MUJI DIRI SENDIRI ITU PENTING LHO, 3 HAL INI ALASANNYA!

December 17, 2018

MEMUJI-DIRI-SENDIRI-ITU-PERLU-LHO!-3-HAL-INI-MANFAAT-DARI-SELF-PRAISE

 

Pernah dengar istilah self-criticism? Nah untuk kebanyakan orang pasti mengkritisi diri sendiri lebih sering dilakukan daripada memuji diri sendiri. Ini sebenarnya hal yang wajar karena kita seringkali merasa diri kita kurang dan selalu ingin menjadi orang yang lebih baik lagi. Tetapi ternyata, fokus kepada hal-hal negatif dalam diri kita nggak selamanya bagus. Memuji diri sendiri setelah melewati hal yang berat dalam hidup ternyata lebih membawa efek positif untuk kita, lho!

 

 

Menurut Christine Wesson, seorang hypnotherapist dan consultant hypnotist di Chichester, self-praise ini membawa banyak manfaat untuk kita. Pada dasarnya, kita emang selalu ingin appreciation dan acknowledgment itu diberikan oleh orang lain kepada diri kita. Tetapi, mengapresiasi pencapaian dan kualitas diri juga harus dilakukan oleh diri sendiri dalam kehidupan kita sehari-hari. Coba deh, seberapa sering kita memuji dirimu sendiri on a daily basis? Ketahui manfaat-manfaat-manfaat dari self-praise ini yuk!

 

1. YOU WILL BE APPRECIATED BY OTHERS IF YOU APPRECIATE YOURSELF FIRST

 

Dalam sebuah artikel berjudul “The Benefits of Self-Praise”, Wesson berkata bahwa mengapresiasi diri sendiri ternyata membuat orang lain juga bisa mengapresiasi diri kita. Wesson berkata bahwa “Life is a mirror” yang berarti apa yang kita anggap pada diri kita sendiri juga bisa merefleksikan apa yang orang pikirkan tentang kita. Apresiasi harus dimulai dari diri sendiri karena ketika kita percaya dengan diri sendiri, orang lain juga akan bepikir yang sama. Kita bisa mulai dari hal-hal yang kecil. Contohnya, ketika kita sedang kesulitan memindahkan banyak barang dari suatu tempat ke tempat lain, pujian kecil seperti “You did a good job, you’re moved a lot of boxes by yourself” bisa membuatmu merasa lebih baik. Daripada fokus kepada banyaknya tumpukan pekerjaan yang belum kita kerjakan. Lebih baik fokus pada pencapaian diri sendiri. Kalo kita merasa lebih baik meskipun sudah lelah, orang-orang juga bisa jadi mengapresiasi kita, lho! Mereka bilang bilang ‘Wah, sudah selelah itu tapi kamu tetap merasa senang ya. Good job!”

 

2. SELF-PRAISE BUILDS OUR CONFIDENCE

 

Nggak bisa dipungkiri kalo insecurity emang menjadi hal yang seringkali menghampiri apalagi di era media sosial ini. Lihat pencapaian orang lain di medsos bawannya jadi iri dan insecure dengan diri sendiri. Jadinya kita sering banget ngerasa minder karena ‘kalah pencapaian’ dari orang lain. Nah daripada fokus kepada hal-hal yang membuat kita gagal, coba deh cari improvements yang terjadi pada kita selama proses itu. Menurut Wesson, mengapresiasi diri dan fokus pada improvements yang kita miliki bisa membawa kita ke tempat yang kita inginkan. Memberi diri kita positif feedback bisa membantu kita merasa lebih percaya diri. Ini juga membuat alam bawah sadar kita menyadari hal-hal yang bisa kita apresiasi kepada diri sendiri.

 

3. SELF-PRAISE ALLOWS US TO RECOGNIZE HOW FAR WE’VE COME IN OUR PROGRESS TO ACHIEVE A BIG GOAL

 

MEMUJI-DIRI-SENDIRI-ITU-PERLU-LHO!-3-HAL-INI-MANFAAT-DARI-SELF-PRAISE

 

Dalam self-praise ini, hal yang harus diapresiasi dalam diri nggak melulu hal-hal besar seperti pencapaian akademik atau karir. Kemajuan-kemajuan kecil yang terjadi pada diri kita juga harus kita apresiasi. Ini membuat kita sadar seberapa jauh kita membuat progress dalam melakukan sesuatu yang besar. Ketika kita sudah tahu sejauh apa progress kita, kita akan tau bagaimana harus mengembangkannya untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kita memiliki goal untuk bisa menyelesaikan satu buku dalam satu bulan. Setiap kemajuan kecil yang kita buat seperti membaca buku setidaknya beberapa halaman dalam sehari juga harus diapresiasi. Ini membuat kita sadar bagaimana caranya untuk bisa mencapai target dengan perasaan yang lebih baik. Jangan terus mengkritisi diri karena halaman yang kita baca kurang dari yang ditargetkan. Lebih baik puji diri sendiri karena sudah mampu membaca sebanyak itu agar kita lebih semangat lagi untuk menyelesaikan buku itu. Nah sudah tahu kan 3 manfaat dari self-praise ini? Dipraktekkan yuk, girls!

 

 

Written by Aulia Khairunisa (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Thought Catalog, Diana Tumminia, silenteye.net, Zastavki.com
Share to:

Comments

1 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar

    pangan halal
    wah artikel yg bagus dan menarik thanks :) https://panganhalal.com

    December 17, 2018 5:22 pm