KITA SEKEDAR SIBUK ATAU PRODUKTIF? CARI TAU BEDANYA YUK!

August 08, 2018

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Focus on being productive instead of busy,” kata penulis ternama Tim Ferriss.“Lah, emang apa bedanya?” beberapa di antara kita mungkin bertanya. Well, nyatanya “sibuk” dan “produktif” bukan merupakan persamaan kata lho! Ketika kita sibuk, belum tentu kita produktif, sedangkan orang yang produktif nggak selalu terlihat sibuk. Feeling productive is not the same as being productive. Jadi ketika kita banyak kerjaan dan karenanya merasa produktif, mungkin aja sebenernya kita sekedar sibuk.  Nah, kita sendiri termasuk kategori yang mana nih? Yuk simak perbedaan di antara keduanya!

 

1. NGGAK PUNYA TUJUAN VS PUNYA TUJUAN

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Salah satu perbedaan utama orang sibuk dan orang produktif adalah tujuan. Kalo orang sibuk biasanya mengerjakan berbagai kegiatan berbeda tanpa tujuan yang jelas, orang produktif cuma disibukkan oleh kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Karenanya setiap langkah orang produktif biasanya juga terukur dan terencana, nggak kayak orang sibuk yang banyak kerjaan tapi nggak jelas mau dibawa ke mana.

 

2. SIBUK DENGAN BANYAK HAL VS FOKUS PADA SEDIKIT HAL

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Kalo kamu ngikutin artikel-artikel Gogirl! sebelumnya pasti tau kan kalo multitasking is not a good idea? Nah, orang yang sekedar sibuk punya kecenderungan buat melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan, berhubung mereka punya banyak banget prioritas – atau lebih tepatnya nggak bisa menentukan prioritas. Sedangkan orang produktif fokus pada sedikit hal yang emang menjadi prioritas mereka, yang tentunya nyambung sama poin pertama, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Dari sini jelas kan kalo produktif nggak sama artinya dengan mengerjakan banyak hal, tapi lebih kepada gimana kita bisa bekerja secara efisien?

 

3. BERTINDAK TANPA BERPIKIR VS BERPIKIR DULU BARU BERTINDAK

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Think before you act! Pasti pernah denger kan nasihat yang satu ini? Yap, berbeda dengan orang sibuk yang cenderung bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu karena mereka terlalu fokus pada apa yang bakal dikerjakannya, orang produktif lebih menitikberatkan kejelasan dari hasil pekerjaannya nanti. Lagi-lagi, mereka nggak bakal melakukan hal-hal yang nggak sesuai dengan tujuan dan nggak memberikan keuntungan apa-apa buat mereka. Karenanya mereka bakal berpikir mateng-mateng dulu sebelum memulai sesuatu.

 

4. MEMBICARAKAN KESIBUKAN VS MEMBUKTIKANNYA DENGAN HASIL

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

“Duh, banyak banget nih kerjaan gue,” kata mereka yang sekedar sibuk kepada orang-orang di sekitarnya ketika orang produktif fokus dengan pekerjaan mereka. Yap, bener banget. Perbedaan lain antara orang sibuk dan orang produktif adalah gimana yang satu semakin sibuk karena mereka memutuskan buat membicarakan kesibukannya, sedangkan yang lain lebih menonjolkan hasil dari apa yang telah dilakukannya. Singkatnya sih orang yang produktif nggak pernah memamerkan kegiatannya yang padet. Mereka biasanya baru bakal bicara setelah berhasil meraih apa yang mau dicapainya.

 

5. FOKUS PADA SEDIKIT WAKTU YANG TERSISA VS BISA MELUANGKAN WAKTU

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

“Gue nggak punya waktu,” adalah kalimat tipikal lain yang seringkali dinyatakan oleh mereka yang sekedar sibuk. Berbeda dengan orang produktif yang selalu bisa meluangkan waktunya untuk hal-hal penting. They don’t use time as excuses. Karena selain bisa managing waktu dengan baik, mereka cuma bakal menganggap penting pekerjaan yang mendukung nilai dan misi mereka. Nggak kayak orang sibuk yang menganggap penting semua pekerjaan karena mereka nggak bisa mengatur prioritas. Orang produktif juga tau kapan mereka harus beristirahat.

 

6. SETUJU TANPA PERTIMBANGAN VS SETUJU DENGAN PERTIMBANGAN

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Coba deh dipikir-pikir, apakah pekerjaan kita menumpuk karena kita adalah tipe yes man yang selalu berkata “ya” terhadap setiap tawaran/permintaan? Misalnya aja, kita mengambil setiap projek yang ditawarkan kepada kita tanpa berpikir atau setuju untuk membantu orang tanpa mempertimbangkan kapasitas kita. Well, asal tau aja, setuju tanpa pertimbangan adalah salah satu ciri-ciri orang yang sekedar sibuk. Sebaliknya, karena orang produktif selalu berpikir sebelum bertindak, mereka hanya akan berkata “ya” setelah mempertimbangkannya.

 

7. MENGERJAKAN SEMUANYA SENDIRI VS TAU KAPAN BUTUH BANTUAN

 

KITA-SEKEDAR-SIBUK-ATAU-PRODUKTIF-CARI-TAU-BEDANYA-YUK

 

Kita punya kebiasaan melakukan segalanya sendirian tanpa bantuan? Pantes aja kita sibuk tapi nggak produktif! Adanya kita dapet capeknya doang. Berbeda dengan orang sibuk yang memilih untuk melakukan segalanya sendiri walaupun mereka punya banyak banget pekerjaan yang harus diselesaikan, orang produktif tau kapan mereka harus membagikan pekerjaannya dengan orang lain. Karena mereka tau kalo terkadang kita harus melakukannya bersama-sama untuk dapat bekerja secara efektif. Lagi-lagi inget kalo mengerjakan lebih banyak hal nggak membuat kita lebih produktif.

 

You may also want to read:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar