PERTIMBANGKAN DULU 3 HAL INI SEBELUM LANJUT KULIAH S2

October 08, 2018

 PERTIMBANGKAN-DULU-3-HAL-INI-SEBELUM-LANJUT-KULIAH-S2

 

Siapa nih yang saat ini lagi mikir-mikir buat kuliah S2? Gogirl! udah pernah membahas di beberapa artikel sebelumnya kalo ada banyak banget alesan yang membuat cewek modern kayak kita harus mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Tapi tunggu dulu! Khususnya buat kita yang berencana mengejar gelar magister, sudahkah kita memikirkannya matang-matang dengan mempertimbangkan tiga hal berikut?

 

APA ALESAN KITA KULIAH S2?

Alesan apa yang mendasari motivasi kita untuk kuliah S2? Apakah kita ingin meningkatkan daya saing kita buat mendapatkan posisi yang lebih baik di dunia kerja nantinya? Atau sehubungan dengan jurusan yang kita ambil di S1, kita dianjurkan untuk melanjutkan kuliah S2 sebagai bagian dari program profesi/spesialisasi? Mungkin juga kita emang sengaja ingin memperdalam ilmu pengetahuan dengan tujuan murni untuk belajar dan menambah wawasan di bidang yang kita minati.

Well, sebenernya nggak ada alesan yang salah kok! Hanya aja kalo bisa sih keputusan kita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 nggak sekedar didasari oleh rasa bingung yang tiba-tiba melanda kita begitu lulus kuliah S1. “Belum siap cari kerja dan hidup mandiri nih, mau lanjut kuliah aja ah” adalah mindset yang sebisa mungkin harus kita hindari. Karena bagaimanapun kuliah bukan perkara main-main. S2 juga pastinya bakal lebih menantang dari S1, di mana kita perlu motivasi yang besar buat bisa bener-bener menjalankan dan menyelesaikannya dengan baik.

 

APA TUJUAN JANGKA PANJANG KITA?

Kalo setelah lulus kuliah S1 dulu masih wajar bagi kita untuk merasa bingung ketika memikirkan apa yang mau kita lakukan selanjutnya (misalnya aja apakah kita mau segera bekerja, lanjut kuliah, atau merintis usaha), ketika lulus S2 nanti kita udah harus tau betul apa rencana kita selanjutnya. Malahan tujuan jangka panjang ini udah harus kita pikirkan dari sekarang. Di antaranya, prospek karier apa yang ada buat lulusan S2 dengan jurusan yang kita ambil dan apakah posisi yang ingin kita kejar nantinya emang membutuhkan kualifikasi pendidikan setinggi ini? Karena nyatanya banyak banget lho pekerjaan yang hanya membutuhkan lulusan D3 atau S1, di mana terkadang pengalaman kerja lulusan S2 kalah banyak dari mereka dan karenanya membuat mereka lebih qualified untuk mengisi beberapa posisi. Di sisi lain, nggak bisa dipungkiri kalo lulusan S2 punya lebih banyak peluang untuk mendapatkan jabatan dan gaji yang lebih tinggi. Ada juga yang memutuskan kuliah S2 untuk mengincar kenaikan karier di tempat kerjanya, mencari ilmu dalam rangka mengembangkan usahanya, bercita-cita menjadi dosen, berencana melanjutkan studi sampe S3, dsb. Jadi, apa rencana kamu sendiri?

 

APAKAH KITA PUNYA DANA, WAKTU, DAN TENAGA UNTUK MENJALANKANNYA?

Last but not least, pikirkan juga kesanggupan kita saat ini, baik dari segi dana, waktu, dan tenaga. Well, beruntunglah para mahasiswa S2 yang masih dibiayai oleh orangtuanya dengan sukarela, tapi bagaimana dengan yang nggak? Apakah tabungan kita udah cukup buat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Karena jujur aja, biaya yang kita perlukan buat kuliah S2 tuh sama sekali nggak sedikit lho! Kalo kita memutuskan buat mengeluarkan biaya sendiri, pastikan segala perhitungan udah kita lakukan dengan baik biar nggak ada masalah ke depannya. Kalo nggak, kita bisa banget mencoba peruntungan dengan mengambil jalur beasiswa – yang banyak banget sebenernya kalo kita bener-bener niat mencari.

Kemudian gimana dengan waktu dan tenaga kita? Misalnya aja buat kita yang berencana kuliah sambil kerja, apakah ada jadwal kuliah yang nggak bentrok dengan jam kerja kita? Lalu bagaimana kebijakan kantor terkait karyawannya yang ingin melanjutkan pendidikan? Karena nyatanya banyak lho pegawai perusahaan yang sulit mendapatkan izin untuk kuliah sambil bekerja, berhubung kesibukan baru kita ini mungkin banget mempengaruhi kinerja kita. Jadi pastikan kita udah melakukan riset sebelum membuat keputusan.

Selain itu apakah kepala dan badan kita juga udah siap buat menjalani banyak aktivitas sekaligus? Kita harus inget kalo mempersiapkan diri untuk pendaftaran dan ujian seleksi kuliah S2 bakal memakan waktu, tenaga, dan pikiran kita. Apa lagi kalo kita berencana mengejar beasiswa. Belum lagi mengingat betapa hectic-nya perkuliahan ketika udah dimulai nanti. Jadi baiknya pastikan lagi kalo kita udah bener-bener siap untuk memperjuangkan dan menghadapi semua ini. Jangan sampe pada akhirnya kita pusing sendiri lalu berhenti di tengah jalan karena nggak kuat menjalaninya.

 

You may also want to read:

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Unspalsh (photo by: Andre Hunter)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar