BAHAYA GULA YANG MENGINTAI KESEHATAN KITA

October 11, 2017

THE-SUGAR-IN-TAKE

 

“Duh lagi pengen yang manis-manis nih.”  Ngaku deh, emang susah banget nolak jajanan yang manis-manis. Ada aja yang pengen dicoba for satisfying our sweet tooth. Tapi apa iya manfaat gula semanis rasanya?

 

 

As a teenage, kita harus tau kalo gula punya dua unsur utama yaitu glukosa dan fruktosa. Dan kalo dikonsumsi berlebihan bisa jadi efek negatif buat tubuh kita. Kalo si glukosa ini bisa jadi asupan energi yang menstimulasi otak untuk menghasilkan rasa kenyang. Dan sebaliknya, fruktosa yang bikin kita ngerasa nggak kenyang-kenyang dan jadi timbunan lemak penyumat pembuluh darah.

Penelitian Emory University, Atlanta, AS, ngungkapin kalo tubuh remaja yang banyak ngonsumsi gula punya kandungan kolesterol jahat 9% dan trigliserida 10% lebih tinggi daripada yang sedikit ngonsumsi gula. Ini munculin segala resistensi insulin yang ngarah ke diabetes dan jantung. Hasil penelitian International Diabetes Federation nyatet kalo Indonesia jadi Negara ke-7 yang penduduknya paling banyak yang menderita diabetes setelah Cina, India, AS, Brazil, Rusia, dan Meksiko. Di Jakarta aja 19,6% anak usia 12-15 tahun menderita obesitas. (3,9% antaranya nunjukin resistensi insulin.

Selain itu, Francesco Clark, presiden Botanical Clark dan Dr Nicholas Perrcone, dermatologis dari Amerika bilang kalo konsumsi gula berlebihan dari usia remaja, bisa bikin tubuh lebih cepat melakukan proses alami glikasi yang pada akhirnya bikin warna kulit berubah, cepet keriput, dan kehilangan vitalitas. Tapi masalahnya, gula ada dalam 99% proses pengolahan makanan. Tapi, masalahnya, gula ada dalam 99% proses pengolahan makanan. Sampe Former Food Industry Executive dari Pillsbury, Bruce Bradley, juga ngakuin kalo sugar is one of the essential basic ingredient that can drive a lot of taste and a lot of appeal for the consumer, yang bikin industri makanan laku keras. Makanya kita jadi susah buat ngindarin gula.

Tapi, bukan berarti kita nggak boleh makan gula lho. Kita bisa juga ganti gula yang kita asup dengan gula natural kayak madu dan buah. Terus, mulai sekarang rajin-rajin cek deh berapa banyak kandungan gula di ingredient dalam kemasan.

 

KADAR MAKSIMAL ASUPAN GULA DAN KALORI/HARI

Rumus : 1 sendok the gula = 4 gram = 16,6 kalori.

  • World Health Organization (WHO), Dewasa 12 sendok teh gula/hari. 
  • Food and drug association (FDA), Perempuan max 6 sendok teh gula/hari, laki-laki 9 sendok teh gula/hari
  • The American Heart Association (AHA), Pre-teen dan teens, butuh 1800-2000 kalori = 5-8 sendok teh gula/hari (20 gram-32 gram)

 

 

Written by Revita Rita Rani, rewritten by Yuliana Kirana
Photo Source:
www.cbsnews.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar