LIMA APLIKASI ANAK INDONESIA YANG MEMUDAHKAN HIDUP KITA

LIMA APLIKASI ANAK INDONESIA YANG MEMUDAHKAN HIDUP KITA

Kita patut bangga nih sebagai generasi muda Indonesia, soalnya nggak sedikit dari kita yang berhasil nemuin inovasi baru dalam hal teknologi. Seperti teman-teman kita ini yang berhasil ngebawa harum nama Indonesia di kancah nasional ataupun internasional. Aplikasi yang mereka buat sangat ngebantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Yuk coba intip apa aja aplikasinya!

 

RIGHT UP

Dua pelajar SMK Negeri 4 Bandung, yakni Riksa Suviani dan Irfan Lutfi dan berhasil jadi juara 1 Kompetisi IT Internasional yang diadakan di Korea Selatan. Di ajang bergengsi tahunan ‘The APEC e-Learning International Contest of Outstanding of New Ages (e-ICON)’, tim ini berhasil ngebuat aplikasi yang bernama ‘Right Up’.

Right Up merupakan aplikasi e-learning yang ngebantu penggunanya memaksimalkan penggunaan otak kanan dalam menggambar. Di aplikasi ini banyak banget metode yang bisa kita gunakan, ada space drawing, one line drawing, crop, upside drawing, dan color diary. Sekarang ‘Right Up’ udah bisa di download di Google Play Store, lho.

 

PASIENIA

Pasienia dinobatkan sebagai pemenang dalam kejuaraan Google Business Group (GBG) Stories 2017. Pasienia merupakan hasil karya dari alumni fakultas kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Yang ngebuat bangga ialah Pasienia ini berhasil jadi juara pertama dan ngalahin 468 aplikasi yang berasal dari berbagai negara, wow!

Fitur yang disediakan dari Pasienia ialah timeline pasien yang bisa menghubungkan antara pasien yang menderita penyakit sama, jadi mereka bisa saling share cara pengobatan dan memotivasi sesama. Dan ada juga timeline dokter, dimana kita bisa konsultasi dengan dokter secara online. Rating yang diraih Pasienia di Goggle Play Store mencapai 4,2 dan udah di download oleh 7 ribu orang.

 

MAMI KOST

Buat kita anak rantau yang masih bingung mau ngekost di mana, nah Mami Kost adalah jawaban yang tepat. Aplikasi ini ngebantu banget untuk nyari kost yang sesuai dengan kebutuhan kita, mulai dari harga, wilayah dan keamanannya. Tenang aja, data kostan dijamin 100% asli dan terpercaya karena tim Mami Kost langsung datang dan mengsurvey kostan tersebut.

Informasi yang diberikan juga lengkap banget, dimulai dari gambar kostan yang bisa kita liat secara 360 derajat, harga sewa, informasi pemilik dan alamat lengkap kostan. Kalo kita masih bingung di mana letaknya, Mami Kost nyediain petunjuk arah jalan dalam bentuk Maps, jadi dijamin kita nggak akan nyasar deh.

 

HELPME!

Berangkat dari pengalaman pribadi, ketiga mahasiswa Universitas Indonesia, Ezra Fregga, Alexander Bangkit dan Deki Anissa sukses ngebuat aplikasi jasa cleaning service yang bernama HelpMe!. Awalnya pembuatan HelpMe! ini hanya sebagai tugas kuliah aja tapi karena Ezra ngerasa bahwa aplikasi ini sangat potensial maka dibuatlah bisnis start up ini. Omset yang dicapai bisa mencapai 5 juta/hari lho.

Aplikasi HelpMe! bisa digunakan bagi kita anak kostan yang punya segudang aktivitas dan nggak sempat ngeberesin kostan. Harga yang ditawarkan juga sesuai banget nih untuk kantong anak kostan, yakni dari harga 35-75 ribu. HelpMe! berhasil menjadi finalis di Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Indonesia 2016. Sayangnya, wilayah yang bisa dijangkau HelpMe! terbatas hanya di daerah Depok aja.

 

EZDU

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) emang nggak berhenti terus berinovasi, kali ini datang dari mahasiswa fakultas teknik industri dan ilmu komputer, yaitu Fury Oktria Putra, Elok Pitaloka dan Damar Adi Prabowo . Mereka berhasil ngebuat aplikasi yang berbasis e-learning yakni ‘ Ezdu’. Ezdu berhasil masuk 50 besar Young Social Entrepreneurs Programme pada Mei 2016 lalu.

Ezdu berisi materi pelajaran SMP dan SMA yang bisa kita akses lewat video, selain itu ada juga fitur chat, telfon, dan video call untuk memudahkan interaksi tanya jawab antar siswa dengan tutor. Kita bisa mengakses aplikasi ini secara berbayar dan dari pendapatan tersebut nantinya akan disumbangkan ke siswa di daerah terpencil agar mereka juga bisa merasakan pendidikan yang sama seperti kita. Salut!

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *