7 Manfaat Taman di Rumah yang Harus Kamu Tau

7 Manfaat Taman di Rumah yang Harus Kamu Tau

Huniah yang nyaman kini tidak cukup berfokus pada desain rumah dan perabotan saja. Bagian estetika seperti taman kini menjadi salah satu aspek penting dalam rumah. Apalagi dengan adanya pandemi yang membuat segalanya berjalan #Dirumahaja.

Tidak hanya dibuat di depan rumah, kini taman juga bisa bisa dibudidayakan di dalam, balkon, hingga bagian belakang rumah. Jadi bisa diaplikasikan untuk lahan yang tidak terlalu luas. Untuk kamu yang masih menimang-nimang hendak membuat taman atau tidak, yuk simak 7 manfaat taman berikut ini! Siapa tau bisa meyakinkan pilihanmu.

7 Manfaat Taman di Rumah

Ada banyak manfaat taman rumah yang bisa kamu dapatkan, lho! Apa saja?

  1. Meningkatkan nilai estetika

Tidak hanya nilai fungsional yang diperlukan dalam rumah, nilai estetika pun tak kalah penting. Kehadiran taman bisa memberikan kesan yang asri dan nyaman.

Tidak melulu terletak di bagian eksterior atau depan rumah, taman kini bisa menjadi penyegar d dalam rumah. Dengan memanfaatkan space yang ada, taman minimalis sangat bisa dibuat. Meski tidak luas, tetap bisa meningkatkan nilai keindahan rumah.

  1. Meningkatkan mood

Manfaat lain dari adanya taman di rumah ialah mampu meningkatkan mood maupun menguangi stress. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman seperti bunga bisa memberikan hal positif, seperti membuat pikiran jadi lebih tenang. Cocok jadi tempat untuk melepas penat.

Tentunya interaksi penghuni rumah dengan tanaman bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

  1. Baik bagi kesehatan

“Tanaman biasa maupun tropis bisa meminimalisir debu sampai 20%” – Hasil penelitian State University of Washington.

Yap, memang benar. Tanaman bisa mengurangi udara kotor hingga mikroba di uara yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Kelembaban udara dalam rumah pun juga bisa terkontrol dengan baik.

Jadi, bukan hanya baik untuk kesehatan mental, adanya taman juga berdampak positif bagi kesehatan fisik.

  1. Meredam suara sekitar

Tahukah kamu akan manfaat taman yang satu ini? Meski jarang diketahui, hal ini benar adanya.

Dengan banyaknya tanaman, akan mampu meredam atau mengurangi suara dari sekitar rumah. Bahkan, pantulan suara dari sekitar bisa berkurang hingga 8 desibel! Hal ini tentu bisa membuat rumah menjadi lebih nyaman, bukan?

  1. Rumah lebih sejuk

Tidak bisa dipungkiri bahwa tanaman merupakan penghasil terbesar oksigen bagi manusia. Beberapa jenis tanaman seperti lidah mertua yang bisa menyaring udara kotor membuat rumah terasa lebih segar dan sejuk.

Warna hijau dari daun hingga warna bunga yang elok pun mampu membuat pemandangan menjadi lebih asri. Pada saat musim panas, adanya taman bisa menurunkan suhu sehingga area rumah tetap sejuk.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Selain memperbaiki kualitas udara, adanya taman rumah juga bisa meningkatkan kualitas tidur penghuni dalam rumah. Beberapa jenis tanaman tersebut ialah: aglaonema, english ivy, lidah buaya, lavender, camomile, hingga akar valerian. Jadi bagi kamu yang sering insomnia, adanya taman akan sangat membantu.

  1. Terapi hortikultura

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang, baik secara fisik maupun mental. Salah satunya ialah dengan terapi holtikultura. Praktek ini banyak digunakan sebagai media rehabilitasi dan terapi.

Jadi tidak harus pergi ke rumah sakit untuk terapi, di rumah sendiri pun kamu bisa melakukannya.

7 manfaat taman rumah di atas bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membudidayakan tanaman secara indoor, ya! Tidak harus luas, taman minimalis berukuran kecil pun bisa memberikan banyak manfaat bagi penghuninya. Bagaimana? Tertarik untuk merawat tanaman di rumah? Kamu bisa mulai membuat taman dengan menggunakan tukang taman terbaik di Jakarta, yakni jakarta.gardencenter.co.id

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *