10 TIPS BERHEMAT YANG HARUS DILAKUIN ANAK KOSAN

December 12, 2018

 MAU-HEMAT-UANG?-INI-10-CARA-YANG-HARUS-DILAKUIN-ANAK-KOSAN

 

Hidup merantau tinggal jauh dari orang tua emang ada plus minusnya. Di satu sisi kita bisa bebas dari aturan rumah, tapi kita juga dituntut untuk mandiri dan bisa jaga diri. Salah satu problem anak kos adalah soal keuangan, kita harus dan pinter-pinter ngurus segala keperluan kita dan manage uang yang dikasih sama orangtua kita dengan baik. Nah, Gogirl! bakal kasih ke tips dan trik supaya kita bisa hidup hemat selama jadi anak kosan. Here we go!

 

 

1. BUAT LIST KEPERLUAN

Meski keliatannya bikin list keperluan bulanan itu sepele, tapi ini berguna untuk memperkirakan pengeluaran kita selama ngekos. Catat keperluan kita selama sebulan di notes. Write down from the important and urgent things till the not important things. Dari situ keliatan mana keperluan yang harus kita bayar atau beli segera dan mana yang masih bisa dibeli bulan depan. Pertama alokasiin uang bulanan kita buat bayar kosan dan biaya makan kita sehari-hari. Buat hal-hal yang nggak terlalu urgent kayak beli baju, sepatu, atau tas bisa ditunda bulan depan, toh baju kita masih bagus kan? Nah, supaya kita nggak boros, jangan pegang uang cash terlalu banyak. Ambil uang seperlunya di ATM untuk keperluan selama seminggu. Terus catat setiap pendapatan dan pengeluaran uang kita biar jelas dan terorganisir dengan baik.

 

2. STOP SHOPPING

Waktu awal bulan baru dapet kiriman dari orangtua jangan langsung diabisin. Tahan diri kita buat nggak belanja ke mall untuk beli baju baru atau peralatan make up. Terus jangan iseng-iseng liat Instagram atau website online shop biar kita nggak laper mata. Kalo di awal bulan uang kita udah abis buat belanja barang-barang yang sebenernya nggak perlu, nanti pertengahan bulan kita sendiri yang bakal kelabakan karena dompet menipis. Liat lagi list keperluan yang udah kita buat untuk reminder diri kita, apa barang-barang yang mau kita beli ini penting atau nggak. Kalo di akhir bulan uang kiriman dari orangtua kita masih ada, baru deh kita bisa shopping. Tapi inget ya girls jangan langsung kalap liat diskon di mal.

 

3. MASAK SENDIRI

 

MAU-HEMAT-UANG?-INI-10-CARA-YANG-HARUS-DILAKUIN-ANAK-KOSAN

 

Kalo di rumah semua makanan udah tersedia di meja makan, jangan harap saat kita ngekos bakal ngerasain enaknya masakan Mama. Jadi anak kosan emang bikin kita belajar banyak, selain belajar manage uang, mau nggak mau kita juga harus belajar masak. Kenapa harus masak sih kan bisa beli? Buat menghemat pengeluaran, Gogirl! saranin masak sendiri. Minimal bisa masak nasi sama air deh. Jadi, kita tinggal beli lauk di warung dan nggak perlu keluar uang untuk beli air mineral. Kalo bisa masak menu-menu sederhana lainnya lebih bagus jadi kita bisa ubah image anak kosan yang identik makan mie instan di akhir bulan. Lagi pula sekarang nggak perlu bingung belajar masak dari mana, di internet ada 1001 resep dan cara masak plus video tutorialnya. Kalo diitung-itung sebungkus nasi kita beli seharga 3rb, dalam sehari kita makan 3 kali, seminggu kita harus ngeluarin uang 63rb. Kalo kita masak nasi kan lumayan uangnya bisa di-keep buat beli kuota. Selain bisa irit, masak sendiri juga terjamin kebersihannya.

 

4. NYUCI DAN NYETRIKA BAJU SENDIRI

Jadi anak kosan jangan males dan manja! Kalo dikit-dikit kita jajan, terus laundry baju, nanti uang bulanan yang dikasih orang tua kita bakal abis dalam sekejap. Belajar disiplin dan mandiri. Kalo di rumah ada mba atau Mama yang selalu nyuci dan nyetrikain baju-baju kita, saat kita nge-kos kita harus belajar buat ngelakuin semua hal itu sendiri. Nggak mungkin kan cucian kita selama sebulan ditumpuk terus dikirim ke rumah biar Mama atau si Mbak yang cuci. Laundry baju sekilo Rp6.000, kalo cucian kita banyak, uang jajan kita abis buat laundry baju aja. Daripada laundry mending cuci baju sendiri kan sekalian olahraga.

 

5. CARI TEBENGAN

Udah ngekos deket kampus masih aja mager kuliah. Berangkat mepet pas dosen udah masuk kelas terus order ojek atau taksi online deh biar cepet sampe. Duuuuh… wasting money banget sih girls, mending jalan kaki aja kalo jaraknya masih terjangkau sekalian buang lemak dan ngeluarin keringet biar sehat. Kalo panas kita bisa pake topi atau payung. Belajar manage waktu juga supaya bangun lebih pagi dan nggak telat sampe kampus. Atau kalo emang males jalan, coba cari temen yang sekampus atau searah sama kita biar bisa bareng. Lumayan kan ongkosnya bisa ditabung.

 

6. BAWA BEKAL

 

MAU-HEMAT-UANG?-INI-10-CARA-YANG-HARUS-DILAKUIN-ANAK-KOSAN

 

Kata siapa anak kuliahan udah nggak pantes bawa bekel? It’s a big NO. Kalo emang kita udah masak walaupun ala kadarnya, daripada masakannya mubazir di kosan nggak ada yang makan mending bawa aja buat bekel. Nggak usah malu dikatain anak TK gara-gara bawa bekel karena hal ini bisa menghemat pengeluaran kita. Selain itu, masakan buatan sendiri pasti lebih higienis daripada jajan sembarangan. Dan jangan lupa untuk bawa botol berisi air minum sendiri ya biar irit dan go green hehe.

 

7. IKUT SEMINAR GRATIS

Join free seminar juga jadi salah satu trik buat anak kosan untuk menghemat pengeluaran. Lho kok bisa? Yaps karena biasanya saat seminar kita dapet snack or meals. Besides that, kita bisa dapet ilmu, kenalan sama temen baru, dan dapet sertifikat dari seminar tersebut. Waaah banyak benefitnya kan? Udah dapet pelajaran, dapet makan gratis pula. So, kita nggak perlu beli makan lagi deh. Nggak perlu malu jadi seminar hunter yaa guys supaya otak dan perut kita terpenuhi kebutuhannya hehe.

 

8. CARI FREE WIFI

Internet udah jadi kebutuhan pokok kita sehari-hari. Selain buat chatting, update status di social media, kita juga butuh internet buat browsing tugas. Nah, usahain kalo cari kosan yang available wifi, jadi kita bisa hemat kuota bulanan. Kalo di kosan ada wifi terus di kampus juga ada wifi, kita nggak perlu khawatir lagi kuota abis buat browsing, download, dan live streaming. Uang yang kita alokasiin buat beli kuota bisa kita save untuk keperluan lain deh.

 

9. MAKAN DI WARTEG

 

MAU-HEMAT-UANG?-INI-10-CARA-YANG-HARUS-DILAKUIN-ANAK-KOSAN

 

Mentang-mentang awal bulan baru dapet kiriman uang, langsung hangout ke restoran mahal sama temen-temen, giliran udah akhir bulan merana makan mie instan. Nah, daripada menderita di akhir bulan, mending hemat uang dengan beli makanan di warung makan yang murah meriah atau warteg. Beli makanan secukupnya aja yang penting perut kita terisi. Karena makan berlebihan juga nggak baik buat kesehatan.

 

10. PUASA

And the last is fasting. Puasa selain ibadah bagus juga lho buat kesehatan tubuh kita. Karena puasa bisa menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh kita dan menggantinya dengan sel-sel yang baru. Besides that, kita juga belajar menahan diri dan hidup prihatin kayak orang-orang di luar sana yang hidunya nggak seberuntung kita. Dengan puasa kita juga bisa hemat pengeluaran kita sebagai anak kos. Asal jangan balas dendam yaa saat buka puasa dengan makan banyak.

 

 

Written by Ayu Pamanis (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Shutterstock, pixabay
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar