UNTUK SEMENTARA, SAH-SAH AJA NGGAK MAU KETEMU SAMA 7 ORANG INI

August 09, 2018

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

 

Pernah nggak sih merasa males ketemu sama seseorang? Orang yang nggak mau kita temui itu spesifik, karena kita punya alasan tertentu menghindari pertemuan dengan orang itu. Sayangnya, kadang kita merasa nggak enak buat menolak ajakan dan permintaan tolong orang lain, yang kemudian membuat kita terpaksa bertemu sama orang itu. Bukan hanya nggak enak sih, kita juga bingung memberi alasan di balik penolakan tersebut. Mau bilang jujur, kita takut orang lain berspekulasi dan berprasangka buruk ke kita. Mau berbohong, kita malah semakin merasa bersalah.

 

Well, sebenernya sah-sah aja kok menolak bertemu sama orang-orang tertentu. Kalo kita bingung memberi alasan, kita tinggal bilang “Ada urusan pribadi yang harus diselesaikan”, dan kita nggak bisa menjelaskan dengan detail tentang itu. Tanamkan dalam pikiran kita, ‘urusan’ tersebut adalah urusan antara kita sama orang yang nggak ingin kita temui. Boleh-boleh aja sih menjelaskan alasan yang sebenarnya, dengan catatan orang yang mengajak bertemu adalah sahabat yang kita percaya. Kalo yang mengajak bertemu justru malah orang yang bersangkutan, alasan ‘urusan’ pribadi aja udah cukup, kok. Nah, Gogirl! merangkum setidaknya ada 7 orang yang nggak ingin kita temui untuk sementara waktu.

 

MANTAN YANG BARU PUTUS

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Satu sampe tiga bulan setelah putus sama pacar adalah masa-masa penyembuhan alias healing buat kedua belah pihak. Kita harus berusaha keras berdamai dengan rasa kecewa dan sedih atas pupusnya harapan-harapan yang pernah kita rajut selama pacaran. Kita juga harus berusaha nggak terpengaruh sama kenangan-kenangan semasa pacaran yang kadang suka muncul dari foto, tempat, sampai sekedar yang tertempel di pikiran. Itulah kenapa nggak mau ketemu sama mantan di masa-masa ini adalah hal yang wajar, bahkan harus kita lakukan. Bertemu dengannya bisa membangkitkan pikiran-pikiran negatif yang ujung-ujungnya mengganggu proses penyembuhan kita. Tolaklah pertemuan-pertemuan yang sekiranya dia juga hadir di dalamnya, kecuali pertemuannya benar-benar penting dan mendesak. Pertemuan ini sangat mungkin terjadi kalo kita pernah terlibat satu organisasi dengannya, tergabung dalam perkumpulan atau kegiatan yang sama, atau berada di lingkup pertemanan yang sama.

 

GEBETAN YANG ‘NGGAK JADI’

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Ada satu orang yang pernah benar-benar kita sukai, bahkan sempat dekat sama kita. Bisa dibilang, kita dan dia pernah menjalani masa-masa PDKT yang manis. Tapi, entah kenapa masa pendekatan itu nggak berujung baik, sehingga kita dan si dia pun nggak berlanjut ke tahap pacaran. Kita pun kecewa sama diri sendiri karena terlalu berharap, pun kecewa pada si dia yang ternyata nggak seserius itu. Untuk membantu proses pengobatan kita, hindari pertemuan dengan si dia kalo suasana hati kita belum membaik. Emang sih, kemungkinan ketemu sama dia berduaan aja udah nggak mungkin terjadi. Sayangnya, entah karena lingkup pertemanan, organisasi, atau pekerjaan, pertemuan dengan si dia di tengah keramaian menjadi hal yang nggak terhindarkan. Untuk sementara waktu sampe rasa kecewa kita hilang, sah-sah aja kok menolak datang ke acara yang ada dianya. Tentu kita nggak mau jadi sangat canggung di depan teman-teman, bukan?

 

ORANG YANG NAKSIR KITA DAN ‘MAKSA’

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Nggak semua orang yang pernah PDKT sama kita punya sifat yang menyenangkan. Kita mungkin pernah dekat sama lawan jenis yang begitu gencar mendekati kita, saking gencarnya kita jadi merasa terganggu sama dia. Entah itu setiap hari mengirimi pesan, mengomentari postingan kita di media sosial, rajin mengirim direct message (DM), bahkan rajin banget ngajak jalan bareng. Bukannya nggak bersyukur, tapi kita nggak bisa munafik kalo perasaan itu nggak bisa dipaksakan. Kita merasa, selama masa pendekatan ini, ada beberapa hal dalam dirinya yang nggak cocok sama kita, dan tentunya bakal jadi bahaya kalo kita memaksakan diri menjalin hubungan dengannya. Kalo dia nggak kunjung mengerti setelah kita jelaskan ketidakcocokan tersebut secara baik-baik, sah-sah aja kok menolak setiap ajakan dia buat ketemuan. Biar pun dia mungkin bakal berdalih dengan bilang ‘ketemu sama temen kan nggak ada salahnya’, jangan tertipu. Nggak semua orang mampu menjalin pertemanan sama orang yang pernah jadi romantic interest mereka.

