fastbet99 – Windows Boot Manager adalah salah satu komponen penting dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi yang ingin Anda jalankan pada saat booting komputer. Ini sangat berguna jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi yang terinstal di komputer Anda, seperti Windows 11 dan Windows 10. Windows Boot Manager biasanya aktif secara default, tetapi ada beberapa kasus di mana Anda mungkin perlu mengaktifkannya secara manual. Artikel ini akan membahas cara mudah mengaktifkan Windows Boot Manager di Windows 11.

Sebelum kita memulai, pastikan Anda memiliki hak administratif pada komputer Anda, karena Anda perlu mengakses beberapa pengaturan yang memerlukan izin administratif.

Langkah-langkah

  1. Buka Pengaturan Sistem

Pertama, buka menu “Start” dengan mengklik ikon Windows di sudut kiri bawah tampilan Anda atau dengan menekan tombol “Windows” pada keyboard. Setelah itu, klik ikon gigi di bagian bawah menu Start untuk membuka Pengaturan.

  1. Pilih “Sistem”

Setelah Anda membuka Pengaturan, cari dan klik opsi “Sistem”. Ini akan membuka berbagai pengaturan terkait sistem operasi Anda.

  1. Buka “Tentang”

Di panel sebelah kiri, klik “Tentang” untuk melihat informasi tentang sistem Anda. Anda akan melihat detail seperti versi Windows, spesifikasi perangkat, dan informasi lainnya.

  1. Klik “Opsi pengguna lanjutan”

Di bawah informasi dasar tentang sistem Anda, Anda akan melihat opsi “Opsi pengguna lanjutan”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

  1. Klik “Recovery”

Setelah Anda masuk ke Opsi Pengguna Lanjutan, Anda akan melihat beberapa pilihan terkait pemulihan dan pemulihan sistem. Pilih “Recovery” untuk melanjutkan.

  1. Klik “Memulihkan Opini Sistem”

Di bagian “Recovery”, Anda akan melihat opsi “Memulihkan Opini Sistem”. Klik opsi ini untuk membuka pengaturan yang terkait dengan boot dan opsi pemulihan.

  1. Klik “Boot ke UEFI”

Di bawah “Memulihkan Opini Sistem,” Anda akan melihat opsi “Boot ke UEFI.” Klik opsi ini untuk melanjutkan.

  1. Klik “Restart Sekarang”

Setelah Anda mengklik “Boot ke UEFI,” sistem Anda akan meminta Anda untuk me-restart komputer. Pastikan Anda telah menyimpan semua pekerjaan yang sedang Anda kerjakan, lalu klik “Restart Sekarang” untuk melanjutkan.

 

  1. Beralih ke Windows Boot Manager

Setelah komputer Anda restart, Anda akan masuk ke BIOS atau UEFI komputer Anda. Biasanya, ada opsi yang disebut “Boot” atau “Boot Options” di dalam BIOS atau UEFI.

Selanjutnya, cari opsi yang memungkinkan Anda mengaktifkan Windows Boot Manager. Setiap komputer mungkin memiliki tampilan BIOS atau UEFI yang sedikit berbeda, jadi Anda mungkin perlu mencari-cari. Biasanya, Anda akan menemukan opsi ini di bagian “Boot” atau “Boot Options.”

  1. Aktifkan Windows Boot Manager

Setelah Anda menemukan opsi yang sesuai, aktifkan Windows Boot Manager. Ini bisa dilakukan dengan mengklik opsi tersebut dan mengubah pengaturannya. Pastikan untuk menyimpan perubahan sebelum keluar dari BIOS atau UEFI. Setiap BIOS atau UEFI mungkin memiliki metode yang berbeda untuk menyimpan perubahan, jadi pastikan Anda mengikuti petunjuk yang sesuai.

  1. Restart Komputer

Setelah Anda mengaktifkan Windows Boot Manager, restart komputer Anda lagi. Setelah komputer Anda menyala kembali, Anda seharusnya dapat melihat Windows Boot Manager saat komputer Anda boot.

Sekarang, Anda telah berhasil mengaktifkan Windows Boot Manager di Windows 11. Ketika komputer Anda boot, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih sistem operasi mana yang ingin Anda jalankan. Windows Boot Manager akan mempermudah Anda dalam mengelola sistem operasi yang terinstal di komputer Anda.

Penutup

Mengaktifkan Windows Boot Manager di Windows 11 adalah proses yang cukup mudah, tetapi memerlukan akses ke pengaturan BIOS atau UEFI komputer Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan cepat mengaktifkan Windows Boot Manager dan mengelola sistem operasi yang terinstal di komputer Anda dengan lebih baik.

Jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi, Windows Boot Manager adalah alat yang sangat berguna yang akan mempermudah Anda dalam beralih antara sistem operasi yang berbeda. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda!***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *