PERHATIKAN 5 HAL INI DALAM MENILAI KESAN PERTAMA SESEORANG

August 06, 2018

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Ketika kita bertemu orang untuk pertama kalinya, gimana cara kita menilai mereka? Apakah kita otomatis memperhatikan wajah dan cara mereka berpakaian? Atau kita sensitif banget dengan cara bicara seseorang? Dikutip dari Elite Daily, we should stop judging people from first impressions karena beberapa alesan, di antaranya adalah karena orang cenderung nggak menunjukkan dirinya yang sebenarnya di pertemuan pertama. Selain itu seperti kata pepatah populer, don’t judge a book by its cover. Tapi terkadang kita nggak bisa menghindarinya, ya nggak?

 

First impression DOES matter, karena kepala kita terkadang menilai dengan sendirinya tanpa diperintah. Jadi buat mengakalinya, coba deh untuk nggak sekedar terpaku pada penampilan dan lebih berfokus pada lima hal ini ketika kita harus mengevaluasi seseorang secara cepat – entah ketika kita berkenalan dengan temen baru, bertemu dengan orang asing di suatu acara, berbicara dengan cowok yang kita taksir untuk pertama kalinya, merekrut seseorang untuk menjadi bagian dari organisasi kita, ataupun kondisi-kondisi lainnya. Karena kepribadian seseorang sebenernya bisa kita liat dari hal-hal ini.

 

1. HOW MUCH DO THEY LISTEN VS TALK

 

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Katanya sih people who are likely to be a good addition in your life are the ones who are good listeners. Karena orang yang baik biasanya adalah pendengar yang baik – berhubung seorang pendengar yang baik biasanya adalah orang yang peduli, pengertian, nggak egois, nggak self-centered, dan karenanya bakal menjadi temen yang baik juga buat kita. Bukan berarti seseorang nggak boleh banyak bicara di pertemuan pertama ya. Hanya aja hal ini menjadi masalah ketika dia cuma mau bicara dan nggak mau mendengar. Well, apakah kita bener-bener mau menjalin hubungan lebih jauh dengan orang semacam ini?

Baca juga: 5 CARA NGADEPIN TEMEN YANG HOBI NGOMONGIN DIRI SENDIRI

 

2. WHAT ABOUT THEIR BASIC MANNERS

 

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Gimana tata krama dasar orang yang baru kita temui ini? Apakah dia menatap mata kita ketika berbicara atau malah lebih banyak melihat layar handphone- nya daripada kita yang jelas-jelas ada  di depannya? Bagaimana juga dia memperlakukan orang-orang yang nggak dikenalnya. Misalnya aja, apakah dia mengucapkan “terima kasih” setelah pelayan mengantarkan pesanannya atau mengucapkan “maaf” ketika nggak sengaja menabrak orang asing di jalan? Karena sebenernya kita bisa sekilas mendapat gambaran soal kepribadian seseorang dari sikap-sikap sederhana yang udah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Baca juga: 8 MANNER YANG SERING KITA ABAIKAN SEHARI-HARI

 

3. ARE THEY AN ENERGY GIVER OR TAKER

 

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Well, pernah nggak sih kita merasa capek ketika meladeni orang yang baru aja kita temui? Misalnya aja orang yang terus-terusan membicarakan dirinya sendiri, serba negatif, banyak mengeluh, atau suka bergosip dan ikut-ikutan mengajak kita bergosip. Padahal kita baru ketemu hari itu lho! Namun di sisi lain ada juga orang yang entah kenapa bisa membuat kita nyaman bahkan di pertemuan pertama, ya nggak? Jadi coba deh buat lebih memperhatikan energi yang dipancarkan oleh orang tersebut terhadap kita yang berada di sekitarnya atau mood yang dia bawa. Sebenernya fakta ini udah cukup bisa memberikan gambaran sih soal orang tersebut dan apakah baiknya kita melanjutkan hubungan dengan dia.

Baca juga: GINI CARANYA MENDETEKSI DAN MENGHADAPI VAMPIR ENERGI

 

4. LOOK FOR RED FLAGS

 

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Emang susah sih membaca sifat orang ketika kita baru kenal, tapi ada beberapa tanda kok yang bisa kita liat secara jelas bahkan di pertemuan pertama – yang seharusnya membuat kita sadar kalo ada sesuatu yang aneh dengan orang tersebut. Misalnya aja apakah dia menunjukkan ketertarikan terhadap kekerasan, terlihat fanatik yang nggak wajar akan sesuatu, atau suka melontarkan jokes jorok yang nggak pantes buat dinyatakan. Walaupun kita nggak bisa mendeteksi semua orang yang baiknya nggak kita dekati pada pertemuan pertama, tapi jelas kan kalo kita baiknya nggak berurusan lagi dengan mereka yang menunjukkan tanda-tanda nyata kayak gini? Atau bahkan kalo bisa segera jauhkan diri kita dari dia.

 

5. CAN WE SPEND A WHILE WITH THIS PERSON?

 

PERHATIKAN-5-HAL-INI-DALAM-MENILAI-KESAN-PERTAMA-SESEORANG

 

Pada akhirnya mau nggak mau kita emang seringkali harus mengandalkan feeling sih. Apakah keberadaan orang yang baru kita temui ini membuat kita ingin bertemu lagi dengan dia? Membuat kita ingin bicara lebih lama dengan dia? Atau malah sebaliknya, kita berharap bisa cepet-cepet berpisah atau diem-diem ingin dia segera pergi?

Tapi pada akhirnya kesan pertama kita terhadap seseorang emang nggak selalu bener sih. Jadi kalo setelah mempertimbangkan lima hal di atas kita masih nggak yakin akan penilaian kita terhadap seseorang, mungkin kita emang nggak perlu terburu-buru dalam ngejudge mereka. Apa lagi kalo pertemuan tersebut nggak bakal jadi pertemuan terakhir kita. Look beyond first impression. Dig deeper.

Baca juga: 7 TRIK SIMPEL BIKIN ORANG TERKESAN PAS PERTAMA KALI KETEMU KITA

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar