CARI TAU KARIER YANG TEPAT BUAT KITA BERDASARKAN KEPRIBADIAN

March 09, 2018

YUK-CARI-TAU-KARIER-YANG-TEPAT-BUAT-KITA-BERDASARKAN-KEPRIBADIAN

sumber foto: shutterstock

 

Inget nggak kalo sebelumnya Gogirl! pernah membahas tiga hal yang harus kita pertimbangkan ketika milih jurusan kuliah : potential, passion, dan personality. Well, ternyata rumus 3P ini juga baiknya kita pertimbangkan lho ketika memilih karier. Kalo sampe sekarang kita masih ragu apa potensi dan passion kita, nggak apa-apa kok! Coba deh cari tau dulu karier apa yang cocok sama personality kita, karena sebenernya passion mungkin banget berubah dan potensi masih bisa terus kita gali.

 

 

Dalam buku #Antisalahjurusan oleh Monic Christian dan Tim Tes Bakat Indonesia dijelaskan kalo personality atau kepribadian bakal berpengaruh banget ke perjalanan karier kita karena tiap profesi membutuhkan orang-orang dengan karakter tertentu. Ada banyak referensi yang membahas tentang hubungan antara karier dan kepribadian, tapi kali ini Gogirl! mau berbagi tentang teori The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang sering banget dipake nggak cuma buat mencari tau karier, tapi juga jurusan dan pasangan yang cocok dengan kepribadian kita.

 

APA ITU MBTI?

 

YUK-CARI-TAU-KARIER-YANG-TEPAT-BUAT-KITA-BERDASARKAN-KEPRIBADIAN

sumber foto: gobankingrates.com

 

Inti dari MBTI sebenernya adalah mengkategorikan kepribadian seseorang berdasarkan kecenderungan kita terhadap preferensi-preferensi berikut:

1. Arah fokus dan sumber energi: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)

2. Cara mengumpulkan informasi: Sensing (S) vs. Intuition (N)

3. Cara memutuskan dan mengevaluasi: Thinking (T) vs. Feeling (F)

4. Cara berinteraksi dengan lingkungan: Judging (J) vs. Perceiving (P)

Buat tau kecenderungan ini, ada beberapa pertanyaan yang perlu kita refleksikan dan jawab secara jujur. Misalnya aja, “Kita merasa sulit memperkenalkan diri ke orang baru” atau “mood kita bisa berubah dengan sangat cepat” yang kemudian harus kita jawab mulai dari skala paling setuju sampe nggak setuju. Buat pertanyaan lengkapnya, kita bisa coba isi tes-tes MBTI yang ada di beberapa website kayak www.16personalities.com yang menurut Gogirl! recommended banget buat kita yang nggak sekedar mau tau apa kepribadian kita, tapi juga belajar lebih banyak tentang kepribadian tersebut.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI WEBSITE BUAT TAU PERSONALITY KAMU

Nah, berdasarkan kecenderungan ini bakal keliatan deh kita termasuk ke dalam kategori mana dari 16 tipe kepribadian yang ada – di mana setiap huruf merepresentasikan preferensi kita di tiap kategori. Contohnya, kalo kita cenderung introvert (I), intuation(N) , thinking (T), dan judging, berarti kita adalah tipe INTJ. Mengetahui tipe kepribadian ini salah satunya bisa memberikan insight mengenai jalur karier apa yang cocok buat kita. Perlu diinget juga kalo nggak ada preferensi yang lebih baik dari preferensi lain karena masing-masing preferensi sebenernya baik buat situasi dan kondisi tertentu. Makannya ada kepribadian yang cocok buat suatu karier, tapi kurang cocok buat karier lain.

 

PILIHAN KARIER BUAT 16 TIPE KEPRIBADIAN

 

YUK-CARI-TAU-KARIER-YANG-TEPAT-BUAT-KITA-BERDASARKAN-KEPRIBADIAN

sumber foto: CNBC

 

Gimana, udah tau belum apa tipe kepribadian kamu? Kalo udah, yuk cari tau karier apa yang cocok sama tipe kepribadian tersebut. Ini dia rangkumannya seperti yang Gogirl! kutip dari tulisan career coach Ashley Stahl yang dimuat di Forbes, 16personalities.com, dan berbagai sumber lain:

1. ISTJ

Orang dengan tipe kepribadian ISTJ adalah orang yang praktis, fact-minded, terorganisir, dan logis. They’re great problem-solvers yang bakal berkembang dalam karier yang melibatkan fakta, angka, dan data. Pilihan profesi yang tepat buat ISTJ di antaranya adalah akuntan, insinyur, air traffic controllers, dan petugas keamanan.

 

2. ISFJ

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ adalah orang yang hangat dan simpatik, tapi juga detail, terorganisir, dan teliti. They’re natural protectors’ yang cenderung berkembang sebegai profesional di bidang kesehatan atau pekerjaan yang melibatkan anak-anak, tapi juga bakal cocok di posisi yang dekat dengan uang seperti pembukuan.

 

3. INFJ

INFJ adalah orang yang sensitif, kreatif, dan intens. Mereka punya opini yang kuat dan apa yang mereka lakukan harus in-line with their values. Karier harus bermakna buat mereka dan karena tipe INFJ ini jago membaca orang, mereka cocok di bidang seni, kedokteran, edukasi, dan science.

 

4. INTJ

Orang dengan tipe kepribadian INTJ adalah seorang penentu yang inovatif, berwawasan, dan logis. They’re able to apply their big-picture thinking along with their problem-solving skills, makannya mereka cocok meniti karier di bidang teknis, misalnya aja arsitektur, science, dan engineering.

 

5. ISTP

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang analitis, praktis, dan pemecah masalah yang baik. Makannya mereka bakal cocok bekerja dengan komputer atau di bidang elektronik dan teknologi, tapi juga cocok dengan pekerjaan outdoor kayak bertani dan beternak. Karena mereka butuh aksi yang variatif, perhaps even a little adrenaline, pekerjaan yang berfokus pada penanganan krisis kayak pemadam kebakaran, paramedis, detektif, pilot, dan polisi juga bisa jadi pilihan buat ISTP.

 

6. ISFP

ISFP bakal mencari karier which allow them to express themselves dan seringkali mendapatkan kepuasan ketika ada wujud nyata dari usaha mereka. Mereka juga adalah pribadi yang fleksibel. Oleh sebab itu orang dengan tipe kepribadian ini biasanya adalah natural artists, musisi, fotografer, atau desainer – entah itu desainer fashion, interior, jeweler, dsb.

 

7. INFP

dengan kepribadian INSP adalah orang yang kreatif, empatik, passionate about growth, dan natural helpers yang peduli dengan orang lain. Makannya orang dengan tipe kepribadian ini bisa jadi penulis yang baik atau sukses berkecimpung di bidang artistik, tapi dengan kemampuan komunikasinya yang luar biasa mereka juga bisa jadi konselor atau psikolog.

 

8. INTP

INTP adalah orang yang logis, analitis, inovatif, dan intellectually curious. Karier yang biasanya dipilih oleh mereka yang memiliki kepribadian ini biasanya adalah analis, profesor, ahli matematika, dsb.

 

9. ESTP

Karena pribadinya yang smart dan energik, orang dengan tipe kepribadian ESTP berpotensi jadi entrepreneur yang luar biasa. Mereka realitsis, analitis, dan efisien, tapi juga punya people skill yang solid. ESTP juga mungkin berkecimpung di bidang olahraga, bahkan jadi aktor dan jurnalis.

 

10. ESFP

Orang dengan tipe kepribadian ESFP tuh energik, spontan, enthusiastic, dan senang mencari kegembiraan, makannya mereka juga disebut entertainer. Banyak orang terkenal kayak aktor merupakan individu dengan tipe kepribadian ini. Mereka juga suka melayani dan membantu orang lain, makannya ESFP mungkin juga berkarier di bidang perhotelan, menjadi pramugari, tour guide atau event planner.

 

11. ENFP

Chief among ENFP’s talents is their people skills. Mereka juga kreatif, insightful, dan peduli. Orang dengan tipe kepribadian ini cocok menekuni karier kayak konselor, psikolog, pengajar, trainer, terapis, dsb. Minat mereka juga luas banget.

 

12. ENTP

ENTP are smart and curios thinkers who cannot resist an intellectual challenge. Mereka suka berdepat dan tertarik dengan ide dan proyek baru. Beberapa pilihan karier buat ENTP misalnya aja reporter, pengacara, dsb.

 

13. ESTJ

Orang dengan tipe kepribadian ESTJ adalah orang yang cenderung mengambil alih tanggung jawab, pandai mengorganisir (baik hal-hal maupun manusia), dan karenanya seringkali mengincar posisi manajemen di mana mereka bisa berperan dalam membuat keputusan, juga menerapkan kebijakan dan prosedur. They’re natural-born leader yang biasa jadi pemimpin di berbagai macam bidang.

 

14. ESFJ

ESFJ adalah orang yang popular, ramah, peduli, selalu ingin membantu, dan sangat people-oriented. Orang dengan tipe kepribadian kayak gini bakal sukses menjalani peran di mana mereka melayani orang atau memenuhi kebutuhan orang-orang, misalnya aja perawat, dokter, childcare workers, dan guru.

 

15. ENFJ

ENFJ adalah natural born leaders yang inspiring dan karismatik. Mereka juga peduli dengan sekitar dan mudah bersosialisasi. Orang-orang dengan tipe kepribadian kayak gini di sekitar kita biasanya adalah politisi, coach, atau guru yang punya tujuan mengajak/menuntun orang lain dan komunitas untuk berkembang.

 

16. ENTJ

ENTJ are bold, imaginative, and strong willed leaders kayak Bill Gates dan Al Gore. Nggak ada tipe pemimpin organisasi atau tim yang lebih baik dari ENTJ yang selalu bisa menemukan jalan. Orang dengan kepribadian ini punya visi, intelegensi, dan determinasi buat mewujudkan ide mereka. Karenanya karier yang cocok buat mereka tentunya adalah eksekutif, entrepreneur, dan posisi-posisi serupa.

 

 

Baca juga artikel-artikel lain tentang profesi dan karier:

 

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
gobankingrates.com, CNBC
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar