5 Tips Membeli Karpet yang Pas untuk Ruangan

Tips Membeli Karpet yang Pas untuk Ruangan

Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang tidak boleh kamu lewatkan. Adanya karpet membuat lantai atau bagian bawah rumah terasa lebih hangat dan tidak dingin.

Terutama bagi rumah yang belum mempunyai kursi atau sofa, sangat penting untuk memasang karpet di lantai. Karpet inilah yang berfungsi sebagai tempat duduk bagi keluarga dan tamu yang datang.

Bukan hanya itu saja, karpet juga berguna mengurangi cedera ketika seseorang terjatuh di rumah dan menambah estetika ruangan.

Karpet memiliki beberapa jenis yang sering digunakan yaitu karpet nilon, karpet katun, karpet wol, karpet vinyl, karpet sisal, karpet kulit hewan, karpet plastik, serta karpet sutra. Setiap jenis karpet bisa saja memiliki harga yang tidak sama.

 

Tips Membeli Karpet yang Cocok untuk Ruangan

Bagi kamu yang berencana membeli karpet baru untuk ditaruh di rumah, jangan asal pilih. Sebabnya, salah memilih karpet bukan tidak mungkin semakin memperburuk estetika ruangan dan membuat orang-orang yang duduk merasa tidak nyaman.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam memilih karpet yang bagus, elegan, dan cocok untuk ruangan.

 

Tentukan Ukuran Terlebih Dahulu

Sebelum jauh berbicara masalah model,warna, dan lain-lainnya. Terlebih dahulu kamu harus tau ukuran.

Ukuran yang dimaksud dalam hal ini adalah ukuran karpet yang akan di pasang di ruang tamu atau ruangan-ruangan yang lainnya. Ukuran karpet ini tentu saja harus bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

Disarankan supaya tidak memasang karpet dengan ukuran full sampai memenuhi seluruh lantai ruangan, Berikan sedikit sisa di bagian pinggir ruangan untuk tempat furniture, semisal kursi atau sofa.

Cara umum mengukur sebuah karpet adalah memastikan bahwa karpet berada di atas dua kursi sofa.

 

Memilih Motif Karpet

Tips memilih karpet selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan motifnya. Secara garis besar, karpet itu memang ada yang bermotif (misal kembang, daun, bunga, dll) dan ada juga yang tidak bermotif alias polos.

Sejatinya hal ini kembali ke selera kamu, karena tidak ada relevansinya kualitas karpet dengan motifnya. Kualitas karpet lebih relevan dengan bahan pembuatannya.

Namun berbicara soal estetika, jelas sekali karpet berwarna layak menjadi pilihan. Terutama jika rumah kamu ada di perkotaan dengan mengusung konsep rumah minimalis yang indah, sangat disarankan memilih karpet yang bermotif.

Lain halnya jika rumahmu ada di pedesaan dengan konsep yang sederhana. Maka pakai karpet polos tak bermotif pun tidak jadi masalah, asalkan warnanya sesuai.

 

Pilih Bahan yang Sesuai

Bahan pembuatan karpet itu ada bermacam-macam, wol, katun, nilon, sutra, vinyl, kulit hewan, dan masih banyak lagi yang lainnya.Masing-masing bahan tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan dalam memilih karpet, bahannya harus sesuai dengan ruangannya. Baik itu ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang kamar tidur.

Karpet untuk ruang tamu sebaiknya pilih yang berbulu pendek. Penyebabnya adalah ruang tamu pasti sering diduduki oleh banyak orang, jadi pemilihan karpet berbulu pendek bertujuan supaya lebih mudah dibersihkan dan dirawat.

Lain halnya dengan karpet ruang tamu, karpet ruang keluarga justru lebih disarankan yang berbulu panjang. Mengapa?

Karena karpet berbulu panjang itu lebih nyaman meskipun sedikit susah membersihkannya. Tak hanya itu, karpet bulu panjang juga memberikan kesan hangat.

Sementara itu, untuk kamar tidur sebaiknya pilih karpet yang berbulu panjang + lembut. Mengingat karpet di kamar haruslah dibikin senyaman mungkin untuk ditempati.

Karpet seperti itu juga membuat suasana menjadi lebih hangat.

 

Sesuaikan Dekorasinya

Selain menyesuaikan bahan, karpet yang akan kamu beli juga harus menyesuaikan dekorasi sebuah ruangan.

Untuk kamar tidur, kamu bisa memilih karpet bermotif tertentu yang sesuai dengan karaktermu. Disarankan pilih yang bermotif menyesuaikan dekorasi yang ada di kamar tidur.

Selanjutnya pilihan karpet yang tepat untuk ruang keluarga adalah karpet yang nyaman dan menarik untuk ditempati di ruang keluarga. Apalagi pasti banyak orang duduk lesehan di sana, jangan sampai mereka melihat karpetmu yang buruk tentu mereka merasa sangat ilfill.

 

Datang Langsung ke Toko

Dalam membeli karpet, aku saranin untuk datang langsung ke toko tidak membeli secara online. Supaya kamu bisa melihat secara langsung bagaimana model, bahan, warna sehingga kamu dapat dengan mudah menyesuaikannya.

 

Tips Memilih Warna Karpet

Saat ini karpet hadir dengan berbagai varian warna, dan meskipun warna adalah soal selera masing-masing, tetap aku menyarankan agar kamu tetap mengikuti tips-tips berikut ini dalam memilih warna karpet.

 

Sesuaikan Desain Ruangan

Jika ruangannya minimalis, maka warna karpet yang cocok adalah warna-warna menarik nan cerah namun tidak terlalu banyak motif.

 

Lihat Seberapa Banyak Furniturenya

Kamu juga harus melihat seberapa banyak furniture yang tersedia di sana. Biar nggak terlihat terlalu penuh atau terlalu kosong.

Kalau ruangan itu sudah dipenuhi dengan banyak furniture, maka pilihlah karpet dengan satu warna dan motif sederhana agar tidak terlihat terlalu ramai. Sementara itu, apabila ruangan masih kosong belum ada furniture apa-apa, kamu bisa memilih karpet dengan kombinasi beberapa warna.

 

Lihat Warna Lantai

Warna lantai dan warna karpet haruslah melihat warna lantai yang ada di rumahmu. Sebaiknya jangan memilih karpet dengan warna yang sama dengan warna lantai.

Tujuannya supaya terlihat lebih menarik dan terkesan tidak terlalu polos. Maka dari itu lebih baik, pilih karpet yang warnanya kontras dengan warna lantai.

 

Itulah dia berbagai tips memilih karpet untuk ruangan di rumah kamu. Jangan sampai salah pilih lagi ya.

 

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id