 

SAHABAT YANG LAGI TERLIBAT KONFLIK

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Menjalani persahabatan itu nggak selamanya mulus. Kita tentu pernah terlibat konflik, entah itu konflik besar maupun kecil sama sahabat kita. Saat mengalami konflik, ada kalanya kita dan sahabat nggak bisa secepat itu berbaikan. Kita dan dia butuh waktu buat berdamai sama diri sendiri, merasakan kekesalan maupun kekecewaan, baru deh bisa balik lagi kayak semula. Nah, di masa-masa menenangkan diri ini, nggak apa-apa kok menghindari pertemuan dengan sahabat. Kalo lingkaran persahabatan kita terdiri atas beberapa orang, coba jaga jarak dulu dengan mereka untuk sementara waktu. Alasannya, bukan menutup kemungkinan mereka bakal bertanya ada apa dengan kita dan dia, yang membuat pikiran-pikiran negatif kita jadi kepancing buat muncul. Kecuali, yah… kita udah siap buat menceritakan masalah kita dengan satu sahabat ini, serta meminta saran dan bantuan ke mereka. Inget, jangan sampe masalah ini berlarut-larut dan nggak selesai, sehingga kita pun jadi terus-terusan menghindari pertemuan dengan dia, ya.

 

TEMAN YANG PUNYA SIFAT ‘TOXIC’

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Di antara temen-temen kita, pasti ada aja yang bawaannya tuh bikin kita berpikiran negatif, entah sama orang lain maupun sama diri sendiri. Karakter temen yang toxic pun bermacam-macam, ada yang hobinya ngomongin keburukan orang lain, ada yang cuma tertarik menceritakan diri sendiri tanpa mau mendengar orang lain, ada yang kebiasaan ngutang tapi selalu lupa bayar, dan maaasih banyak lagi. Intinya, kita merasa nggak dapet manfaat apa-apa berteman sama dia, hanya tertimpa hal-hal negatifnya aja. Supaya kita nggak badmood, menolak bertemu sama temen yang kayak gini bukan lagi ‘boleh’, tapi ‘harus’. Jangan merasa nggak enak hanya karena nggak mau pikiran dan perasaan kita menjadi negatif. Kecuali, kalo kita dan dia ketemunya nggak cuma berdua, alias sama temen-temen yang lain. Dengan begitu, kemungkinan dia mengontaminasi suasana hati kita jadi sangat kecil. Soalnya, kan ada temen-temen lain yang membawa topik pembicaraan masing-masing!

 

TEMAN YANG CUMA ADA PAS BUTUH

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Di antara temen-temen kita, pasti ada satu dua orang yang nyari kita pas lagi butuhnya aja. Entah itu minta tolong buat urusan kuliah, organisasi, pekerjaan, atau buat hal-hal pribadinya. Di satu sisi temen kayak gini bikin kita merasa dianggep dan dibutuhkan, tapi di sisi lain lama-lama kita lelah karena hukum ‘selalu ada’ ini nggak berlaku sebaliknya. Ketika kita butuh, dia selalu menolak atau bahkan menghindari permintaan bantuan kita. Kita udah sadar betapa toxic-nya dia, tapi kadang kita masih luluh dan berusaha buat bantu dia. Well, nggak mau ketemu temen yang kayak gini sah-sah aja, kok. Kalo bisa, bahkan kita harus menghindari komunikasi sama dia. Sah-sah aja kok nggak membalas chat dia atau menolak ajakan ketemu sama dia. Inget, kuncinya jangan merasa nggak enakan.

 

SIAPA PUN, SAAT KITA LAGI BUTUH SENDIRI

 

UNTUK-SEMENTARA-SAH-SAH-AJA-NGGAK-MAU-KETEMU-SAMA-7-ORANG-INI

Ada kalanya kita butuh waktu buat menyendiri, entah itu buat menenangkan diri atau buat melakukan sesuatu supaya lebih produktif. Nggak semua orang bisa bekerja dengan cara diselingi kegiatan lain, sebab ada beberapa yang hanya bisa fokus saat lagi sendirian. Nggak semua orang pula butuh kehadiran orang lain saat sedang mengalami persaan nggak enak. Dalam dua keadaan ini, jangan merasa bersalah menolak ajakan bertemu dari orang lain, sekali pun itu sahabat sendiri. Cuma, ya… khusus ke sahabat, kita harus jelasin alasan nggak mau ketemu, jangan sampe bikin dia merasa dijauhi atau dikucilkan.

 

 

BACA JUGA:

MEMAAFKAN TANPA BERBAIKAN ITU SAH-SAH AJA, KOK

PERGI KE MANA-MANA SENDIRI TANPA TEMEN? NGGAK MASALAH TUH!

YANG NGGAK HARUS DIMAAFIN DARI DIRI KITA DI TAHUN 2018

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Photo by Alex Pudov on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar