PUNYA IBU WORKING MOM? INI KEUNTUNGANNYA!

December 05, 2017

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Pernah ngerasa bete karena ibu sibuk dengan kerjaannya?  Misalnya pas ibu pulang malem karena lembur atau pas ibu nggak bisa dateng ke acara sekolah padahal orangtua murid lain bisa-bisa aja nyempetin hadir. Nggak bisa dipungkiri, pasti ada rasa kecewa dalam hati ketika ibu nggak bisa selalu ada buat kita. Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata berdasarkan penelitian, jadi anak dari working mom tuh banyak kelebihannya?

 

Since this is a sensitive subject, sebelumnya Gogirl! pengen menjelaskan bahwa Gogirl! nggak berusaha bilang bahwa ibu bekerja itu lebih baik dari ibu yang tidak bekerja ya... All moms are super-human!! Benefit dari stay at home mom juga nggak kalah banyaknya, hanya aja di artikel ini, Gogirl! pengen ngajak kita semua tetap bersyukur dan make the most of our life, apapun siatuasi dan kondisinya, termasuk ketika ibu kita adalah ibu bekerja. ; )

Data penelitian dari Internation Social Survey Program yang ngelibatin 50,000 orang dewasa dari 25 negara, nunjukin kalau peran ibu yang bekerja punya pengaruh terhadap kehidupan anaknya ketika dewasa. Banyak juga survey lain yang neliti topik serupa dan bener, jadi anak dari working mom tuh ternyata banyak positifnya. Ini dia beberapa di antaranya:

 

1. MORE INDEPENDENT

 

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Anak dari working mom biasanya lebih mandiri. Mungkin karena dalam beberapa kesempatan, ibu nggak ada buat ngasih bantuan, kita jadi terbiasa ngelakuin banyak hal sendiri. Bukan berarti kita nggak dipeduliin sama sekali ya, tapi ibu yang bekerja biasanya udah ngajarin anak-anaknya untuk bisa ngelakuin hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhannya sendiri sejak kecil. 

 

2. MORE RESPONSIBLE

 

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Anak dari working mom biasanya udah dikasih tanggung jawab atau duty tertentu sejak kecil. Misalnya aja karena ibu capek abis kerja, kita dibiasain untuk handle tugas cuci piring atau buang sampah. Kebiasaan positif ini katanya terbukti bermanfaat nantinya di dunia kerja lho. Berdasarkan penelitian, anak perempuan yang punya ibu bekerja di luar rumah lebih mungkin punya pekerjaan juga saat besar nanti dan cenderung megang banyak tanggung jawab di tempatnya bekerja.

 

3. POSITIVE ROLE MODEL

 

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Yes, working mom is great role model for us - her daughter. Dilansir dari HealthyChildren.org, ibu yang bekerja bisa ngasih pemahaman ke anak perempuannya kalau wanita juga punya pilihan karier yang beragam. Selain untuk membantu finansial keluarga, keputusan ibu untuk bekerja biasanya juga didasari oleh keinginan mereka untuk mengejar passion. Kita sebagai anak jadi paham kalau passion nggak harus dikubur gitu aja, ketika seorang perempuan menikah dan berkeluarga. Selama masih bisa membagi waktu, why not?

 

4. MORE QUALITY TIME

 

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Quality over quantity! Waktu yang kita habiskan dengan ibu yang bekerja biasanya lebih berkualitas karena mereka tahu kalau waktu yang ada terbatas. Working mom juga katanya lebih terbiasa menjadwal kegiatan apa yang pengen mereka lakuin bersama anaknya saat punya waktu luang. Pernah nggak sih ibu kamu tiba-tiba cuti deket-deket long weekend biar kalian sekeluarga bisa liburan bareng? So, jangan sedih kalau ibu terkadang sibuk dan nggak bisa nemenin kita di saat-saat tertentu guys, karena mereka pasti bakal berusaha untuk ngebayarnya di lain waktu with more quality.

 

5. BETTER SKILLS

 

INI-DIA-KELEBIHAN-KITA-SEBAGAI-ANAK-DARI-WORKING-MOM

 

Penelitian ngebuktiin kalau anak dari working mom biasanya punya skill sosial maupun skill kehidupan sehari-hari yang baik. Skill kehidupan terasah dari apa yang udah digambarin di poin tentang kemandirian dan tanggung jawab. Sedangkan skill sosial katanya biasa didapetin oleh anak dari working mom ketika kita mau nggak mau harus bersosialisasi sama orang lain selain orangtua, misalnya aja kakek dan nenek yang ngebantu ngurus kita pas kecil atau pembantu rumah tangga yang kerja di rumah. Yap, there’s always a bright side to every situation!

 

 

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
www.charlottemomsblog.com, tenor
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar