Inilah 5 Jenis AC Terbaik Untuk Ruangan yang Perlu Diketahui

Inilah 5 Jenis AC Terbaik Untuk Ruangan yang Perlu Diketahui

Seiring dengan berjalannya waktu, AC menjadi benda yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Diketahui, AC berfungsi untuk mengatur suhu ruangan sehingga udara menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa digunakan misalnya AC inverter dan AC multi s. Berikut adalah rekomendasi jenis-jenis AC terbaik untuk ruangan yang bisa dijadikan pertimbangan dalam membeli:

1. AC Split Wall

Adapun jenis AC terbaik yang pertama adalah AC split wall. Diketahui, jenis ini banyak digunakan karena perawatannya cukup  cukup mudah. AC split wall dapat digunakan di berbagai ruangan mulai dari rumah, kantor maupun hotel.

AC ini memiliki dua bagian yang terpisah. Untuk indoor adalah tempat untuk mengeluarkan udara sejuk sedangkan di outdoor nya adalah tempat pembuangan yang mengeluarkan udara panas.

Di beberapa merk, AC Split ini juga telah dikembangkan. Misalnya adalah AC multi split yang memiliki empat indoor yang terhubung dengan sebuah outdoor.

2. AC Inverter

Berikutnya, ada AC inverter yang termasuk ke dalam AC hemat energi. Hal ini disebabkan AC ini dapat mengatur arus listrik yang digunakan karena memiliki sensor cerdas. Jika suhu ruangan tempat AC sudah cukup dingin, maka AC inverter akan secara otomatis melambatkan putarannya.

Dengan begitu, daya listrik pun lebih hemat dan ramah lingkungan. AC  inverter harganya cenderung lebih tinggi dibanding split wall. Penyebabnya adalah adanya berbagai komponen yang dapat mengatur kinerja kompresornya berdasarkan kebutuhan pemiliknya. Hal ini menjadikannya sebagai jenis AC ramah lingkungan.

3. AC Central

Lalu, ada pula jenis AC central yang memiliki kemampuan untuk mendinginkan ruangan yang lebih luas. AC ini biasanya digunakan di berbagai hotel, mall besar dan bangunan besar lainnya. Diketahui, AC central dapat mendinginkan suhu ruangan pada cooling plant yang berada di luar.

Nantinya, udara tersebut akan dialirkan kembali ke ruangan besar tadi. Dengan demikian, ruangan akan menjadi lebih sejuk hingga mencapai luas tertentu. Karena itulah saat seseorang datang ke mall maka udara di dalamnya terasa dingin meskipun memiliki banyak pengunjung.

4. AC Standing Floor

Lebih lanjut, ada AC standing floor yang merupakan jenis AC terbaik berikutnya. AC ini seringkali digunakan pada acara-acara tertentu dimana banyak orang datang ke tempat tersebut. Misalnya adalah pesta pernikahan, bazaar, acara wisuda dan lain-lain.

Adapun keunggulan dari AC ini adalah bentuknya yang tegak di lantai sesuai dengan namanya. Kemudian, pengguna juga dapat memindahkan AC ini sesuka hati karena tidak menempel di dinding seperti AC biasanya.

Bagian sistem pendingin dari AC ini berada di bagian bawahnya dan dapat mengeluarkan hawa panas dari sana. Sedangkan, bagian depannya akan mengeluarkan hawa dingin untuk menyejukkan ruangan di sekitarnya.

5. AC Cassette

Selanjutnya ada AC cassette yang seringkali digunakan pada ruangan tertentu misalnya ruko maupun kantor. Diketahui, AC ini dapat diletakkan di bagian langit-langit atas ruangan sehingga udara sejuk akan mengalir ke dalam ruangan tersebut. Ukuran dari AC ini berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk memasang AC cassette diperlukan bantuan teknisi khusus yang memiliki keahlian. Hal ini dikarenakan pemasangan AC ini memerlukan tenaga besar dan tidak boleh dipasang secara sembarangan.

Demikianlah beberapa jenis AC terbaik yang dapat digunakan di berbagai ruangan berdasarkan dengan kebutuhannya. Dengan mengetahui jenis-jenis AC, maka pembeli dapat memilih AC yang tepat untuk diletakkan di ruangan tertentu.

 

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id