MAKNA DI BALIK KALIMAT ‘KAMU TERLALU BAIK’

March 10, 2018

 MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber foto: Instagram @ukik_rm

 

Pernah nggak dikomentarin dengan kalimat ‘Kamu terlalu baik’ sama pacar, sahabat, atau orang-orang terdekat? 

 

Awalnya kalimat ini terdengar kayak sebuah pujian, tapi kok kalau direnungin lagi nada orang saat ngomong kalimat ini terdengar aneh, ya? Terlebih lagi ketika kita menyadari kalo kita emang ‘terlalu baik’ seperti apa yang mereka bilang. Pada dasarnya, kita emang sering berbuat baik, kok. Terus apa yang salah ya?

Dalam hubungan pacaran, misalnya. Banyak meme dan guyonan yang isinya nyindir alasan seseorang memutuskan pacaran karena ‘terlalu baik’. Salah satunya komik strip yang dibikin sama akun Instagram @ukik_rm ini.

Sebenernya, apa sih maksud dari kalimat ‘kamu terlalu baik’? Gogirl! nyoba ngasih terjemahannya lewat enam hal di bawah ini.

 

TERLALU SUBMISIF ALIAS YES PERSON

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber gif: giphy

 

Ketika teman kita bilang kalo kita terlalu baik, bisa jadi alasan utamanya adalah kita terlalu sering mengiyakan permintaan tolong orang lain. Nggak ada yang salah dengan menolong orang, tapi kita sering nggak bisa nolak ketika pertolongan yang dibutuhkan bertabrakan sama kepentingan sendiri. Nggak cuma menolong, kita juga sering mengiyakan atau setuju sama berbagai hal, tujuannya tentu aja buat menghindari debat yang memicu konflik. Kita nggak mampu mengutarakan pendapat kita karena takut menyakiti hati orang lain. Akibatnya, kita jadi nyesel sendiri kenapa kita nggak menyuarakan pendapat atau apa yang kita mau. Saking nggak sanggupnya menyakiti hati orang lain, kadang ujungnya kita malah menyakiti diri sendiri.

 

TERLALU NGGAK ENAKAN SAMA ORANG LAIN

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber gif: giphy

 

Sifat nggak enakan ini sebenernya sejalan sama submisif. Tambahannya, nggak enakan membuat kita terlalu sering menawarkan pertolongan. Lagi-lagi nggak ada yang salah dengan kita menawarkan pertolongan, yang salah adalah ketika kita lupa kemampuan kita dalam menolong orang lain. Kita juga sering lupa kalau nggak semua orang mau ditolong dengan alasan mampu mandiri. Dalam pikiran kita, orang lain terlalu malu buat meminta pertolongan, jadi ya harus kita yang menawarkannya duluan. Negatifnya, terlalu sering menawarkan pertolongan bisa jadi malah membuat orang lain ketergantungan dan minta tolong terus sama kita, lho.

 

TERLALU PEMALU ALIAS JAIM

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber gif: giphy

 

Pemalu adalah sifat yang muncul karena takut penilaian dari orang lain. Kadang, pemalu membuat kita terlihat seperti seseorang yang pendiam atau introvert karena selalu menjaga diri dalam berinteraksi sama orang lain. Padahal, pemalu sama pendiam atau introvert itu berbeda. Gogirl! pernah buat artikel lengkapnya tentang ini di Jangan Salah Paham, Introvert Bukan Pemalu Lho. Terlalu pemalu menjadikan kita terlalu sopan dalam berinteraksi, karena kita terlalu takut sama penilaian orang lain tentang kita. 

Mulaidari tindakan, omongan, memperlakukan media sosial, sampe berinteraksi lewat komunikasi teks, kita selalu berada di jalur aman. Istilah kerennya, kita adalah orang yang punya kecenderungan jaim alias jaga image. Daripada dibilang galak, nggak sopan, jutek, nyebelin, dan sifat-sifat negatif lainnya, kita lebih memilih buat terus memelihara sifat pemalu ini. Hati-hati, sifat ini pada akhirnya bisa bikin kita capek karena terus-terusan nggak jadi diri sendiri, lho!

 

SELALU MINTA MAAF DULUAN

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber gif: giphy

 

Tiap kali terlibat dalam konflik sama orang lain, kita selalu jadi pihak yang minta maaf duluan. Padahal, di beberapa kesempatan, bukan kitalah penyebab dari konflik tersebut. Negatifnya, kecenderungan selalu minta maaf duluan bakal membuat orang lain jadi tergantung menunggu permintaan maaf kita. Tiap terlibat dalam konflik, orang tersebut bakal terus menjadi pihak yang menuntut dan menunggu kita minta maaf duluan buat menyelesaikannya. 

Kalo dia pacar atau sahabat kita, singkatnya, dia akan selalu membuat kita jadi pihak yang ‘selalu salah’. Solusinya, kita bisa ngajak dia buat membicarakan masalah secara baik-baik dan dengan kepala dingin. Bersama-sama mengurai, saling minta maaf karena termakan emosi, terus saling pikirin deh apa yang harus dilakukan selanjutnya.

 

MEMBOSANKAN

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK Insert to Post

sumber gif: giphy

 

Makna ini biasanya hanya berlaku buat hubungan pacaran. Sejalan sama komik di atas, kadang ‘kamu terlalu baik’ dijadikan alasan buat putus dari pacar. Kalo ini terjadi sama kita, bisa jadi kita termasuk salah satu dari empat makna yang dijelasin sebelumnya. Dari sifat tersebut, pasangan kita menyimpulkan kalo kita ini nggak cukup challenging buat dia, alias membosankan. Contohnya aja, kalo kita punya sifat submisif. Kita bakal jadi orang yang cenderung selalu setuju dan nggak bisa nolak sama semua yang diomongin pasangan. Atau, kalo kita tipe orang yang pemalu, pasangan tentu bakal bosen terus-terusan menghadapi kita yang nggak kunjung jadi diri sendiri.

 

TERLALU DERMAWAN

 

MAKNA-DI-BALIK-KALIMAT-KAMU-TERLALU-BAIK

sumber gif: giphy

 

Hampir mirip sama sifat nggak enakan yang membuat kita ingin selalu menolong, sifat terlalu dermawan ini kaitannya sama materi. Kita terlalu baik lantaran terlalu mudah meminjamkan uang, barang, atau bahkan memberinya pada orang lain. Saking dermawannya, kita jadi jarang menagih kembali uang atau barang yang orang lain pinjam. Kadang, malah uang atau barang itu ujung-ujungnya jadi nggak kembali sama sekali.

Entah kenapa, malah jadi kita yang merasa bersalah ketika terpikir untuk menagihnya duluan. Kita juga termasuk orang yang mudah memberi uang pada pengemis dan pengamen di jalanan. Negatifnya, kita jadi terlalu naïf karena melupakan fakta kalau para pengemis itu menyalahgunakan empati orang lain.

 

So, komentar ‘Kamu terlalu baik’ yang kamu dapet termasuk ke kategori makna yang mana tuh?

 

 

You may also want to read:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Instagram @ukik_rm, giphy.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar