WHATSAPP VS LINE LEBIH PRAKTIS MANA?

December 05, 2017

WHATSAPP-VS-LINE-LEBIH-PRAKTIS-MANA?

 

Dari sekian banyak aplikasi chatting, LINE dan WhatsApp jadi dua aplikasi chat yang paling banyak di download hingga 1 miliar! Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, WhatsApp dan LINE coba ngasih beberapa fitur yang bisa mendukung kemudahan kita dalam berkomunikasi. Tapi, justru dengan banyaknya fitur yang dikasih, bikin pengguna ngerasa nyaman atau malah sebaliknya?

 

 

FITUR WHATSAPP DAN LINE

 

WHATSAPP-VS-LINE-LEBIH-PRAKTIS-MANA?

 

Untuk soal fitur, LINE jadi juaranya nih. Soalnya banyak banget fitur yang bisa kita temuin di LINE, ada timeline, LINE today, LINE pay, LINE shopping, LINE jobs, LINE webtoon. Ada juga fitur video call, voice call dan live. Di LINE juga kita bisa ngirim dokumen kayak foto/video, suara, dan berkas. Selain itu kita juga bisapake  sticker yang lucu- lucu biar chattingan makin seru.

Sedangkan di WhatsApp hanya ada timeline dimana kita bisa liat status yang dibikin sama teman kita dan video call/voice call. Tapi WhatsApp juga bisa kok ngirim dokumen seperti LINE. Hmm kedengarannya LINE lebih menarik ya? Eits tapi jangan salah, dengan segala fiturnya yang menarik justru LINE lebih banyak makan memory handphone, bisa sampe 325mb sedangkan WhatsApp cuma 94,52mb.

 

PRAKTISAN MANA?

 

WHATSAPP-VS-LINE-LEBIH-PRAKTIS-MANA?

 

Gogirl! sempat ngadain riset kecil-kecilan nih, dari 10 orang (rata-rata berumur 18-25 tahun) yang ditanya, 6 diantaranya ngaku lebih nyaman dan praktis memakai WhatsApp daripada LINE. Why? Karena WhatsApp itu simpel dan nggak makan banyak kuota atau memory handphone. Walaupun fiturnya nggak sebanyak LINE, tapi mereka ngaku memakai WhatsApp itu emang untuk kebutuhan komunikasi aja. Kalo LINE lebih ke hiburan, karena LINE nggak hanya nawarin fitur chatting. Kita bisa main game, liat berita terkini di LINE today, bisa cari lowongan di LINE jobs, bisa baca kartun favorit di LINE webtoon, kita bahkan bisa bayar segala tagihan di LINE pay.

Sedangkan 4 orang yang Gogirl! tanya kenapa mereka kurang nyaman memakai WhatsApp, mereka bilang kalo chattingan di WhatsApp itu ngebosenin. Alias nggak ada sticker lucu ala LINE, yang bisa buat obrolan jadi tambah seru. Selain itu juga, fitur timeline yang dihadirkan WhatsApp cuma bisa liat status teman aja nggak lebih dari itu. Tapi mereka juga ngaku, kadang kalo pake LINE bikin handphone mereka jadi lemot, they don't realy mind that though. 

 So, kamu termasuk tim WhatsApp atau Line nih guys?

 

 

Written by Qatrunnada Rahmatika
Photo Source:
The Wall Street Journal, YouTube, Samui Times, The Next Web
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar