TERNYATA ORANG NGGAK SEBEGITUNYA KOK MEMPERHATIKAN KITA

October 29, 2018

TERNYATA-ORANG-NGGAK-SEBEGITUNYA-KOK-MEMPERHATIKAN-KITA

 

Ada yang ngikutin webtoon asal Korea Selatan yang berjudul“My ID Gangnam Beauty” atau adaptasi dramanya yang baru aja tamat belum lama ini? Kang Mirae, sang karakter utama, adalah cewek yang insecure banget terhadap pendapat orang lain terkait penampilannya. Pasalnya, saat sekolah dulu dia sempet di-bully oleh temen-temennya karena wajahnya yang jelek, di mana rasa nggak percaya diri akibat kejadian tersebut pun akhirnya terbawa-bawa sampe kuliah – bahkan setelah dia berubah menjadi cantik berkat operasi plastik.

 

Karena takut dengan pendapat orang-orang, Mirae pun menahan diri dari melakukan berbagai hal yang ingin dilakukannya, termasuk menerima pernyataan cinta dari cowok yang disukainya. Padahal sedikit spoiler, di akhir kisah akhirnya diceritakan kalo kebanyakan temennya ternyata nggak terlalu peduli dengan apa yang dilakukan Mirae, menggambarkan gimana banyak di antara kita yang seringkali terlalu overthinking soal pendapat orang lain mengenai diri kita.

 

THE SPOTLIGHT EFFECT

Berapa banyak di antara kita yang merasa relate dengan apa yang dirasakan Mirae? Nggak terbatas pada kekhawatiran soal pendapat orang mengenai penampilan fisik kita aja ya, tapi juga soal apapun. Entah kenapa kita merasa kalo setiap gerak-gerik kita bakal diperhatikan oleh orang lain, dan ada kepercayaan dalam diri kita bahwa mereka bakal menghakimi atau bahkan mengkritisi. Perasaan inilah yang terkadang membuat kita ragu dalam melakukan sesuatu karena takut membayangkan apa yang bakal dikatakan orang-orang. Misalnya aja, sesimpel keraguan kita buat mencoba style berpakaian baru karena khawatir bakal dikomentari nggak cocok sama temen-temen atau gimana kita terus-terusan terbayang kejadian memalukan yang menimpa kita di masa lalu. Well, the tendency to think that people notice things about us more than they actually do kayak gini ternyata biasa disebut sebagai the spotlight effect, di mana sebenernya it’s a normal feeling, tapi di sisi lain sangat amat nggak penting setelah kita mengetahui fakta di baliknya.

 

 

WE ARE THE MAIN CHARACTER OF OUR OWN LIFE

Dikutip dari Psychology Today, the spotlight effect adalah hasil dari egosentrisme, di mana we are all the center of our own universes. It’s not a bad thing ya, tapi lebih kepada sifat manusiawi di mana kita emang cenderung lebih berfokus pada diri kita sendiri dibanding orang lain dan gimana kita menggunakan pengalaman serta perspektif tersebut buat mengevaluasi dunia, termasuk orang-orang di sekitar. Makanya ketika kita merasa sesuatu itu penting, misalnya aja gimana penampilan kita hari ini (karena lagi-lagi we are the center of our own universes), kita seringkali terkecoh dengan asumsi bahwa orang lain juga bakal menganggapnya sebagai sesuatu yang penting. Padahal sebagaimana kita lebih memikirkan diri kita sendiri, orang lain juga lebih memikirkan dirinya sendiri lho.. di mana dalam hidup mereka, bisa jadi kita bukan merupakan apa-apa.

Dibandingkan penampilan kita, mereka pasti bakal lebih peduli dengan penampilannya masing-masing dan pada kebanyakan kasus, sebenernya orang-orang nggak sebegitunya kok memperhatikan kita. Kayak gimana kita memilih foto yang bakal kita bagikan di media sosial (medsos) misalnya. Dijamin deh, pasti kita bakal memilih foto di mana kita terlihat paling bagus tanpa terlalu memperdulikan gimana penampilan temen-temen kita di foto tersebut, ya nggak? Atau gimana ketika melihat foto kita dengan sebuah kelompok, mata kita pasti bakal otomatis mencari diri kita sendiri terlebih dahulu sebelum memperhatikan wajah-wajah orang lain. And believe us, everyone do the same! Karena faktanya, kita semua adalah pemeran utama dalam kehidupan kita sendiri. Makanya wajar banget kalo kita lebih fokus pada diri kita sendiri dibandingkan orang lain yang cuma merupakan karakter sampingan. Kalo masih belum percaya juga, coba deh simak hasil penelitian yang dibahas dalam video di atas!

 

MORAL OF THE STORY: DON’T WORRY ABOUT OTHERS

TERNYATA-ORANG-NGGAK-SEBEGITUNYA-KOK-MEMPERHATIKAN-KITA

Dari sini kita bisa belajar kan kalo ternyata kita nggak perlu terlalu khawatir dengan pendapat orang lain mengenai diri kita. Karena lagi-lagi, orang-orang sebenernya nggak sebegitu pedulinya kok sama kita. So, nggak perlu lagi tuh takut presentasi di depan kelas cuma karena membayangkan gimana reaksi penonton kalo nantinya kita melakukan kesalahan. Kita juga nggak perlu terlalu khawatir temen-temen bakal nyadar kalo baju yang kita pake ke kampus hari ini sedikit bernoda. Tentu aja selalu ada kemungkinan satu atau dua di antara mereka bakal berkomentar, but it will never be as bad as our imagination. Lagipula seperti yang sebelumnya pernah Gogirl! bahas di artikel “MERASA NGGAK BAHAGIA? MUNGKIN KAMU MASIH MELAKUKAN 5 HAL INI”, kita nggak bakal bisa bahagia kalo kita masih terus menerus mengkahwatirkan gimana orang lain memandang kita. Percaya deh, not caring about what other people think is the best choice you will ever make!

 

Baca juga:

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
HanCinema, quotation.io
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar