KENALI 5 TIPE-TIPE FAKE FRIENDS INI DAN CARA MENGHADAPINYA

October 26, 2018

KENALI-5-TIPE-TIPE-FAKE-FRIENDS-INI-DAN-CARA-MENGHADAPINYA

 

Istilah fake friends ini pasti sering banget deh kita denger. Biasanya, istilah ini digunain buat nyebut temen yang cuma pura-pura aja bertemannya. Mereka punya maksud lain yang tersembunyi ketika berteman dengan kita. Kalo kita lagi down misalnya, fake friends ini nggak ngelakuin apa yang seharusnya temen lakuin. Nah, ternyata teman palsu ini nggak cuma ada satu tipe aja lho. Ada beberapa tipe lainnya yang wajib kita waspadain karena siapa tau aja sadar nggak sadar kita milikin juga. Let’s check these out, girls!

 

 

1. SANG PEMUJI

Being complimented is a part of human nature. Makannya udah nggak aneh lagi kalo kita emang seneng dipuji sama orang lain. Tapi kita juga harus hati-hati lho, girls.  Bisa jadi orang yang seneng muji kita itu punya maksud tersendiri di balik ucapan manisnya. Kebanyakan dari fake friends di tipe ini, mereka muji kita cuma untuk nyanjung kita aja dan ingin ngambil kesempatan buat deketin kita. Misalnya, mereka muji kita cuma biar bisa deket sama kita supaya mereka bisa bawa manfaat tersendiri. Coba lihat deh, kalo misalnya kita lagi butuh, apa orang yang seneng banget muji kita ini mau bantuin kita seperti temen pada umumnya? Kalo ternyata mereka nggak mau, hati-hati aja, bisa jadi temen kita itu cuma fake aja.

 

2. SANG PANJAT SOSIAL

Sesuai dengan namanya, tipe yang satu ini ngeliat temen sebagai sesuatu yang materialis seperti barang mahal yang bisa menaikkan status sosialnya. Mereka sering ngeliat seseorang dengan cara ngeliat barang-barang yang dipake orang itu. Kalo mereka pikir temen itu nggak worth it lagi untuk naikkin statusnya, mereka bakal ninggalin kita gitu aja. Tipe ini biasanya nggak pedui dengan perasaan kita atau keinginan kita karena mereka cuma peduli dengan diri mereka sendiri.

 

3. SANG RIVAL

Buat fake friends tipe ini, mereka selalu ingin menjadi rival kita diam-diam. Misalnya, ketika kita beli hp baru, mereka biasanya langsung kepengen banget beli yang lebih dari yang kita punya. Kalo kita punya achievement baru, bukannya ngasih selamat, mereka ngerasa tertantang untuk punya achievement yang lebih dari yang kita punya. Ketika temennya harusnya ikut seneng dengan apa yang kita raih, mereka malah diem-diem sebel sendiri meskipun tetep baik di depan kita.

 

4. SANG PRETENDER

Mereka terlihat seperti teman kita yang sebenernya, tapi ternyata nggak juga lho. Mereka emang bisa ramah dan asyik banget buat seru-seruan, tetapi nggak ada rasa setia yang melekat sama mereka untuk temenan sama kita. Apalagi, kalo mereka pikir ada hal yang bisa memengaruhi mereka secara negatif, mereka akan berpura-pura nggak temenan sama kita. Sedangkan teman yang sebenarnya akan selalu ada untuk kita saat di masa sulit kita, tipe teman yang seperti  ini nggak akan peduli dan nggak akan mikirin apa yang kita rasain.

 

5. SANG PENGKHIANAT

Dengan teman tipe yang ini, kita pasti pernah dulu bertemen dekat. Tetapi karena ada hal yang ngebuat hubungan pertemenan kita berubah, mereka diam-diam ngelakuin sesuatu di belakang kita. Misalnya, mereka ngomongin kita dan segala kejelekan di belakang kita ke orang lain yang sebel sama kita. Sayangnya, tipe yang seperti ini cuma bisa ketauan kedoknya kalo kita sudah menyadari bahwa mereka berkhianat.

 

HOW TO HANDLE FAKE FRIENDS

Kalo kita masih ingin berteman dengan teman seperti tipe di atas, coba jaga jarak agar jangan terlalu dekat sampe buat kita ngebatin sendiri. Di jarak yang cukup ini, kita juga harus tetap aware dengan perlakuan mereka dan gimana cara mereka berteman sama kita. Ini bisa jadi ngebuat mereka juga sadar dengan sifat negatif mereka. Kalo udah kelewat batas, coba kita ajak mereka ngobrol dan omongin apa yang buat kita ngerasa nggak enak sama mereka. Tapi, kalo kita jadi capek sendiri gara-gara temenan sama mereka, jangan paksain untuk terus berusaha bertemen sama mereka. Siapa tau dengan ini, mereka jadi sadar dan bisa berubah. Semangat, girls!

 

 

Written by Aulia Khairunisa (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar