GIMANA CARA KITA NYIKAPIN HARAPAN DAN REALITA HIDUP?

December 03, 2018

KENAPA-KITA-HIDUP-DIANTARA-HARAPAN-DAN-REALITA

 

Saat kenyataan yang terjadi sesuai dengan harapan kita, pasti kita ngerasa seneng dan puas! Tapi saat kenyataan yang ada terasa jauh dari harapan, saat itulah hidup terasa sangat nggak bersahabat. Bikin kita berpikir bahwa life is just series of unfortunate events.

 

 

REALITY BITES

 

KENAPA-KITA-HIDUP-DIANTARA-HARAPAN-DAN-REALITA

 

Dalam hidup, manusia pasti mengejar satu hal; KEBAHAGIAAN. Tapi di samping itu, nyatanya kita juga diberi kesedihan, kegagalan, kekecewaan dan kehilangan yang dialami jutaan manusia di dunia ini. Dan harapan kita nggak selalu jadi kenyataan. Hal ini emang kadang bikin sedih dan hidup terasa nggak adil. Well, WE BLEED JUST TO KNOW WE’RE ALIVE.

Nggak sedikit orang yang “jatuh” dan nggak sanggup bangkit lagi setelah menghadapi pahitnya realita hidup. Misalnya, orang putus cinta, trauma pacaran lagi, orang yang terus menerus meratapi penderitaannya dan ngerasa jadi orang paling merana sedunia, atau orang yang langsung menyerah berusaha setelah dikalahkan kegagalan. Ironisnya lagi, ada orang yang memilih atau sekedar berniat bunuh diri daripada berjuang hidup saat dihadapkan pada masalah yang menurutnya berat. Wah.. padahal nggak perlu seperti itu kalo kita bisa ngeliat kenyataan pahit dari sisi yang berbeda.

 

JURANG PEMISAH

 

KENAPA-KITA-HIDUP-DIANTARA-HARAPAN-DAN-REALITA

 

Kenapa setiap kali kita mengharapkan sesuatu banget banget, akhirnya malah nggak terkabul, tapi saat kita nggak terlalu menginginkannya, alias santai aja, eh malah dapet!? Jawabannya.. because that’s just the way it is. Life is not always easy and smooth as we wish. The world need balance, makanya, when everything goes to smooth, kita patut curiga karena that’s not the way it is.

Emang ada jurang tak terlihat yang memisahkan harapan dan kenyataan. Makin lebar jurangnya, makin terasa penderitaannya, makin kerasa berat pula hidup yang harus dijalani.

Sebagai manusia, kita cuma bisa ngelakuin usaha terbaik untuk mewujudkan harapan. Kalo kenyataannya nggak sesuai, positive thinking aja kalo itu yang terbaik buat kita. Terima sebagai ups and downs kehidupan. Bayangin kita lagi gambar grafik kehidupan dan saat itu lagi merosot jatuh ke bawah. Sometimes we learn the best thing in life from the worst thing happen.

 

BELAJAR DARI ORANG LAIN

 

KENAPA-KITA-HIDUP-DIANTARA-HARAPAN-DAN-REALITA

 

Tulisan ini nggak bermaksud nasihatin kalian tentang kenyataan hidup kok. Karena Gogirl! tahu, ahli atau guru sepintar apapun, nggak akan ada yang menyaingi hebatnya pengalaman. Cuma pengalaman yang kita alami sendiri yang akan mengajari kita tentang kenyataan hidup.

Tapi mengingat kita minim pengalaman karena umur yang masih muda, kita masih harus rajin-rajin dengerin dan belajar dari pengalaman orang lain. Udah pernah lihat temen yang tangan dan kakinya patah gara-gara bawa motor ugal-ugalan. Pernah lihat Om HARUS ngejalanin operasi jantung dengan kemungkinan berhasil cuma 50% gara-gara kebanyakan ngerokok. We know what to do.

Belajar dari pengalaman orang bisa menghindari kita mengalami kejadian yang sama. Tapi tentu aja kita punya Master Planner, yaitu Dia yang berkuasa di atas sana. Yang pasti, selalu ada hikmah di balik setiap kejadian.

 

 

Written by Ika Virginaputri, rewritten by Kartika Afriyani
Photo Source:
pixabay, shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar