7 KPOP GROUP INI TERKKENA ‘KUTUKAN 7 TAHUN’

7 KPOP GROUP INI TERKKENA 'KUTUKAN 7 TAHUN'

Di tahun 2017 ini, udah banyak banget berita soal bubarnya grup Kpop group termasuk grup besar kayak 2AM, Chocolat, SISTAR, SPICA, dan Wonder Girls. Hal ini disayangkan banget mengingat karir mereka yang udah panjang, nama yang udah gede, dan jumlah fans mereka yang nggak sedikit.

 

Umumnya penyebab bubarnya sebuah grup adalah karena masa kontrak para membernya yang udah habis, tapi mereka enggan buat memperpanjangnya lagi. Selain itu, aktivitas solo para membernya juga jadi sebab renggangnya hubungan antar member sehingga mereka mutusin buat disband aja. Di industri Kpop sendiri ada yang namanya ‘kutukan’ tujuh tahun, di mana banyak banget grup yang bubar di tahun ketujuh setelah mereka debut. Beberapa grup ini bubar di tahun ke tujuh itu dan dianggap kena ‘7-years jinx’.

 

1. SISTAR

Grup yang beranggotakan Dasom, Bora, Hyorin, dan Soyu ini baru banget bubar di bulan Mei kemaren setelah tujuh tahun berkarir dalam industri Kpop. Sebelum bubar, SISTAR sempet ngerilis lagu terakhir mereka berjudul ‘Lonely’. Rumornya, SISTAR bubar karena Hyorin mau ngelanjutin karirnya sebagai solois tanpa SISTAR. Berdasarkan surat kabar lokal Segye Ilbo, SISTAR sendiri punya sebuah kesepakatan kalo mereka akan bubar seandainya salah satu membernya keluar dari grup, dan jadilah mereka bubar karena kepergian Hyorin.

 

2. B2ST

Grup yang debut di 2009 ini jadi salah satu korban terbesar ‘kutukan’ tujuh tahun. ‘Bubar’ di 2016 kemaren, para membernya kemudian membentuk grup baru dengan member yang kurang lebih sama; Doo-joon, Jun-hyung, Yo-seob, Gi-kwang, dan Dong-woon. Grup baru ini kemudian diberi nama HIGHLIGHT. Alasan ‘bubar’-nya mereka ini adalah karena hengkangnya Hyun-seung, serta timbulnya masalah sama agensi mereka yang lama; Cube Entertainment. Saat ini HIGHLIGHT berkarir di bawah naungan agensi Around Us Entertainment.

 

3. 2NE1

Siapa yang nyangka, girlgroup yang namanya gede banget ini ternyata bubar juga. Debut di 2009, 2NE1 bubar di 2016 dengan banyaknya spekulasi alasan yang timbul di antara para Kpopers. Ada yang bilang bubarnya 2NE1 disebabkan oleh Minzy yang emang nggak mau memperpanjang masa kontraknya yang udah habis, ada yang bilang karena CL sibuk sama karir solonya, ada juga rumor yang bilang disbandment ini disebabkan oleh drug scandal-nya Park Bom. Sebelum resmi bubar, mereka sempet ngerilis lagu terakhir berjudul ‘Goodbye’. Meskipun udah bubar, Bom, Dara, dan CL masih suka nunjukkin interaksi mereka di media sosial, bahkan masih saling support satu sama lain.

 

4. KARA

KARA debut di tahun 2007 dan sempet ngeraih kesuksesan besar di Jepang. Mereka sempet beberapa kali bongkar pasang member, sampe akhirnya Nicole dan Ji-young memilih buat hengkang di tahun ketujuh KARA sejak debut-nya. Sejak 2014 lalu, nggak ada promosi ataupun kabar comeback dari grup ini. Meskipun begitu, DSP Media, agensi yang menaungi mereka, nggak pernah secara resmi ngumumin apakah KARA bubar atau nggak.

 

5. 4MINUTE

meoributeo balkkeutkkaji Hot Issue!” Emang, dari atas kepala sampe kaki, 4Minute selalu jadi isu panas buat diberitain, mulai dari karir sampe masa di mana mereka harus bubar. 4Minute bubar di pertengahan 2016 kemaren setelah tujuh tahun berkarir bareng. Alasannya nggak lain karena kontrak para membernya yang udah abis, dan mereka emang nggak berencana untuk memperpanjangnya lagi. Satu-satunya member 4Minute yang memperpanjang kontrak dengan Cube Entertainment dan sekarang sukses bersolo karir adalah HyunA.

 

6. WONDER GIRLS

All good things must come to an end, tapi sayang, kayaknya tujuh tahun masih terlalu cepet buat WG. Grup yang tenar banget sama hits mereka yang mendunia; ‘Nobody’ ini sayangnya harus bubar juga di tahun ketujuh mereka, tepatnya di awal tahun ini. Grup ini agak mulai goyang semenjak hengkangnya So-hee yang nggak memperpanjang kontraknya dengan JYP, dan hiatus-nya Sun-ye, sang leader dan main vocalist karena memutuskan buat menikah di 2013. Setelah sempet berjalan beberapa tahun, kontrak para membernya akhirnya expired. Ye-eun dan Sun-mi memutuskan buat ninggalin JYP sekaligus WG yang akhirnya harus bubar karena hal ini.

 

7. RAINBOW

Grup yang bernaung di bawah DSP Media ini juga sayangnya harus bubar di tahun ketujuh mereka. Mereka disebut-sebut sebagai ‘adik’ dari KARA yang keaktifannya udah mulai menurun. Rainbow sendiri debut di akhir November 2009 dengan mini album berjudul ‘Gossip Girl’. Sama kayak yang udah-udah, Rainbow akhirnya harus bubar karena membernya memutuskan buat nggak memperpanjang masa kontraknya.

 

Selain bubar, ada juga beberapa grup lainnya yang mengalami masalah di tahun ketujuh mereka. Kayak Girls’ Generation yang ditinggal Jessica di tahun 2014 kemaren setelah debut bareng SNSD di tahun 2007, juga f(x) yang ditinggal Sulli di tahun 2015 setelah debut di tahun 2009.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *