MEMAAFKAN TERNYATA BAIK UNTUK KESEHATAN KITA

April 13, 2018

MEMAAFKAN-TERNYATA-BAIK-UNTUK-KESEHATAN-KITA

sumber foto: oprah.com

 

Tau nggak sih girls orang yang suka memaafkan either to our self or others ternyata lebih sehat mentalnya dibandingkan orang yang nggak terlalu suka memaafkan. Karena forgiveness itu bisa mengambil semua keburukan di diri kita. Dalam ulusan berikut ini, Gogirl! bakal jabarin pentingnya untuk kita bisa memaafkan diri sendiri dan orang lain karena bawa good impact for our self.

 

 

Sebuah penelitian dari Journal of Health Psychology menyebutkan being forgiving to our self and others can protect us against stress dan bisa menjadi akses yang dibutuhkan untuk kesehatan mental. Peneliti akan melihat pada efek of lifetime stress yang berpengaruh pada kesehatan mental seseorang dan gimana orang yang suka memaafkan lebih baik hidupnya daripada orang yang tidak begitu pemaaf.

Untuk melakukan ini Loren Toussaint associate professor of psychology di Luther College, bertanya ke 148 dewasa muda untuk mengisi kuisioner yang akan menilai tingkat stress seumur hidup, kecenderungan memaafkan, serta kesehatan fisik dan mental mereka. Nggak heran dari penelitian ini ditemukan orang-orang dengan paparan stress lebih besar selama masa hidup mereka memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih buruk.

Peneliti juga menemukan kalo kita suka memaafkan diri sendiri dan orang lain, sifat pemaaf ini sendiri hampir menghilangkan hubungan antara stress dan penyakit mental. Sedangkan kalo kita nggak punya kecenderungan memaafkan malah akan merasakan raw effects of stress dengan cara yang nggak tanggung-tanggung. Kita juga nggak akan punya buffer atau penahan terhadap stress itu sendiri. Hal tersebut malah bisa membuat kita terpuruk dalam stress dan bisa berpengaruh ke kualitas hidup kita.

Meskipun masih sulit ditentukan bagaimana kepribadian pemaaf dapat melindungi kita dari stress, tapi para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang yang lebih pemaaf bisa mengadopsi keterampilan mengatasi stress lebih baik dan reaksi berlebihan ketika stress akan semakin berkurang. Pada dasarnya memaafkan adalah menerima dengan hati kesalahan diri sendiri dan orang lain untuk nggak terlalu dipikirkan dan mulai move on. Jadi emang dengan memaafkan beban kita akan sedikit terangkat dan kita jadi paham gimana caranya berhadapan dengan sesuatu yang negbuat kita stress. Contohnya ya itu kesalahan-kesalahan diri sendiri dan orang lain.

“Forgiveness takes that bad connection between stress and mental illness and makes it zero,” kata Toussaint. “I think most people want to feel good and it offers you the opportunity to do that,” lanjutnya.

So, jangan lupa untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain ya girls!

 You may also want to read:

- 4 ALASAN PENTING KENAPA KITA HARUS BISA BELAJAR MEMAAFKAN

JANGAN MALU MINTA MAAF, COBA PRAKTEKKIN TIPS INI

 

 

Written by Shintia Dwi Savitri
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar