MANFAATIN FITUR BARU INSTAGRAM DENGAN CARA POSITIF

July 06, 2018

MANFAATIN-FITUR-BARU-INSTAGRAM-DENGAN-CARA-POSITIF

 

Siapa aja di sini yang udah memanfaatkan fitur-fitur baru Instagram? Siapa juga yang udah muak sama sindiran-sindiran netizen terhadap orang-orang yang mereka anggap salah menggunakan fitur baru tersebut? Daripada dijadikan bahan sindiran, fitur-fitur baru ini sebenernya bisa kita manfaatin secara positif dan ngasih impact yang bagus buat orang lain, lho! Simak yuk tips dari Gogirl! tentang gimana sih cara yang positif memanfaatkan fitur-fitur ini!

 

BERKARYA DENGAN IG TV

MANFAATIN-FITUR-BARU-INSTAGRAM-DENGAN-CARA-POSITIF

Sumber foto: Instagram @gerryfairus, @thoughtcatalog, @fiersabesari

  • Jadi tempat nyimpen portofolio video. Ini bisa dilakukan kalo kita masih mikir dua kali buat bikin channel YouTube. Buat pemula, mengumpulkan penonton di YouTube itu nggak mudah dan butuh waktu. Tapi, kalo di Instagram kan kita udah punya followers sendiri yang mungkin bakal nonton video yang kita upload di IG TV kalo mereka tertarik. Terlebih lagi kalo kita emang suka bikin film atau video dokumenter dan menjadikan Instagram sebagai akun personal branding kita urusan pekerjaan.
  • Jadi tempat sharing cerita bermanfaat. Kalo kita merasa nulis di blog cukup membosankan, nggak ada salahnya kita sharing cerita bermanfaat lewat IG TV. Misalnya, kita mau sharing pengalaman ikut kompetisi, workshop, atau seleksi beasiswa dan banyak orang yang nanya pengalaman kita. Daripada kita jawab satu-satu, dan menulis di blog lagi nggak memungkinkan, IG TV bisa jadi pilihan. Nggak ribet kok, soalnya kita cukup manfaatin tangan kayak pas kita selfie dan pake headset biar suaranya lebih jelas.
  • Berkarya bikin film resolusi handphone. Iyap, dengan resolusi 1080x1920, siapa yang merasa tertantang bikin film pendek atau video vertikal pake handphone? Kalo kita cukup kreatif, coba deh bikin video kayak gini. Kalo percaya diri, ikutin kompetisi mobile film festival, deh!

 

SURVEI DENGAN ASK QUESTION

MANFAATIN-FITUR-BARU-INSTAGRAM-DENGAN-CARA-POSITIF

Sumber foto: Instagram @tsanagarrini, @asminurais, @anisawinda

  • Bikin jajak pendapat buat riset. Katanya sih cara yang bener pake fitur ini adalah dengan mengajukan pertanyaan, bukan meminta orang bertanya sama kita. Hadeuhhh… daripada ribet mikirin salah-benernya penggunaan fitur ini dan nyindir orang-orang yang pake fitur ini secara nggak jelas, mending bikin jajak pendapat. Bisa jadi inspirasi buat artikel, bahan ide skripsi, ya… pokoknya bahan ide berkarya apa pun, deh!
  • Tanya rekomendasi tontonan, bacaan, atau skincare. Beberapa followers kan temen-temen yang emang kita kenal di dunia nyata. Nah, nggak ada salahnya nanya rekomendasi judul film, buku, atau merk skincare buat kita konsumsi. Dengan pake fitur ini, dalam 24 jam jawabannya nggak bakal tenggelem kayak kita biasa tanya lewat Instastory dan dijawab lewat direct message.
  • Minta orang lain buat tanya pengalaman kita. Minta orang lain nanya adalah cara yang salah dalam pake fitur ini? Bodo amaaat, selama penggunaannya positif mah! Misalnya, kita baru coba-coba menstrual cup sebagai pengganti pembalut saat haid. Karena belum banyak yang pake, kita bisa tanya apa yang mau orang tanyakan soal pengalaman kita.

 

TERKONEKSI DENGAN VIDEO CALL

MANFAATIN-FITUR-BARU-INSTAGRAM-DENGAN-CARA-POSITIF

Sumber foto: bustle.com, Instagram @asminurais

  • Kangen-kangenan sama temen yang nggak bisa ikut hang out. Meskipun sebenernya ini bisa dilakukan juga di aplikasi chat, nggak ada salahnya kita mencoba melakukannya di Dengan catatan, dalam satu kesempatan kita tahu orang yang mau kita telepon baru update di Instagram. Daripada ribet harus menutup aplikasi Instagram dulu buat membuka aplikasi chat, mending langsung aja pake Instagramnya sekalian.
  • Sarana alternatif group video-call buat yang nggak punya Line atau Skype. Soalnya, beberapa orang mungkin nggak punya atau nggak aktif di kedua aplikasi tersebut, tapi punya akun meskipun kebanyakan orang punya Whatsapp, tapi di Whatsapp kita nggak bisa melakukan group video call.

 

KREATIF DENGAN MUSIC STORIES

MANFAATIN-FITUR-BARU-INSTAGRAM-DENGAN-CARA-POSITIF

Sumber foto: buzzfeed.com

Fitur baru music stories ini baru bisa digunakan di beberapa negara, dan Indonesia nggak termasuk salah satunya. Nanti, kalo kita bisa memanfaatkan fitur ini, kita jadi punya cara lain buat berkreasi. Kita bisa bikin video mood lima belas detik dengan memadukan foto atau video pemandangan dengan musik. Atau, kita bisa satukan kutipan favorit kita dengan musik yang kita pilih. Yah… lakukan apa pun yang positif dan kreatif deh dengan fitur ini nantinya!

 

BACA JUGA:

BIKIN INSTAGRAM KITA POSITIF DAN ANTI-CYBERBULLYING YUK!

LIMA AKUN INSTAGRAM YANG MENGINSPIRASI KITA UNTUK SELF-LOVE

MERASAKAN MANFAAT INSTAGRAM BISNIS BUAT PORTOFOLIO PRIBADI

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
imore.com, Instagram @gerryfairus, @thoughtcatalog, @fiersabesari, Instagram @tsanagarrini, @asminurais, @anisawinda, bustle.com, Instagram @asminurais, buzzfeed.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar