TAK MELULU NIKAH, INI 5 GOALS YANG HARUS DIPIKIRIN SETELAH KULIAH

September 12, 2018

TAK-MELULU-NIKAH-INI-5-GOALS-YANG-HARUS-DIPIKIRIN-SETELAH-KULIAH

 

Usai bersusah payah berkutat dengan skripsi dan sidang, kita pasti merasa lega dan bebas setelah diwisuda. Maklum, kita para fresh graduate sangat ingin menikmati masa-masa indah selepas dari segala kewajiban di kampus. Tapi selain perasaan bebas dan lega, tentunya muncul di benak kita berbagai rencana dan goals tertentu yang harus kita capai. Nah, setiap orang tentunya memiliki goals yang berbeda, dan salah satu goals yang sekarang ini seringkali menjadi fokus utama dari para anak muda sekarang ini ialah pernikahan.

 

Padahal selain mengejar cinta dan menjadikan pernikahan goals pertama, banyak pencapaian lainnya lho yang bisa dan mungkin lebih penting dibandingkan kita harus galau melulu memikirkan jawaban atas pertanyaan “Kapan nikah?”. Ini dia beberapa pencapaian penting yang harus kita pikirkan dan bisa membuat kita berbangga diri, kalo langkah kita pun ada di depan meski menikah di usia muda belum bisa dicapai.

 

1. PUNYA KARIR SESUAI DENGAN HARAPAN

Setelah lulus kuliah, salah satu tuntutan terbesar kita selanjutnya yaitu mencari pekerjaan atau mengembangkan karir. Meski ada beberapa orang yang punya rencana tersendiri dengan lanjut sekolah lagi. Tapi apapun rencana yang dipilih, memiliki karir dengan posisi yang cukup tinggi di tempat berkarir, bekerja di kantor impianmu atau bekerja sesuai dengan minat dan hobimu, tentunya bisa jadi salah satu pencapaian yang membanggakan dan patut untuk dipertimbangkan.

Selain itu masa di mana kita menjadi fresh graduate, merupakan masa dengan segudang kesempatan untuk belajar banyak dari para senior dan partner di tempat kita bekerja. Sehingga kita akan mendapatkan banyak pengalaman baru, dan mampu melatih pribadi kita untuk menjadi seseorang yang lebih sukses di masa yang akan datang.

 

2. MANDIRI SECARA FINANSIAL

Dahulu mencukupi kebutuhan kita merupkan salah satu tugas orangtua, karena kita masih belum bekerja dan berumah tangga. Tapi setelah kita lulus kuliah dan sudah bekerja, maka bersiaplah untuk belajar memenuhi kebutuhan hidup kita dengan uang pribadi. Sebab sudah sewajibnya kita mulai belajar memikirkan dan mengatur keuangan sendiri. Kalaupun belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan finansial diri, toh setidaknya kita bisa membantu meringankan beban orangtua.

Salah satu tips agar kita bisa membiayai hidup kita sendiri selain tentunya bekerja ialah, kita harus mulai memperhitungkan biaya pengeluaran kita setiap bulannya. Syukur-syukur, kalo penghasilan kita masih bisa menabungnya, menginvestasikan atau juga bisa disisihkan untuk diberi ke orangtua, adik atau bersedekah. Bukankah itu kemajuan dalam diri yang perlu dibanggakan?!

 

3. MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA

Setelah kita mandiri secara finansial dan mendapatkan karir impian, goals berikutnya yang wajib banget buat kita wujudkan adalah membahagiakan orang tua. Meski Mama dan Papa tak pernah meminta untuk membahagiakan serta membanggakannya, tetap saja dua hal tadi bagian dari kewajiban seorang anak. Mengingat perjuangan mereka terhadap kita sangat besar, sampai kita sendiri pun tak akan bisa membalas semua jasanya. Cara membahagiakan mereka pun tidaklah sulit kok. Kita bisa mengajak mereka jalan-jalan, pergi makan ataupun membelikan hadiah-hadiah sederhana yang sekiranya mereka sukai. Tapi jika kita merasa belum memiliki biaya yang cukup untuk bisa membelikan atau mentraktir mereka, kita juga bisa kok membahagiakan dengan cara lainnya. Salah satu caranya ialah, memberikan perhatian secara rutin kepada mereka, dan membagikan cerita-cerita pengalaman seru kepada kedua orangtua. Langkah yang mudah bukan?

Bisa membahagiakan kedua orang tua, dan sedikit membalas jasa-jasa mereka yang telah membesarkan kita, tentunya akan membuat kita bahagia sekaligus bangga akan diri sendiri kan?

 

4. MENJADI PRIBADI YANG LEBIH DEWASA

Seringnya karena terbiasa dengan perilaku dan sifat kita sehari-hari, kita menjadi lupa dengan kebobrokan sifat diri kita sendiri. Merasa diri ini selalu lebih baik dari orang lain, dan perasaan nyaman dengan pribadi kita saat ini kerap kali membuat kita tidak ingin mengubah diri. Padahal terkdang emosi kita aja masih labil, berbagi dengan orang lain saja masih sulit, parahnya diam-diam iri serta nyinyir dengan kehidupan orang lain. Bukankah itu semua sikap dan sifat buruk dalam diri yang harus segera dibenahi?!

Jika kita sudah menemukan kekurangan dari sikap dan sifatmu, kita bisa mencoba untuk mencari solusinya dan mengubah mindset serta perilaku. Entah itu solusinya dengan mengalihkan emosi  menjadi hal-hal yang positif, atau bisa juga dengan mengubah mindset untuk selalu berpikir yang terbuka dan luas. Jadi, memang tak perlu dulu muluk-muluk ingin menikah di usia muda, kalo urusan berbenah diri saja belum tercapai.

 

5. TRAVEL TO AS MANY PLACES AS POSSIBLE

Last but not least, buat kita yang baru lulus kuliah ada baiknya setelah lulus kuliah ini kita mulai menabung demi terwujudnya goals yang satu ini. Bayangin aja, berpergian ke banyak tempat, bertemu orang baru, budaya baru dan hal baru lainnya! Tentu akan menambah pengetahuan dan pengalaman sekalian merelaksasikan diri dari kepenatan hidup sehari-hari. Maka dari itu selagi muda wajib banget buat kita untuk jalan-jalan ke luar kota bahkan ke luar negri. Sebab jika kita sudah menikah nanti, hal ini pasti bakalan jadi salah satu pengalaman masa muda yang terbaik dan yang paling kita rindukan.

Nggak perlu bareng pacar, buat kita yang masih jomblo dan sudah punya penghasilan yang bisa disisihkan tiap bulannya, berpergian ke luar kota atau ke tempat-tempat baru dengan sahabatmu atau bahkan sendirian juga seru kok! Kita bisa punya waktu lebih, untuk seru-seruan bareng sahabat atau memiliki waktu tenang untuk diri sendiri. Yang pasti momen ini akan menjadi pengalaman yang berkesan. Di sisi lain, selain menambah pengalaman, kenangan dan pengetahuan, siapa tahu kan dengan jalan-jalan kita bisa bertemu jodoh masa depanmu.

Anyway itu dia 5 goals yang harus kita capai setelah lulus kuliah dan tentunya sebelum menikah. Sekali lagi, hidup di usia muda ini tak hanya untuk lulus lalu menikah saja. Tapi, ada pencapaian lain yang harus kita pertimbangankan, sebelum akhirnya menikah dan sibuk mengurus keluarga.

 

You may also want to read:

STOP DREAMING AND START TO SET OUR GOALS!

TIPS JITU MEMULAI KARIR BUAT FRESH GRADUATES!

7 DESTINASI HEMAT DENGAN NILAI MATA UANG NGGAK JAUH DARI RUPIAH

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Photo by Jonathan Daniels on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar