MAU SKRIPSI CEPAT SELESAI? YUK LAKUIN 7 HAL INI YANG DIJAMIN MANJUR

February 12, 2018

MAU-SKRIPSI-KITA-CEPAT-SELESAI?-YUK-LAKUIN-7-HAL-INI-YANG-DIJAMIN-MANJUR

Sumber foto: Unsplash/Bethany Laird

 

Begitu dengar kata skripsi, apa yang ada di pikiran kita? Pasti jawabannya kebanyakan grogi dan takut. Eits, sebenarnya skripsi itu nggak semengerikan yang kita kira lho. Asal kita tau mau neliti apa dan disertai dengan usaha yang giat dijamin deh skripsi kita akan selesai tepat waktu. Nggak percaya? Nih, Gogirl! kasih tau 7 hal yang bisa kita lakuin agar skripsi cepat selesai.

 

 

PILIH TOPIK PENELITAN YANG KITA KUASAI

Biasanya demi gengsi kita rela ngambil topik penelitian skripsi yang bahkan kita sendiri pun  nggak ngerti. Coba deh turunin sedikit gengsi kita ini dan ambil topik penelitian yang sebenarnya kita suka dan kuasai. Atau bisa juga nih kita ngambil suatu permasalahan yang ada di lingkungan kita, apalagi jika kita anak komunikasi, banyak hal di sekitar kita yang bisa diteliti lho.

 

TETAPKAN DEADLINE DAN JANGAN NUNDA REVISI

Hal yang paling sulit dilakukan ialah tepat waktu! Yup, mengerjakan revisi secara tepat waktu itu emang sulit, apalagi kalo bahan revisi yang harus kita cari itu susah ditemuin. Eh tapi nggak boleh terus-terusan kayak gini nih, coba deh buat daftar deadline pengumpulan revisi di note kecil dan di sampingnya kita tulis hal apa aja yang akan kita lewatkan kalo kita terlalu lama nunda mengerjakan skripsi.

 

RAJIN NANYA DOSEN PEMIMBING

Kalo kita masih merasa bingung dengan revisi yang dikasih, jangan sungkan untuk nanya ke dosen pemimbing. Kita bisa aja nanya ke dospem di luar jam bimbingan, tapi sebelumnya harus janjian dulu ya. Atau bisa juga kita nanya ke dosen yang menguasai topik penelitian kita. Asalkan nggak sibuk, pasti mereka dengan senang hati membantu.

 

BERGAUL DENGAN TEMAN YANG RAJIN

Percaya atau nggak ternyata habit bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar lho. Kalo kita udah mulai merasa males, coba deh bergaul dengan teman-teman kita yang rajin. Setiap mereka hangout, kita nimbrung aja, paling mereka nggak jauh-jauh akan ngobrolin seputar skripsi. Dan dijamin semangat mereka untuk menyelesaikan skripsi akan ikut tertular kita. So, jadi on fire lagi kan ngerjainnya!

 

CARI TEMPAT YANG NYAMAN UNTUK NGERJAIN

Bosen kalo mengerjakan skripsi hanya di rumah atau di perpustakaan? Kita bisa kok sekali-kali nyobain nyari spot yang cozy untuk nunjang performance kita mengerjakan skripsi. Atau kita butuh jaringan internet untuk searching materi? Sekarang udah banyak cafe yang menyediakan fasilitas tersebut, tinggal pilih lokasi yang nggak terlalu jauh dengan rumah kita dan memyediakan makanan yang enak. Tapi ingat ya jajannya direm, biar uangnya bisa buat ngeprint revisian hehe.

 

SELINGI DENGAN AKTIVITAS FAVORIT

Merasa jenuh karena dari tadi ngerjain revisian tapi nggak kelar-kelar? Tandanya otak kita perlu istirahat tuh! Yup, nggak ada salahnya kok ambil waktu istirahat agak 10-15 menit untuk nge-refresh otak. Atau sambil istirahat, untuk ngumpulin mood kita bisa juga baca buku favorit ataupun main games kesukaan kita. Asal waktu main gamesnya jangan lebih lama dari ngerjain revisian ya.

 

DATENG KE WISUDAAN TEMAN

Udah berusaha semaksimal mungkin tapi skripsi nggak kunjung selesai? Hmm, coba deh untuk datang ke acara wisuda teman kita. Selain ngepacu semangat agar lebih cepat lulus, kita juga bisa kan sekalian berkeluh kesah dan minta tipsnya dari dia. Siapa tau penelitiannya masih di tema yang sama, kan bisa sekalian nanya-nanya.

 

Baca juga:

 

 

Written by Qatrunnada Rahmatika
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar