YANG SERINGKALI LUPUT DIPERHATIIN SAMA PECINTA KOPI

November 08, 2018

YANG-SERINGKALI-LUPUT-DIPERHATIIN-SAMA-PECINTA-KOPI

 

Siapa di sini yang merasa coffee addict? Setiap hari, dengan tujuan bikin diri bersemangat menghadapi hari, sebagian dari kita memilih buat mengonsumsi kopi. Bahkan, ada yang emang kebiasaan menjadikan kopi sebagai pengganti sarapan di pagi hari. Kopi yang digemari orang pun macam-macam, ada kopi hitam, cappuccino, americano, latte, dan maaasih banyak lagi.  Perbedaan jenis kopi ini pun menciptakan perbedaan persepsi soal perbedaan efek ‘bikin melek’ pada kopi; katanya sih kopi hitam yang paling manjur, kopi yang lain mah tergantung efeknya ke masing-masing orang. Persepsi ini ada benernya sih, mengingat kopi hitam punya kandungan kafein paling tinggi dibandingkan jenis kopi lainnya. Tapi, bukan berarti kopi-kopi lainnya nggak ngasih efek apa-apa buat tubuh, lho! Nah, Gogirl! merangkum lima hal yang seringkali luput diperhatiin sama pecinta kopi.

 

PAHAMI GIMANA CARA KAFEIN BIKIN KITA BERSEMANGAT

YANG-SERINGKALI-LUPUT-DIPERHATIIN-SAMA-PECINTA-KOPI

Kafein yang terkandung dalam kopi adalah sejenis stimulan, alias senyawa kimia yang membuat orang nampak lebih bersemangat daripada biasanya. Dilansir dari Hello Sehat, setelah dikonsumsi, kafein bisa langsung menyerap ke darah dalam waktu dua puluh menit. Setelah terserap oleh darah, kafein bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah dan detak jantung. Setelah itu, kafein memengaruhi tingkat adenosin dalam otak, alias menekannya dan bahkan mematikannya. FYI, adenosin adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat tubuh terasa lemas dan ngantuk, sehingga kita jadi berpikir “Oh, inilah saatnya untuk tidur”. Setelah itu, tubuh pun memproduksi adrenalin, hormon yang dapat meningkatkan energi kita. Selain adrenalin, hormon serotonin alias yang bertanggung jawab memberi rasa bahagia juga ikut diproduksi. Nah, itulah kenapa minum kopi bisa memberikan efek semangat, menghilangkan kantuk, dan bahkan membuat mood jadi lebih baik.

Well, sebenernya nggak semua orang bisa toleran sama efek yang diberikan kafein ke tubuh. Ada juga orang-orang yang tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap kafein. Ada yang bisa sampe gelisah, deg-degan terus, bahkan sampe insomnia. Kalo pun kita termasuk yang selalu merasa mendapat efek yang baik dari kopi, jangan lupain kalo mood baik dan semangat itu cuma efek dari kafein, alias sengaja dipicu dengan senyawa kimia. Intinya sih, jangan terlalu sering alias berlebihan dalam mengonsumsinya, ya!

 

BUAT SEBAGIAN ORANG, KOPI JUGA BIKIN MULES

YANG-SERINGKALI-LUPUT-DIPERHATIIN-SAMA-PECINTA-KOPI

Nggak cuma ngasih efek melek dan bersemangat, kopi juga bikin sebagian dari kita jadi sakit perut, bahkan sampe pengen buang air besar. Nah, ada dua pendapat yang bisa menjelaskan alasan kenapa kopi bisa bikin kita tiba-tiba mules. Pertama, dilansir dari Hello Sehat, kafein dalam kopi juga bisa merangsang kerja usus jadi lebih cepat. Nah, pergerakan usus ini membuat perut kita terasa sakit dan mules, sehingga jadi pengen buang air besar. Pendapat lain dilansir dari Detik.com, kandungan chlorogenic acid dalam kopi bisa meningkatkan level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi inilah yang kemudian menimbulkan reaksi pada usus dan membuat kita jadi pengen buang air besar.

Efek bikin mules ini bisa jadi hal baik dan buruk, tergantung gimana dan dimana kita mengalaminya. Sebagian orang mungkin bakal mengambil sisi positifnya dengan cara menjadikan kopi sebagai obat sembelit. Bahkan nggak sedikit lho yang sengaja minum kopi di pagi hari buat melancarkan pencernaan. Eits, coba bayangin deh kalo kita meminum kopinya di event tertentu atau di tempat umum, tapi kita lupa kalo kita nggak cukup toleran sama kandungan asam dalam kopi. Haduh… bisa-bisa kita jadi tiba-tiba mules di saat-saat penting, nih!

 

KOPI JUGA BISA BIKIN KULIT DEHIDRASI

YANG-SERINGKALI-LUPUT-DIPERHATIIN-SAMA-PECINTA-KOPI

Sebagian orang mungkin sadar kalo kopi bisa bikin kulit kita kering. Bikin keringnya nggak sesignifikan pas kulit kita terpapar sama AC sih, tapi kalo mengonsumsi kopinya berlebihan sih bisa aja efeknya terasa lebih keras. Penyebabnya, kandungan kafein dalam kopi punya kemampuan meningkatkan kecepatan pembentukan urin atau dikenal dengan sebutan diuretik. Nah, karena sering buang air kecil, tubuh pun jadi mengalami dehidrasi, makanya kulit jadi terasa kering.

Tapi, dilansir dari Womantalk, efek kulit kering ini nggak bakalan terasa kalo kita mampu membatasi diri dalam mengonsumsi kopi. Pengaruh sering buang air terhadap kondisi kelembapan kulit sebenernya sangat tipis kok, jadi kita sebenernya nggak perlu terlalu khawatir. Yang perlu diperhatikan justru kegiatan saat kita lagi minum kopi. Kalo ternyata kopi bisa bikin kita lebih sering buang air kecil, sebaiknya hindari minum kopi di saat-saat menunggu atau mengantre. Pas nunggu giliran sidang skripsi atau antrean pelayanan visa, misalnya. Bisa-bisa kita jadi pengen buang air terus dan nomor urutan kita malah kelewat, deh!

 

HATI-HATI JUGA BUAT YANG SENENG KOPI MANIS

 YANG-SERINGKALI-LUPUT-DIPERHATIIN-SAMA-PECINTA-KOPI

Sebagian pecinta kopi mengaku nggak bisa minum kopi pahit. Mereka cenderung lebih suka kopi dengan tambahan susu atau krimer yang membuat kopi jadi terasa creamy dan lembut. Dilansir dari Hello Sehat, kopi manis alias yang ditambahin gula berkemungkinan besar mengandung kalori yang tinggi. Nggak sedikit coffee shop yang nggak sadar udah membuat kopi racikan mereka jadi kopi yang penuh lemak dan gula. Contohnya aja secangkir espresso full bodied kental dicampur dengan steamed milk dan sirup vanilla mengandung 35 gram gula, 37 gram karbohidrat, dengan 250 kkal.

Selain itu, rasa manis dalam gula bisa memicu pelepasan dopamin, senyawa kimia di otak yang mengubah suasana hati. Kadar dopamin yang terpompa melebihi batas bisa bikin toleransi tubuh kita terhadap gula jadi meningkat. Akibatnya, kita jadi terkesan selalu merasa kurang manis, alias pengen gula lagi dan lagi. Bahayanya, kelebihan gula bisa bikin kadar gula darah naik sehingga menyebabkan kemungkinan terkena penyakit diabetes. So, tambahin gulanya sedikit aja, ya!

 

 

BACA JUGA:

KENALI KEPRIBADIAN BERDASARKAN PILIHAN KOPI YANG DIMINUM

JANGAN NGAKU HIPSTER KALO BELUM NYOBA 5 KOPI SUSU HIPSTER INI!

COFFEE LOVER, YUK CEK KEPRIBADIAN LEWAT PILIHAN KOPI KITA

Written by Asmi Nur Aisyah
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar