Satelit Satria-1, yang diluncurkan pada 19 Juni 2023, adalah satelit komunikasi Indonesia terbesar di Asia dengan kapasitas layanan mencapai 150 Gbps. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang satelit ini.

Fakta Menarik Tentang Satelit Satria-1

Satelit Terbesar di Asia

Satelit Satria-1 memiliki berat 4.600 kilogram dan tinggi 6,5 meter. Dilengkapi dengan tiga antena reflektor dan 116 spot beams, satelit ini dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil.

Teknologi VHTS Pertama

Satria-1 menjadi satelit pertama yang menggunakan teknologi Very High Throughput Satellite (VHTS), memungkinkan layanan internet berkecepatan tinggi hingga 100 Mbps. Teknologi ini akan memperbaiki konektivitas internet, terutama di wilayah terpencil.

Diproduksi oleh Thales Alenia Space

Satelit ini diproduksi oleh Thales Alenia Space, perusahaan dirgantara Prancis. Dibangun di atas platform Spacebus Neo 6000, Satria-1 merupakan satelit generasi terbaru.

Peluncuran dari Cape Canaveral, AS

Satria-1 diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX dari Cape Canaveral, Florida, AS. Peluncuran ini hasil kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan LAPAN.

Masa Aktif 15 Tahun

Diperkirakan dapat beroperasi selama 15 tahun, menjadikan Satria-1 sebagai satelit Indonesia dengan masa aktif terpanjang.

Didukung oleh 11 Stasiun Bumi

Operasional satelit Satria-1 didukung oleh 11 stasiun bumi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Stasiun ini berfungsi untuk menerima dan mengirimkan sinyal dari satelit.

Berbagai Layanan

Satelit Satria-1 akan digunakan untuk layanan beragam, termasuk internet berkecepatan tinggi, televisi digital, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Meningkatkan Konektivitas Internet di Indonesia

Satelit ini akan meningkatkan konektivitas internet di Indonesia, terutama di wilayah terpencil, membuka peluang akses informasi dan layanan digital.

Dorong Perekonomian Indonesia

Peningkatan konektivitas internet akan berdampak positif pada perekonomian Indonesia, mendorong pertumbuhan sektor digital seperti e-commerce, e-government, dan e-tourism.

Simbol Kemajuan Teknologi Indonesia

Peluncuran Satria-1 adalah simbol kemajuan teknologi Indonesia, menunjukkan kemampuan negara ini dalam mengembangkan teknologi satelit canggih.

Satelit Satria-1 bukan hanya proyek strategis nasional, tetapi juga diharapkan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia secara ekonomi, sosial, dan budaya.

sumber :

Slot Maxwin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *