KENAPA SIH PUNYA BANYAK PERASAAN BAIK UNTUK KESEHATAN?

April 16, 2018

KENAPA-SIH-PUNYA-BANYAK-PERASAAN-BAIK-UNTUK-KESEHATAN

sumber foto: www.sciencedaily.com

 

Kita harus tau kalo happiness bukan satu-satunya perasaan yang bisa bikin kita sehat terus. Gimana kita excited, amused, proud, strong and cheerful yang dirasain sehari-hari ternyata juga penting untuk kesehatan kita. Mungkin selama ini kita berpikir kalo bahagia terus bisa membuat seseorang keliatan awet muda karena nggak ngalamin stres dan sebagainya. Padahal selain bahagia, masih banyak positive emotions yang sering kita alami sehari-hari dan nggak kita sadari ternyata good for our health juga. Sekarang pertanyaannya why having lots of feelings is good for our health sih? Jawabannya bakal Gogirl! kasih di artikel berikut ini.

 

 

Dalam sebuah studi nunjukkin ternyata orang yang mengalami widest range of positive emotions punya tingkat inflammation yang rendah di tubuh mereka. Lower inflammation bisa diartikan sebagai penurunan risiko penyakit kayak diabetes dan heart disease. Penelitan sebelumnya juga nunjukkin kalo emosi positif mungkin punya efek anti-inflammatory pada tubuh kita. Tapi penelitian yang baru, dipublikasikan dalam Jurnal Emotion melihat apakah rentang dan macam-macam perasaan itu berperan juga untuk kesehatan tubuh kita.

Ternyata menurut teori evolusi emang benar, rentang dan macam-macam emosi akan berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita. Ini sama kayak manfaat dan keunggulan dari biodiversity/keragaman hayati. Dan penelitian terbaru mengatakan tingkat emosi positif yang besar dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental dengan mencegah emosi berlebihan atau memperpanjang satu emosi apa pun dari mendominasi kehidupan emosional kita.

Penelitian ini melibatkan 175 orang dengan mengikuti perjalanan emosi mereka selama sebulan dan mencatat seberapa sering dan kuat mereka mengalami masing-masing 32 emosi yang berbeda; yaitu 16 emosi positif kayak antusias, ketertarikan, dll dan 16 emosi negatif kayak merasa takut, upset, gelisah, dan capek. Enam bulan kemudian, ilmuwan menguji sampel darah mereka untuk penanda systemic inflammation, faktor risiko yang diketahui mempengaruhi banyak kondisi kesehatan kronis bahkan sampe menjadi penyebab kematian. Yang ditemukan dari penelitian ini adalah orang yang merasakan banyak emosi positif per harinya akan:

 You may also want to read: CONTEK 10 CARA SI PRIBADI NYANTAI JALANIN HIDUP ANTI STRES

MEMILIKI INFLAMMATION RENDAH

Secara keseluruhan orang dengan tingkat emosi positif yang besar dalam kesehariannya punya inflammation atau risiko penyakit kronis yang rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat emosi positif yang kecil. Meskipun frekuensi keseluruhan emosi positif mereka sama lho. Sayangnya belum ada penelitian yang meniliti keadaan sebaliknya, kenapa orang dengan tingkat emosi positif yang kecil cenderung punya inflammation yang tinggi pula.

 You may also want to read:  GINI TIPS CARA MENGONTROL EMOSI YANG BAIK

MENCEGAH EMOSI BERLEBIHAN

Selain baik untuk kesehatan fisik, punyak banyak emosi positif juga bisa menjaga kesahatan mental kita girls. Caranya dengan mencegah emosi berlebihan. Tau kan kalo punya satu emosi yang berlebihan bisa membuat kita stress juga. Orang sering bilang “jangan terlalu kebawa emosi”, nah itu dia girls, kalo kita punya emosi berlebihan kita jadi serba salah karena berdampak nggak enak ke diri kita, bahasa gaulnya baper (bawa perasaan). Nah, kalo kita punya tingkat emosi positif yang besar kita jadi bisa mengontrol emosi supaya nggak berlebihan dan membuat diri kita lebih tenang.

 You may also want to read:  INI CARA MEREDAM EMOSI SAAT BERANTEM SAMA PACAR

MEMPERPANJANG SATU EMOSI DARI MENDOMINASI KEHIDUPAN EMOSIONAL

Maksudnya adalah kita bisa memperpanjang satu emosi untuk kita rasakan supaya emosi yang lain nggak terlalu mendominasi kehidupan emosional kita. Misalnya, ketika kita sedang capek dan perasaan itu mulai mendominasi emosional kita, cobalah perpanjang satu perasaan positif supaya perasaan capek itu nggak jadi mendominasi emosional kita. Mungkin sebelumnya kita merasa senang karena bisa bertemu teman lama tapi ketika sampai rumah kita merasa capek. Perasaan senang tersebut coba untuk kita perpanjang dengan mengingat kembali kejadian tersebut.

 You may also want to read: NGGAK CUMA BAPER DAN GALAU, 10 EMOSI INI JUGA DIALAMI REMAJA

PERHATIKAN INNER EMOTIONS

Dari beberapa manfaat yang kita rasakan saat punya emosi positif yang besar, kita bisa memaksimalkannya asal cermat mengetahui emosi kita. Pay attention to our inner emotions, sadarilah apa yang dalam hati kita sedang rasakan. Setelah itu kita mulai menganalisa situasi apa yang membuat kita bisa merasakan emosi tersebut. Dengan begitu kita bisa tau apa yang membuat kita merasa nyaman dan bersemangat. Jadi kita bisa mendalami emosi tersebut supaya emosi buruk yang mendominasi kita bisa sedikit berkurang.

Kita bisa liat dari hasil penelitian ini ngebuktiin sebenernya perlu untuk kita merasa amused, excited, proud, strong, cheerful, dan emosi-emosi positif lainnya dibandingkan kita merasa sebaliknya setiap hari. Karena secara scientific udah terbukti dengan memiliki pengalaman emosi-emosi tersebut bisa mengurangi risiko terkena penyakit.

 You may also want to read: SUPAYA NGGAK DIBILANG EMOSIAN, INI CARA NGONTROL EMOSI KITA

Written by Shintia Dwi Savitri
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar