KETAHUI 5 TIPS INI SEBELEUM BELI KACAMATA ONLINE

February 10, 2018

KETAHUI-5-TIPS-INI-SEBELEUM-BELI-KACAMATA-ONLINE

sumber foto: unsplash/Scott Van Daalen

 

Sekarang semua barang udah lebih gampang buat dibeli secara online, termasuk kacamata. Selain nggak usah repot-repot pergi ke optik, kacamata yang dijual di online shop juga biasanya lebih murah. Tapi tiap ada kelebihan, ada kekurangannya juga dong pastinya. Salah satu kendala terbesar dari beli kacamata online adalah kita nggak bisa ngeliat bentuk dan nyoba kacamata yang mau kita beli secara langsung. Nah, makannya sebelum itu, coba simak dulu yuk lima tips di bawah ini!

 

 

1. PASTIIN KONDISI MATA KITA

Kekurangan lain dari beli kacamata online adalah kita nggak bisa ngecek kondisi mata kita kayak kalo kita beli di optik. Makannya sebelumnya pastiin dulu kalo kita udah tau minus, plus, atau silinder kita berapa berdasarkan hasil tes/prescription terbaru. Dikutip dari Real Men Real Style, standar validasi prescription kacamata biasanya adalah dua tahun buat orang dewasa dan satu tahun buat kita yang lebih muda. Nggak ada salahnya juga kok kalo kita ke optik cuma buat cek mata terus tetep beli secara online karena jatohnya bakal lebih murah.

 

2. PASTIIN UKURAN KACAMATA

Selain kondisi mata, kita juga harus tau ukuran kacamata kita. Buat yang pertama kali beli, kita bisa ukur sendiri wajah kita atau buat yang udah punya sebelumnya, gampangnya tinggal jadiin kacamata lama kita sebagai patokan. Biasanya tiap online shop udah ngasih rincian lebar lensa/diameter, lebar bridge/nosepad (jarak antara lensa kanan dan kiri), panjang gagang, dan tinggi frame. Berdasarkan info-info tersebut, pastiin terlebih dahulu apakah kacamata yang kita mau ukurannya pas atau nggak dengan wajah kita karena bakal nentuin banget kenyamanan kita dalam menggunakan kacamata.

 

3. PILIH FRAME YANG TEPAT

Hal selanjutnya yang harus kita perhatiin adalah frame. Selain ukuran frame, kita juga harus tau bentuk frame kayak gimana yang cocok sama wajah kita. Misalnya aja, bentuk wajah bulat lebih cocok dengan frame berbentuk kontak. Sedangkan kebalikannya, bentuk wajah kotak lebih cocok dengan frame berbentuk bulat. Karena kita nggak bisa nyobain satu-satu pilihan frame yang tersedia, coba liat dulu deh contekan lengkapnya di  TIPE KACAMATA MANA YANG SESUAI BENTUK WAJAH KAMU? . Oh ya, pilih juga warna frame yang cocok sama warna kulit kita ya!

 

4. PILIH MATERIAL YANG PAS

Material kacamata adalah hal lain yang juga harus kita jadiin pertimbangan. Dikutip dari informazone, frame kacamata kebanyakan terbuat dari bahan plastik, aluminium, titanium dan logam. Tiap bahan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, di antaranya:

  • Titanium – Kelebihan: lebih tahan lama. Kekurangan: karena bahannya susah dibentuk, variasinya jadi nggak banyak;
  • Plastik –  Kelebihan: murah, ringan (jadi nggak sakit kalo dipake dalam waktu yang lama), dan bentuknya lebih bervariasi. Kekurangan: rapuh banget jadi lebih gampang rusak.
  • Logam/metal – Kelebihan: beratnya sama dengan plastik tapi jauh lebih kuat. Kekurangan: bisa menimbulkan alergi buat yang nggak cocok.
  • Aluminium – Kelebihan: nggak gampang patah, catnya nggak gampang terkelupas, dan bridge-nya bisa diatur. Kekurangan: modelnya kurang variatif.

 

5. PASTIIN ONLINE SHOP TEMPAT KITA BELI TERPERCAYA

Last but not least, kayak gimana kita belanja barang-barang lain secara online, pastiin kalo online shop tempat kita beli kacamatan ini trusted. Karena testimoni dan jumlah followers bahkan bisa nipu, coba cek komen dan googling dulu deh nomer rekening yang bersangkutan sebelum kita mutusin buat transfer uang. Kalo online shop ini emang pernah nipu, biasanya udah ada yang ngelaporin sebelumnya. Kita juga bisa minta rekomendasi online shop ke temen yang udah pernah beli kacamata online sebelumnya. Buat tau lebih banyak tips, baca juga deh: INI 5 TIPS AMAN BUAT BERBELANJA DI ONLINE STORE.

 

Baca juga yuk artikel tentang kacamata dan belanja online lainnya:

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar