YUK AJAK TUBUH BERADAPTASI MENJELANG RAMADAN

April 14, 2018

YUK-AJAK-TUBUH-BERADAPTASI-MENJELANG-RAMADAN

sumber foto: shutterstock

 

Bulan paling suci untuk para Muslim, bulan Ramadan, sudah mendekat di depan mata. Waktunya untuk kaum muslim menjauhkan diri dari makanan, minuman, dan perilaku yang dilarang agama, dan mendekatkan diri pada penciptanya. Meski puasa memberikan banyak manfaat bagi kita secara fisik dan psikis, harus diakui melakukannya secara langsung dan tiba-tiba akan memberikan efek tertentu pada tubuh kita.

 

 Maka, untuk memaksimalkan Ramadhan tahun ini, sangat disarankan untuk melatih tubuh kita terlebih dahulu sebelum berpuasa selama sebulan penuh lamanya. Selain melatih diri dengan puasa sunnah Senin-Kamis, kita juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini supaya tubuh nggak kaget disebabkan oleh puasa, sehingga kita bisa lebih fokus beribadah.

 

1. KURANGI MENGKONSUMSI KAFEIN

Sangat penting untuk mengurangi asupan kafein sebelum Ramadhan. Kafein adalah diuretik alami yang menyebabkan kita kehilangan air pada urin dan membuat kita lebih dehidrasi saat puasa. Disarankan untuk meminimalkan asupan kopi dan teh saat sahur dan buka puasa. Kafein pada saat sahur juga dapat menyebabkan sakit kepala dan berdebar pada siang hari.

 

2. CEMILAN SEBELUM/SESUDAH MAKAN

Ide yang sangat bagus untuk memotong cemilan di antara jam makan sehari-hari menjelan Ramadhan. Ide ini akan membantu kita mendapatkan kebiasaan saat Ramadhan dimana kita nggak bisa makan di antara makanan utama pada hari itu. Selain itu memudahkan kita untuk mengurangi tiga porsi makan sehari menjadi dua kali sehari.

 

3. MAKAN LEBIH SEDIKIT TAPI SEHAT

Biasakan mengurangi porsi makanan kita. Makan lebih sedikit pada jam makan sehingga kita bisa perlahan menurunkan selera makan jauh sebelum bulan puasa tiba.

 

4. LATIHAN PUASA

Practice makes perfect! Apa cara terbaik untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadhan selaian latihan puasa? Cobalah melakukan beberapa puasa sunnah untuk membantu kamu beradaptasi. Selain mendapatkan pahala ini juga merupaan peluang ‘membayar’ puasa yang terlewat dari tahun lalu.

 

5. BIASAKAN SARAPAN

Buat yang nggak terlalu suka makan pagi atau sering melewatkan sarapan, sekarang adalah waktu untuk menghentikan kebiasaan buruk itu. Jadwalkan sarapan padat gizi setiap pagi selama seminggu sebelum puasa. Biasakan sarapan lebih awal. Banyak dari kita sarapan jam 10 pagi, berlatihlah untuk sarapan satu atau dua jam setelah kita bangun tidur.

 

6. ATUR POLA TIDUR

Pola tidur juga akan berubah saat Ramadhan, mulail atur kebiasaan tidur yang biasanya kita adopsi di bulan puasa nanti. Kita akan bangun lebih awal dan harus tidur lebih awal agar sahur tidak sulit untuk bangun. Coba praktekan rutinitas ini dalam persiapan menjelang Ramadhan sehingga saat puasa dimulai tubuh kita nggak menolak karena kaget. Ibadah extra di bulan Ramadan, seperti salat Tarawih dan salat malam, juga bisa mempengaruhi pola tidur kita, oleh sebab itu disarankan untuk menyeimbangkan antara istirahat cukup dan juga pola makan yang seimbang.

Gimana, sudah siap menjalani puasa di bulan suci Ramadhan?

 

 Artikel asli dimuat di www.thread.zalora.id

 

You may also want to read:

DETOKSIFIKASI TUBUH KITA DENGAN CARA BERPUASA

- TIPS SUPAYA TUBUH KITA TETAP BUGAR DAN PUASA LANCAR

- JANGAN SEPELEIN BAU MULUT, TERNYATA BISA JADI MASALAH DI TUBUH

Written by Muthi Amila (ZALORA)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar