambung di tahun 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljobo bilang,  tol Trans Jawa bakalan beroperasi seluruhnya dari Jakarta sampe Surabaya di akhir 2018. Detailnya, jalur tol Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya-Probolinggo selesai tahun 2018, dan Probolinggo-Banyuwangi selesai tahun 2019. Jalan tol ini termasuk ke dalam ruas tol Trans jawa yang terdiri dari 10 ruas jalan, dengan total mencapai 649km. Sekarang ini, 35% dari jalan tol tersebut udah bisa dipake lho, beberapa yang udah beroperasi penuh adalah Mojokerto-Jombang-Kertosono dan Mojokerto-Surabaya.

Kalau jalanan ini udah kelar, kita cuma perlu waktu sekitar 12 jam* dari Jakarta ke Surabaya (biasanya bisa sampe 24 jam), dengan total biaya tol sebesar Rp 201.500 saja.

 

*Kondisi jalanan dan kecepatan kendaraan normal

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *