5 KEUNTUNGAN KULIAH DI JURUSAN YANG DIDOMINANSI COWOK

January 12, 2018

KULIAH-DI-JURUSAN-YANG-DIDOMINASI-COWOK-WHY-NOT?-INI-DIA-5-KEUNTUNGANNYA

sumber foto: Cardiff.ac.uk

 

Beberapa jurusan di kampus emang identik dengan jurusannya para cowok, misalnya aja Information and Technolgy (IT), geologi, animasi, teknik penerbangan, dan banyak jurusan teknik lainnya. Dibanding jumlah mahasiswa, jumlah mahasiswi di jurusan-jurusan ini bisa dibilang kalah telak. Tapi bukan berarti kita nggak bisa jadi bagian dari mereka lho!

 

 

Cowok maupun cewek, kita sebenernya punya kemampuan yang sama kok buat mempelajari ilmu tertentu. So, nggak usah ragu buat milih jurusan apapun kalo minat kita emang ada di sana. Di artikel lalu, Gogirl pernah bahas soal jurusan yang menantang buat para cewek. Nah, sekarang Gogirl! coba ngobrol nih sama beberapa cewek yang kuliah di jurusannya para cowok ini dan ternyata di luar manfaat akademik, banyak banget lho keuntungan yang mereka dapet dari  jadi sedikit cewek di antara banyaknya cowok di jurusan tersebut. Apa aja tuh? Yuk simak!

 

1. LESS DRAMA

“Salah satu kelebihannya adalah nggak banyak drama. Kalo emang ada masalah biasanya juga bakal diomongin langsung, nggak ngomongin di belakang,” kata Kerin, mahasiswi jurusan IT Surya University.

 

sumber gif: gurl.com

 

Sepakat sama Kerin, semua cewek yang Gogirl! ajak ngobrol juga bilang kalo kuliah di jurusan yang didominasi cowok tuh less drama. Nggak heran sih, cowok umumnya nggak baperan kayak kita yang cenderung lebih sensitif dan suka melibatkan perasaan he he.. makannya jarang banget ada masalah besar ketika temenan atau kerja kelompok bareng mereka. Walaupun katanya cowok-cowok ini terkadang kelewat nggak peka sih dan akhirnya kita yang harus nyesuain diri biar nggak emosi sendiri.

 

2. SELALU SIAP NGEBANTU

“Cowok tuh nggak sungkan ngasih bantuan dan lebih bisa diandelin. Misalnya waktu itu kita dapet tugas sclupting yang susah banget, temen gue ini bener-bener ngebantuin sampe selesai. Pas tugas akhir juga temen cowok yang rela begadang nungguin renderan video,” cerita Nadiyah, lulusan jurusan animasi Politeknik Negeri Media Kreatif.

Saphira, lulusan Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) juga nambahin,“Jadi punya ojek pribadi hahaha.. jurusan kita kan emang suka pulang malem. Nah, paling nggak adalah yang selalu mau nganterin pulang”.

 

sumber gif: giphy

 

Yap! Ternyata banyak banget lho gentleman di jurusan-jurusan ini. Katanya temen-temen cowok tuh lebih terbuka buat ngasih bantuan, termasuk bersedia nganter kita pulang dan bantu ngelakuin kerjaan berat kayak bawa barang atau begadang. Entah karena pada dasarnya mereka adalah orang baik atau mereka berusaha ngehargain kita sebagai cewek. Duh, rawan baper deh pokoknya! Ini juga pengakuan narasumber Gogirl! lho btw hi hi..

 

3. SOLIDARITAS KUAT

“Mungkin juga ini faktor kita merantau bareng di Aussie, tapi jadinya we always have each other gitu. Mereka udah berasa kayak kakak sendiri,” cerita Tsabita, lulusan kelas internasional IT Universitas Indonesia.

“Geng-gengan di fakultas ini nggak seberasa di fakultas lain. Pasti ada sih yang ngegeng tapi nggak sampe dibawa ke kelas gitu, jadi pas tugas kelompok nggak satu geng lagi satu geng lagi,” lanjut Wiwit, lulusan Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran.

 

sumber gif: gurl.com

 

Well, bukan berarti cowok nggak geng-gengan ya. Kayak kita, cowok juga punya temen deket kok. Tapi mereka cenderung lebih bisa ngebaur aja gitu sama orang-orang di luar inner circle-nya, ya nggak sih? Bahkan sama kita temen-temen cewek. Makannya biasanya kita lebih solid sebagai satu jurusan atau angkatan, dalam kasus Tsabita malah udah berasa kayak keluarga sendiri :’)

 

4. TERBIASA BUAT LEBIH SANTAI

“Buat cewek yang panikan dan khawatiran kayak aku, dikelilingi banyak cowok tuh juga bikin aku belajar buat lebih easy going,”  lanjut Wiwit.

“Ngebuat aku jadi berpikir lebih logis kalo ngeliat masalah atau apapun itu, walau kadang tetep kebawa perasaan juga sih awalnya,” Saphira nambahin.

 

sumber gif: tenor.com

 

Nah, bener banget nih! Cowok emang biasanya jauh lebih santai daripada kita. Mereka nggak gampang panikan dan selalu berusaha buat berpikir logis ketika menghadapi masalah kayak kata Saphira, nggak kayak kebanyakan cewek yang seringkali lebih ngedepanin perasaan. Well, santai tuh sesekali perlu lho guys biar kita nggak stress sendiri dan berada di lingkungan yang banyak cowoknya kayak di jurusan-jurusan ini bakal ngebuat kita jadi pribadi yang lebih easy going.

 

5. BELAJAR TENTANG COWOK

 

sumber gif: www.reactiongifs.com

 

Kelebihan lain dari punya banyak temen cowok tentunya adalah kita jadi bisa belajar lebih banyak tentang cowok, mulai dari tipe-tipe cowok sampe cara berpikir mereka. Kita juga bisa minta pendapat tentang berbagai masalah yang lagi kita hadapi dari perspektif mereka.

 

Baca juga deh artikel-artikel ini buat tau lebih banyak tentang temen cowok dan pilihan jurusan kuliah:

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar