MUNGKIN KITA PUNYA TRUST ISSUE KALO NGALAMIN 5 HAL INI

MUNGKIN KITA PUNYA TRUST ISSUE KALO NGALAMIN 5 HAL INI

Pernah nggak sih ngerasa susah banget percaya sama orang? Bawaannya negative thinking terus karena selalu mikir kemungkinan yang terburuk dari suatu hubungan, baik itu hubungan pertemanan atau bahkan romantic relationship. Nah, kalo kita pernah ngerasa kayak gini, mungkin kita emang punya trust issues. Kenali tanda-tanda yang lainnya yuk dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini!

 

APA ITU TRUST ISSUE?

Seseorang yang memiliki trust issues sulit untuk menaruh kepercayaan pada orang lain karena mereka mempunyai ketakutan tersendiri pada ketidaksetiaan. Akibatnya, orang yang memiliki masalah ini selalu memikirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi dalam hubungannya dengan orang lain. Ini juga biasanya disebabkan oleh pengalaman dikhianati oleh seseorang atau malah karena pernah melalui pengalaman yang buruk di masa kecil. Oleh karena itu, trust issues sebenarnya muncul sebagai defense mechanism yang dilakukan oleh diri kita sendiri. Kenali lebih jauh yuk tanda-tandanya!

 

SIGNS

#1 Selalu curiga dengan orang lain yang buat kita parno sendiri

Orang yang memiliki krisis kepercayaan susah banget untuk nggak curigaan sama orang lain. Walaupun sebenarnya nggak ada apa-apa, pikiran-pikiran buruk yang nggak berdasar terus hadir. Misalnya, kalo si dia lama nggak bales chat, kita udah mikir hal yang nggak-nggak tentang dia sampe akhirnya ngebuat kita parno sendiri. Duh, kalo sering ngerasain ini, kita punya trust issues nih!

#2 Commitment issue? Bisa jadi tanda kita punya trust issues!

Nah, orang –orang yang punya masalah sama kepercayaan ini cenderung mikir bahwa betrayal is inevitable. Which means, mereka nggak percaya bahwa hubungan itu bisa sukses dan selalu percaya bahwa ujung-ujungnya pengkhianatan itu nggak terelakkan. Akibatnya, orang-orang seperti ini susah banget untuk commit dengan orang lain secara emosional karena mereka pikir pada akhirnya si doi pasti pergi juga.  Hmm, pernah ngerasain ini?

#3 Sering ngecek ponsel si dia

Kita selalu ngerasa butuh untuk ngecek ponsel pacar walaupun dia sebenernya nggak ngelakuin hal yang bisa dibilang mencurigakan.  Walaupun itu namanya melanggar privasi, kita nggak peduli karena ngerasa curiga dengan apa yang dilakuin si pacar dibelakang. Kalo udah begini, hati-hati aja si dia bakal nggak suka dan akhirnya memutuskan untuk ninggalin kita. Lebih baik sebelumnya tanya dulu si dia apa boleh lihat isi ponselnya. Kalo dia nolak, cari tau dulu apa alesan sebenarnya. But hey, jangan berspekulasi yang aneh-aneh dulu ya!

#4 Selalu ngerasa sendirian dan terisolasi

Karena selalu ngerasa susah percaya sama orang, people with trust issues feel like they are alone and isolated. Hal ini ngebuat kita nggak bisa nunjukkin diri kita yang sebenarnya kepada orang lain sampe akhirnya ngerasa bahwa di dunia ini kita cuma sendirian.

#5 Selalu memikirkan skenario terburuk

Ketika kita nggak bisa percaya sama seseorang, eventually, yang kita pikirkan akan terjadi hanyalah skenario-skenario terburuk yang mungkin ada. Misalnya, kalo teman-teman kita pergi dan nggak ngajak kita, kita udah mikir pasti mereka bakal ngomongin kita di belakang. Atau, kalo si dia lama banget ngilang nggak ada kabar, kita langsung mikir bahwa dia selingkuh di belakang kita.

 

HOW TO DEAL WITH IT

Overcoming trust issues is not as easy as it seems. Teorinya gampang banget, tinggal percayaan aja sama orang dan nggak negative thinking terus, kan? Tetapi, buat orang yang punya masalah ini, tentu aja nggak segampang yang diomongin. Kuncinya, kita harus belajar untuk menghadapi rasa sakit dari belajar untuk memercayai orang lain itu sendiri. Kita harus belajar untuk mengubah segala pemikiran buruk menjadi hal yang positif. Percayalah dengan diri sendiri karena permasalahan ini cuma bisa ditangani oleh diri sendiri. Coba juga untuk mulai terbuka dengan sahabat kita. Tetapi kalo kita pikir masalah ini cukup serius, bicara dengan seorang profesional seperti psikolog atau therapist juga bisa dilakuin. Yang paling penting, kita harus mencoba untuk mempercayai kemampuan diri sendiri untuk melawan masalah kepercayaan ini. Semangat!

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *