MASKARA WATERPROOF VS NON WATERPROOF, PILIH YANG MANA?

MASKARA WATERPROOF VS NON WATERPROOF, PILIH YANG MANA?

Life is hard, a little more maskara won’t hurt. Bener banget, maskara itu penting buat bikin bulu mata kita kelihatan lebih tebel dan lentik. Bulu mata palsu juga bisa sih. Tapi ya kali kita mau pake bulu mata palsu ke sekolah. Maskara jelas jauh lebih praktis.

 

Nah, maskara over the counter ada dua jenis: waterproof dan non waterproof. Udah tau bedanya apa aja ? Yuk cari tahu sama-sama!

 

MASKARA WATERPROOF

Sesuai namanya, maskara waterproof kelebihan utamanya adalah tahan air. Dan di negara tropis seperti di Indonesia (a.k.a musim hujannya setengah tahun), maskara jenis waterproof banyak banget peminatnya. Beberapa contoh maskara waterproof yang populer antara lain : Maybelline Hypercurl, Wardah EyeExpert Pefect Curl, L’oreal Curl Impact Collagene, dan lain-lain.

Plus

  • Nggak akan mbleber kalo kena air. Biasanya disertai fitur smudgeproof juga, alias tahan gosok. Aman buat yang suka nggak sadar ngucek mata.
  • Bikin bulu mata tetap lentik seharian.
  • Cepet kering setelah diaplikasi.

Minus

  • Susah banget buat bersihin. Perlu oil based cleanser.
  • Saking susahnya dibersihin, kadang juga bikin bulu mata kita rontok kalo nggak hati-hati.
  • Nggak buildable. Kalopun mau di-layer perlu trik khusus: segera ditumpuk sebelum layer pertama mulai mengering.
  • Formulanya banyak wax, kalo dipake jangka panjang terus menerus bisan bikin bulu mata kering dan rapuh.

 

MASKARA NON WATERPROOF

Sementara maskara non waterproof, tentu saja nggak tahan air. Contohnya : Emina Star Lash Mascara, Poppy Dharsono Maskara, L’oreal Paris False Lash Duo, Too Faced Better Than Sex Non Waterproof. Di Indonesia, maskara non waterproof agak kalah laris dari yang waterproof. Tapi bukan berarti maskara non waterproof itu jelek loh. Tetep ada plus minusnya.

Plus

  • Formulanya lebih lashes-friendly.
  • Gampang dibersihin pake air atau micellar water.
  • Aman buat dipake jangka panjang terus-menerus.

Minus

  • Riskan berubah jadi mata panda, apalagi kalo lagi musim hujan.
  • Nggak cocok untuk yang eyelid-nya berminyak, matanya sering berair, dan undereye sering keringetan.
  • Cenderung lebih lama kering.
  • Nggak smudgeproof alias kecolek langsung bubar.

 

VERDICT

Masing-masing jenis maskara, waterproof dan non waterproof punya kekurangan dan kelebihan. Mau pilih yang mana, tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan, jenis eyelid, serta aktivitas sehari-hari. Kalo kita sehari-hari beraktivitas di dalam ruangan ber-AC, ke mana-mana pake mobil, eyelid nggak berminyak, mending pake maskara non waterproof. Sebaliknya, kalo aktivitas kita lebih banyak di luar ruangan, kena terik matahari atau sering kehujanan, tentu maskara waterproof lebih aman.

Selain itu, liat juga bentuk bulu mata kita. Untuk yang sudah punya bulu mata panjang dan lentik dari sananya, maskara non waterproof nggak akan jadi masalah. Sebaliknya, kalo bulu mata panjang tapi lurus, maskara waterproof lebih bisa diandalkan untuk menjadikan bulu mata lentik lebih lama.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *