PENGGUNA IPHONE, WASPADA MODUS PENIPUAN YANG SATU INI

August 01, 2018

PENGGUNA-IPHONE-WASPADA-MODUS-PENIPUAN-YANG-SATU-INI

 

Kamu salah satu pengguna iPhone? Kalo ya, berarti kamu harus waspada dengan modus penipuan yang satu ini! Dikutip dari Kompas Tekno, phising scam atau penipuan dengan modus memancing korban untuk menyerahkan data personalnya baru aja terkuak menyasar para pengguna iPhone, di mana sang penipu bakal berpura-pura menjadi pegawai Apple Care. Walaupun peristiwa ini katanya bukan terjadi di Indonesia, tapi nggak menutup kemungkinan kalo modus serupa juga bisa jadi terjadi di sini. So, buat jaga-jaga, simak deh infonya!

 

Terutama kita para pengguna iPhone yang alamat email-nya terasosiasi dengan layanan penyimpanan iCloud harus lebih berhati-hati lagi, karena kayaknya sang penipu mendapatkan alamat email kita dari sini. Seperti yang Gogirl! kutip dari keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), phising scam dapat dilakukan melalui email, website, rekening online, maupun keyloggers. Nah, modus phising scam kali ini kebetulan dilakukan melalui email. Tapi nggak seperti modus phising scam kebanyakan di mana email yang kita terima biasanya bakal mengarahkan kita buat mengakses link website tertentu, kali ini kita bakal diarahkan buat menghubungi sebuah nomor nggak dikenal. Masih dikutip dari Kompas Tekno,penerima telepon tersebut pun bakal mengaku sebagai pegawai Apple Care dan ketika kita mengikuti arahannya, tanpa sadar data personal yang terhimpun pada smartphone kita bakal dicuri.

Untungnya Apple dikabarkan telah bertindak cepat dalam menangani masalah ini. Katanya, email dan situs dari phising scam yang dimaksud telah ditandai sebagai “penipuan”. Namun para pengguna tetep diminta buat lebih berhati-hati dalam berkomunikasi dengan pihak-pihak nggak dikenal di dunia maya, karena kasus serupa mungkin banget kembali terjadi di kemudian hari, walaupun modusnya mungkin berbeda.

 

CARA MENGHINDAR PHISING SCAM MELALUI EMAIL DAN TEKS

Buat menghindari phising scam melalui email atau teks, jangan pernah klik link atau lampiran dari pesan mencurigakan yang biasanya dengan sengaja meniru perusahaan-perusahaan besar. Apa lagi kalo kita diminta buat mengisi atau memperbaharui informasi pribadi, baiknya langsung hubungi perusahaan yang dimaksud secara langsung.

Lebih lanjut dilansir dari support.apple.com, tanda-tanda berikut dapat membantu kita mengidentifikasi phising scamming:

  • Alamat email atau nomor telepon nggak tidak cocok dengan nama asal perusahaan yang diakuinya;
  • Alamat email atau nomor telepon kita berbeda dari yang kita berikan ke perusahaan tersebut;
  • Pesan dimulai dengan sapaan generik, misalnya aja “Halo pelanggan”. Karena sebagian besar perusahaan berlegitimasi biasanya bakal menyertakan nama kita di pesan mereka;
  • Tautan sekilas terlihat resmi, tapi malah membawa kita ke situs web dengan URL yang nggak sesuai dengan alamat situs web perusahaan;
  • Pesan terlihat sangat berbeda dengan pesan lain yang kita terima dari perusahaan yang sama;
  • Pesan meminta informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit atau kata sandi akun; dan
  • Pesan nggak diminta serta berisi lampiran.

Sebelumnya Gogirl! juga pernah secara lebih rinci membahas tips menghadapi phishing dan scamming. Baca juga: KETIPU HOAX KUPON GRATIS MCD KEMARIN? BERARTI KAMU PERLU BACA INI

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
picmelon.com, Kompas Tekno
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar