5 AMPAS MAKANAN ATAU MINUMAN YANG PUNYA BANYAK MANFAAT

5 AMPAS MAKANAN ATAU MINUMAN YANG PUNYA BANYAK MANFAAT

Ayo siapa yang di sini kalo makan atau minum suka nggak habis? Nggak baik lho menyisakan makanan atau minuman yang sebenernya masih bisa kita konsumsi. Tapi ada kalanya dari sesuatu yang kita makan atau minum itu, ada sisa dari makanan atau minuman yang nggak bisa kita konsumsi secara langsung, atau yang biasa kita sebut ampasKebanyakan orang pasti memilih buat ngebuang ampas makanan atau minuman yang menurut mereka emang nggak bisa dikonsumsi lagi. Tapi tau nggak sih walaupun ampas itu nggak bisa kita konsumsi langsung, ternyata ada juga lho ampas makanan atau minuman yang masih ada kegunaaannya dan bisa kita manfaatkan buat hal lain. Gogirl! punya daftar beberapa makanan atau minuman yang ampasnya punya banyak kegunaan.

 

1. TEH

Siapa yang tiap pagi suka minum teh? Atau pas lagi hujan besar, pasti enaknya kita bikin teh anget sambil selimutan di kamar. Nah kalo suka bikin teh, pastinya kita sering ketemu dengan beberapa bentuk teh, kayak teh celup, teh serbuk atau teh bubuk. Sewaktu bikin teh terutama teh bubuk, kita pasti menyaring teh tersebut supaya nggak bercampur sama air tehnya. Nah, teh yang kita saring itu biasanya kita buang gitu aja kan, padahal ampas teh itu punya banyak kegunaan lho, salah satunya bisa jadi masker wajah. Teh mengandung banyak antioksidan yang bagus buat kesegaran wajah atau kulit kita, daripada kita buang gitu aja mending kita jadikan bahan buat masker wajah. Caranya gampang, ampas teh yang baru disaring tersebut kita cuci menggunakan air hangat, lalu kita aplikasikan merata di atas wajah kita 10-15 menit, lalu setelah itu bersihkan menggunakan air bersih. Jangan lupa sebelum pake maskernya cuci muka yang bersih ya!

 

2. KOPI

Kalo ampas dari minuman yang satu ini punya banyak banget manfaat. Salah satunya terutama buat kulit dan wajah kita. Ampas kopi bisa jadi bahan masker atau lulur karena ampas kopi ini merupakan eksfoliator alami yang bisa mengangkat sel-sel mati. Kita bisa tambahkan minyak zaitun juga. Selain itu, tau nggak kalo kopi bisa menjadi penetral bau? Nah kalo kita simpen ampas kopi di kulkas, ampas kopi ini bisa membantu menghilangkan bau-bau kurang sedap yang dihasilkan dari makanan/minuman lain yang bercampur di lemari es kita.

 

3. KULIT JERUK

Setuju nggak sih kalo kulit jeruk itu punya wangi yang seger dan enak? Nah daripada setelah makan jeruk terus kita buang kulitnya, ternyata kulit ini punya manfaat untuk menghilangkan bau amis dari piring atau gelas kotor setelah dipake mengkonsumsi makanan yang berbau amis. cCaranya gampang banget, cukup potong kecil-kecil kulit jeruk lalu campurkan dengan sabun pencuci piring. Dijamin deh bau amisnya pasti hilang!

 

4. AIR BERAS

Biasanya kalo abis nyuci beras kita buang gitu aja air berasnya karena kita pikir memang nggak ada gunanya. Jangan salah loh, perempuan Jepang dari zaman sebelum abad 20 selalu pake air cucian beras untuk kecantikan wajah. Ini bisa kita tiru juga lho supaya wajah terlihat lebih cerah

 

5. KULIT BAWANG

Kalo ampas yang lain ada yang bisa digunakan buat kecantikan atau kegiatan sehari-hari, kulit bawang ini bisa kita gunakan untuk penyedap kuah masakan, kayak sop atau kuah bakso. Kita cuci bersih lalu tambahkan kulit bawang ini di kuah yang lagi dimasak, tapi jangan dimakan ya karena ini cuma buat penyedap kuah supaya lebih terasa enak.

You May Also Like

About the Author: admin_gogirl.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *