MENDETEKSI KEBERADAAN ORANG BERKARAKTER ‘TSUNDERE’ SI MISTERIUS

August 03, 2018

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

 

Buat penggemar komik dan anime, istilah tsundere pasti udah nggak asing lagi. Tsundere adalah sebutan untuk karakteristik tokoh dalam anime yang terlihat galak bin jutek di depan tapi sebenernya menyembunyikan sisi hangat. Istilah berbahasa Jepang ini berasal dari kata tsun-tsun yang artinya membuang muka dengan sebal, dingin, dan serba nggak acuh. Kata ini kemudian dipadukan dengan kata dere-dere yang artinya penuh kasih sayang atau lagi jatuh cinta. Jadi, secara istilah tsundere artinya orang yang lagi jatuh cinta atau sayang sama seseorang tapi malah bersikap jual mahal di depan orang yang disukainya.

 

Selain tsundere, dalam anime ada tiga karakter dere lain yang mirip-mirip dari caranya memperlakukan orang yang disukai. Pertama, kuudere yang berasal dari kata berbahasa Inggris ‘cool’. Kuudere ini adalah sosok yang dingin, emotionless, dan nggak ekspresif, tapi di depan orang yang disukainya bisa bersikap lebih perhatian. Kedua, dandere yang berasal dari kata berbahasa Jepang ‘danmari’ alias si pendiam. Dandere ini adalah sosok yang jarang berbicara dan cenderung pemalu, tapi bisa bersikap manis di depan oarng yang disukainya. Ketiga, yandere yang berasal dari kata ‘yanderu’ yang artinya sakit jiwa. Yandere ini adalah sosok yang paling berbeda dari karakter dere lainnya. Di depan orang lain dia terlihat biasa aja, tapi ketika menyukai seseorang, dia akan rela melakukan hal-hal ekstrim.

Buat lebih memudahkan, kita asosiasikan karakter dere-dere ini dengan tokoh yang ada di dalam film atau series terkenal. Tokoh yang menggambarkan karakter tsundere adalah Dao Ming Se dalam Meteor Garden, kalo kudere contohnya Edward Cullen dalam Twilight, dandere contohnya Rangga dalam Ada Apa dengan Cinta?, dan yandere dicontohkan oleh Yudhis dalam film Posesif. Di dunia nyata, karakter dere-dere ini juga bisa kita temui, lho. Tapi tentu aja, nggak ada yang sebegitunya seperti yang digambarkan oleh anime atau film. Gogirl! udah merangkum enam ciri-ciri orang berkarakter dere di depan orang yang mereka sukai. Cek deh, siapa tahu kita atau gebetan kita adalah salah satunya.

 

TSUNDERE: JUTEK ATAU JAHIL SAMA ORANG YANG DISUKAINYA

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Orang tsundere terkesan galak dan temperamental di depan semua orang. Dikit-dikit marah, dikit-dikit kesal, dikit-dikit berargumen. Kalau cewek, tsundere ini biasanya dikenal sebagai cewek mandiri dan berani mengeluarkan pendapatnya, serta nggak takut kritik orang lain. Kalo cowok, biasanya dia terlihat mudah mengeluarkan kata-kata kasar, mudah mengancam, dan nggak bisa tenang dalam menghadapi masalah dengan orang lain. Keduanya punya kesamaan: cuek dan terkesan nggak perhatian sama hal-hal detail. Di depan orang yang disukainya, dia juga bersikap menyebalkan ketika sedang berada di tengah-tengah orang lain. Bahkan, nggak jarang tsundere suka bersikap jahil di depan orang yang disukainya, sehingga membuat orang itu kesal kepadanya. Tapi, di balik itu si tsundere cuma pengen diperhatikan sama orang itu.

 

KUDERE: JARANG PAMER FOTO DIRI DI MEDIA SOSIAL

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Sumber foto: giphy.com

Seorang kudere emang punya kecenderungan buat misterius dan terlihat cool di media sosial. Dia nggak suka terlihat oversharing kehidupan pribadinya, sebab dia pengen orang-orang tahu kalo dia punya kehidupan lain di balik media sosialnya. Orang dengan karakter kudere jarang memperlihatkan foto wajahnya di media sosial, paling hanya sesekali dan itu pun udah pasti bukan selfie. Di instastories, dia lebih suka membagikan foto-foto suasana atau pemandangan, sangat jarang memperlihatkan aktivitas personal kayak lagi nongkrong bareng temen, lagi nonton bareng, dan lain-lain.

 

DANDERE: SERING BILANG “NGGAK APA-APA” SAAT LAGI KENAPA-KENAPA

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Sumber foto: giphy.com

Berkebalikan dengan tsundere yang cepat berekspresi ketika kesal, dandere nggak suka memperlihatkan sisi lemahnya di depan orang lain. Dia lebih suka menghilang atau diam saat dalam kondisi marah atau sedih, membiarkan dirinya sendiri menikmati emosinya. Nanti, setelah emosinya mereda, dia baru kembali dan beraktivitas lagi seperti biasa. Di depan orang yang disukainya, dia cenderung lebih berani menunjukkan emosinya lewat ekspresi wajah. Tapi, ketika dia ditanya “Kenapa?” oleh orang itu, dia cuma akan menjawab “Nggak apa-apa”. Ketika dia menjawab demikian, itu artinya dia nggak mau malu memperlihatkan emosi negatif di depan orang yang dia sukai, tetapi tetep butuh penghiburan. Duh, kalo jadi gebetan atau pacar seorang dandere, kita harus pinter-pinter menerjemahkan kode di ekspresi wajahnya, deh!

 

YANDERE: CENDERUNG POSESIF

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Sumber foto: giphy.com

Kita nggak akan pernah bisa mendeteksi keberadaan yandere kecuali kita adalah orang yang disukai oleh orang dengan kepribadian ini. Soalnya, yandere adalah sosok yang lebih ekspresif jika dibandingkan tiga dere lainnya. Dalam beraktivitas dan bersosialisasi, dia terlihat lebih ekspresif dibandingkan dere yang lain. Tapi, ketika dia suka sama seseorang, dia akan berubah menjadi sosok yang posesif. Ciri-ciri awalnya terlihat dari cara dia stalking. Seorang yandere nggak akan tanggung-tanggung kalo stalking, sehingga dia terlihat pinter banget dalam mengobservasi seseorang. Hasil observasinya ini dia jadikan bahan buat mendekatkan diri pada orang yang disukainya. Dia juga bisa tahu banyak tentang orang yang disukainya sekalipun baru beberapa kali bertemu, dan ini bisa terlihat manis atau menyeramkan, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Dia juga terlihat kreatif dalam mendekati orang yang dia sukai, yang membuat orang itu mudah terkesan padanya.

 

SEMUA DERE: JARANG MAU MEMAMERKAN RASA SUKA

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Sumber foto: giphy.com

Biarpun punya cirinya masing-masing, semua karakter dere punya satu kesamaan, mereka sama-sama nggak mau memamerkan rasa sukanya di depan orang lain. Jangankan orang lain, ketahuan sama orang yang disukainya aja bisa jadi bencana buat mereka. Itulah kenapa mereka jarang cerita ke orang lain, termasuk temen deket, ketika lagi suka sama orang. Mereka juga nggak mau kelihatan lagi jatuh cinta, makanya mereka pinter banget menyembunyikan perasaan mereka. Sekalipun lagi bener-bener jatuh cinta, mereka sama sekali nggak kelihatan, deh! Ekspresi muka mereka bakal kayak hari-hari biasa, beda sama non-dere yang menunjukkan perubahan kayak berpenampilan lebih rapi atau berekspresi lebih ceria. Di dunia maya, nggak ada pula tanda-tanda mereka lagi jatuh cinta yang diperlihatkan lewat status atau tweet media sosial. Semuanya nampak flat, flat, flat, flaaaaaat deh pokoknya!

 

SEMUA DERE: SELALU MENYANGKAL KALO DIGODA SOAL GEBETAN

MENDETEKSI-KEBERADAAN-ORANG-BERKARAKTER-TSUNDERE-SI-MISTERIUS

Sumber foto: giphy.com

Kalo seseorang ketahuan atau kelihatan lagi suka alias jatuh cinta sama lawan jenis, kita pasti tergoda buat meledeknya. Entah itu sekedar melontarkan goadaan “cie-cie, memberi senyuman kode sambil melirikkan mata kita ke orang yang dia sukai, atau menggumamkan “ehem-ehem”. Kalo beberapa orang non-dere bakal membalas godaan seperti itu, pemilik karakter dere-dere bakal langsung menyangkal. Gengsi banget deh, ogah sama sekali kelihatan lagi naksir orang! Dua ucapan yang paling mainstream mereka ucapkan pas digoda adalah “Apaan, sih?” dan “Nggaaaak!”. Tapi, tentu aja muka dan mata mereka nggak bisa bohong. Muka mereka pasti kelihatan bete alias kesal tapi dengan pipi bersemu merah. Salting-salting gemas gitu deeeh!

 

BACA JUGA:

JANGAN SALAH PAHAM, INTROVERT ITU BUKAN PEMALU, LHO!

MEMAHAMI ISI KEPALA SEORANG INTROVERT

CIRI-CIRI ORANG YANG LAGI BERBOHONG

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
miles film
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar