MEREKA YANG CHAT-NYA PERLU BANGET DIINTERPRETASI BERSAMA

May 08, 2018

 MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber foto: rawpixel.com on Unsplash

 

Karya tulis apa sih yang kadang masih nggak bisa kita pahami meski udah kita baca berkali-kali? Sebagian orang pasti bakal bilang puisi. Nggak jarang, ada karya-karya puisi menuai kontroversi di tengah publik karena interpretasi berbagai pihak yang berbeda-beda. Padahal, yang tahu makna aslinya ya cuma penulisnya sendiri. Soalnya, karya-karya puisi yang mengandung banyak majas dan keunikan gaya bahasa hadir bukan buat dipahami, tetapi untuk dinikmati.

 

 

Eits, karya tulis yang susah buat dipahami ternyata bukan cuma puisi, kawan-kawan. Pesan teks alias chat di aplikasi messenger juga terkadang sulit buat dipahami. Bedanya sama puisi, chat tetep harus diinterpretasi ketika puisi bisa cuma dinikmati. Kalau nggak, nanti malah berdampak buruk buat hubungan kita dengan si pengirim chat. Lalu, gimana dong solusinya?

Gampang-gampang susah, nih. Kita cukup kumpulkan orang-orang terpercaya yang kita anggap ahli dalam menafsirkan teks dari aplikasi messenger. Mereka bisa sahabat kita, temen satu bangku di kelas, temen kuliah, atau temen di kantor. Intinya mah yang siap sedia jadi ahli tafsir buat chat yang multitafsir. Kalau mereka udah di sisi, kita tinggal berdoa sambil berlagak kayak Sherlock Holmes dalam mengumpulkan deduksi. Bersama mereka, kita pun berdiskusi, berusaha keras membuat kiriman chat mudah dipahami.

Terus, siapa aja sih yang kiriman chatnya membuat kita perlu mengumpulkan para ahli tafsir berpengalaman? Simak analisis Gogirl! di bawah ini.

 

GEBETAN

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Of course tentu aja gebetan adalah kandidat nomor wahid yang kiriman chatnya perlu ditafsirkan bersama. Apalagi kalau dia dan kita lagi gencar-gencarnya saling flirting ngasih kode yang jauh lebih sulit daripada kode morse. Ketika dia nge-chat, “Hari Minggu film Avengers baru tayang, nih,” misalnya. Kalo kita kurang lihai menginterpretasikan chat itu, bisa-bisa kita kehilangan kesempatan emas buat nonton bareng doi. Atau, ketika dia nge-chat, “Aku besok berangkat kerja pagi, nih”. Kalo hati kita lempeng-lempeng bae, bisa-bisa hilang kesempatan jadi orang yang bangunin doi setiap pagi.

 

PACAR MODE NGAMBEK

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Meskipun udah pacaran, kita teteup butuh orang lain buat bantu kita menginterpretasi chat dari pacar. Eits, bala bantuan ahli tafsir ini cuma berlaku kalo pacar kita lagi ngambek mode on atau kita dan pacar lagi berantem. Udah nggak zaman lagi tuh stereotip cuma cewek yang suka menaikkan tingkat kesulitan kode pas lagi ngambek, nyatanya cowok juga suka menyisipkan ekspektasi di tengah aksi ngambek mereka. Apalagi ketika si doi menjalankan aksi just read dan memperlakukan kita kayak mading atau koran. Dalam keadaan begini, kita butuh bala bantuan ahli tafsir yang jago menganalisis bahkan hanya dari waktu si doi baca chat kita. Ingat, no message is a message, sodara!

 

SAHABAT MODE NGAMBEK

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Nggak cuma pacar ternyata, kolom chat dengan sahabat yang lagi ngambek juga butuh bala bantuan ahli tafsir. Biasanya ahli tafsir ini adalah sahabat kita yang lain yang juga kita percaya. Dalam keadaan ini, keuntungan kita memanggil bala bantuan ahli tafsir adalah kemungkinan sahabat kita memanggil ahli tafsir yang sama. Apalagi kalau kita, sahabat yang lagi ngambek, dan si ahli tafsir tergabung dalam lingkar pertemanan yang sama. Jangan lupa, sahabat yang ngambek ini juga lagi dalam keadaan ‘bertengkar’ sama kita yang notabene sahabatnya sendiri. Alhasil, para ahli tafsir ini jadi pihak ketiga yang dimintai tolong oleh kedua belah pihak. Duh, beratnya tugas para ahli tafsir ini!

 

DOSEN ATAU GURU

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Chat atau pesan dari dosen atau guru juga butuh banget bala bantuan ahli tafsir buat memahaminya. Apalagi kalau dosen itu adalah dosen pembimbing skripsi kita. Kadang nih ya, ketika kita menyampaikan bebarapa hal dalam satu kali chat, dosen kita menjawab dengan sangat simpel. Misalnya, kita menanyakan, “Selamat pagi Pak, mohon maaf mengganggu. Saya dengar Bapak sedang seminar ke Lombok, kira-kira Bapak pulang hari apa ya Pak? Saya bermaksud bimbingan bab selanjutnya, sepulang Bapak nanti apakah saya bisa bimbingan Pak?”. Nah, udah mah nunggu balasannya lama, sang dosen cuma menjawab, “Bisa”. Tentu kita jadi bingung, soalnya pertanyaan ‘kapan pulang’ nggak dijawab oleh sang dosen. Kalau udah begini tentu kita butuh bala bantuan ahli tafsir. Selain buat menginterpretasi isi pesan, mereka juga ikut jadi filter kesopanan buat pesan yang kita ketik.

 

PEREKRUT ORGANISASI ATAU PEKERJAAN

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Dalam satu kesempatan, kita melamar di sebuah kepanitiaan, organisasi, atau bahkan pekerjaan. Kita tentu bakal histeris banget kalau perekrut menghubungi kita dan mengabari kelanjutan lamaran kita. Biasanya sih perekrutan kepanitiaan dan organisasi yang memberi kabar lewat chat, kalau pekerjaan mah kebanyakan lewat e-mail. Nah, dalam keadaan begini, kita nggak mungkin mampu menghadapinya sendirian. Kita butuh bala bantuan para ahli tafsir buat mengurai persyaratan-persyaratan atau mungkin ketentuan ‘tersembunyi’ yang dikirim lewat chat oleh sang perekrut. Selain itu, mereka juga membantu kita menyusun pertanyaan buat sang perekrut, supaya proses perekrutan tahap selanjutnya berjalan dengan lancar.

 

ATASAN KERJA

 

 MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Kalau kita udah kerja, orang yang pasti membuat kita memanggil para ahli tafsir buat memahami chat-nya adalah atasan kita. Terutama kalo atasan kita yang nge-chat ini bukan lagi manajer, tapi atasan manajer atau bahkan pemilik perusahaan. Jangankan chat panjang lebar soal kerjaan, chat yang baru berisi sepenggal nama kita aja udah bikin kita dag-dig-dug-ser sekaligus bingung. Ada apa nih atasan manggil? Ada salah apa, nih? Pokoknya kita anxious banget deh kalo nerima chat dari dia! Dalam hal ini, fungsi ahli tafsir nggak cuma membantu kita menginterpretasi pesan dari atasan. Mereka juga membantu mengurangi kecemasan kita.

 

RELASI EKSTERNAL ORGANISASI ATAU PEKERJAAN

 

MEREKA-YANG-CHAT-NYA-PERLU-BANGET-DIINTERPRETASI-BERSAMA

sumber gif: giphy

 

Relasi eksternal yang dimaksud bisa jadi narasumber wawancara, calon klien perusahaan, komunitas, calon sponsor, atau pihak-pihak eksternal lain yang berhubungan sama kita dalam urusan pekerjaan dan organisasi. Membaca dan membalas pesan dari mereka tentu butuh kesungguhan dan fokus, kalau nggak ya goodbye my life. Apalagi kalau kita mengirim pesan ke beberapa orang dengan isi dan tujuan sama, tapi kita lupa ganti nama penerima gara-gara copy-paste dari chat sebelumnya. Nah, fungsi ahli tafsir adalah menghindari kesalahan fatal macam ini. Kalau bertukar chat dengan mereka aja gagal, apalagi menjalin relasi?

 

 

BACA JUGA:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
rawpixel.com on Usplash, giphy.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar