Mengetahui Sejumlah Model Bisnis Media Online

Model Bisnis Media Online

Saat ini rasanya orang harus mulai berlomba-lomba dalam menciptakan bisnis sendiri. Salah satu model bisnis yang saat ini banyak dikembangkan adalah bisnis media online. Apakah yang disebut bisnis di bidang media tersebut? Bisnis di bidang media online merupakan sebuah usaha dalam pembuatan situs berita, portal berita, atau majalah secara online.

Bagi Anda yang hendak merintis bisnis di bidang media online sangat membutuhkan kerja keras agar bisa sukses. Sumber utama penghasilan dari bisnis di bidang ini adalah adanya iklan. Namun, bisnis ini harus bersaing dengan media sosial Facebook dan Instagram untuk bisa memperoleh banyak iklan.

 

Mengintip Model Bisnis di Bidang Media Online

Media online berguna untuk menjadi sumber dan pilihan pertama bagi publik untuk bisa memperoleh berbagai informasi. Berikut sejumlah bisnis di bidang media online.

1. Iklan Display

Banyak dari media online yang mengandalkan iklan display untuk menjadi sumber penghasil uang. Namun, sebaiknya ini tidak dijadikan sebagai model bisnis utama karena hanya mengandalkan traffic web. Membangun traffic web tentu membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak bisa dijadikan patokan.

2. Pembuatan Konten

Bisnis pembuatan konten ini menyajikan bentuk iklan dalam bentuk content marketing. Anda bisa memfasilitasi produk atau brand dengan iklan dalam bentuk variatif. Dengan model bisnis ini, pesan sponsor yang dikemas berbentuk iklan dapat dihasilkan dengan berbagai konten menarik berupa tulisan atau audio visual.

3. Community Engagement

Model bisnis ini, memberikan fasilitas pendanaan pada komunitas untuk melakukan kegiatan secara online maupun offline. Misalnya, event sponsorship atau online activation.

4. Community Insight

Meski serupa dengan model bisnis sebelumnya, namun ini lebih menekankan pada pemberdayaan komunitas media online. Anda bisa menjadikan komunitas media online sebagai object research.

5. Konten Premium

Meski jarang dilakukan di Indonesia, namun ada juga yang memilih untuk menjalankan model bisnis ini. Model bisnis satu ini membebankan sejumlah biaya kepada user atau reader jika ingin membaca konten dari sebuah media online. Sayangnya, karena tidak gratis maka banyak yang kurang menyukai bisnis yang satu ini.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id