INI DIA 5 TIPS PENTING MENGHADAPI ONLINE INTERVIEW

September 14, 2018

INI-DIA-5-TIPS-PENTING-MENGHADAPI-ONLINE-INTERVIEW

 

Seiring perkembangan teknologi, rasanya berkomunikasi bisa dilakukan kapan pun dan di mana  pun lewat berbagai aplikasi yang menyediakan layanan video call. Hal ini lah yang membuat perusahaan-perusahaan pun banyak memanfaatkan video call untuk berkomunikasi demi melakukan efisiensi kerja. Kita nggak harus menunggu sampe si pimpinan perusahaan kembali dari luar negri untuk mewawancara kita. Perusahaan juga nggak harus kehilangan waktu menunggu kita yang sedang terjebak macet untuk tiba di kantor dan memulai wawancara tepat waktu. Soalnya sekarang ini semua bisa dilakukan via online. Buat kita yang belum terbiasa dengan wawancara lewat online, ini lah 5 cara menaklukkan wawancara via online.

 

1. SIAPKAN ALAT-ALAT PENDUKUNG ONLINE INTERVIEW

Sebelum kita memulai online interview, pastikan kita sudah menyiapkan semua fitur-fitur yang dibutuhkan untuk melakukan interview ya.  Contohnya aja, beberapa alat pendukung seperti mikrofon tambahan, earphone sampai ke internet yang harus dipastikan berjalan lancar tanpa hambatan. Jangan lupa juga gadget yang digunakan seperti laptop atau smartphone sebelumnya wajib kita install dengan aplikasi pendukung. Dalam proses wawancara kerja kita harus mampu menghindari kesan tidak profesional hanya karena kita tidak ada persiapan. Soalnya nggak lucu banget kal0 saat interview kita meminta ijin untuk mengambil beberapa alat-alat yang seharusnya sudah kita siapkan.

 

2. PILIH TEMPAT YANG TEPAT DAN SESUAI

Selanjutnya yang wajib banget kita lakukan adalah memilih tempat yang sesuai dan mendukung. Walaupun nantinya sang interviewer kita hanya melihat sebagian, tapi bukan berarti kita bisa sembarangan memilih lokasi. Sekedar saran kita bisa memilih tempat yang lebih tenang dan bebas gangguan, jangan seperti di restoran, kafe atau mall yang notabennya tempat tersebut adalah public access (tempat umum). Jika kita harus banget memilih kafe atau tempat umum untuk dijadikan lokasi online interview kita, pastikan memilih kafe dan restoran yang sepi ya, sehingga mengurangi kebisingan.

Berbicara soal lokasi melakukan online interview, tempat terbaik sih tetap di rumah sendiri atau kamar pribadi kita. Kita cuma perlu singkirkan barang-barang yang dapat mengganggu atau barang-barang yang tidak enak dipandang dan usahakan background kita di kamera tetap terlihat jelas, bersih dan rapi. Oh iya satu lagi, pastikan juga tak ada lampu atau jendela di belakang agar siluet kita tidak terlihat gelap di layar kamera ya.

 

3. LATIHAN DAN SIAPKAN SEBUAH NOTES KECIL

Ingat, practice makes perfect. Latihan dulu dan simulasikan wawancara yang akan kita lakukan lewat kaca atau latihan langsung via online dengan teman kita. Dari latihan ini kita bisa mengevaluasi posisi duduk kita, penerangan ruangan, kejelasan suara, dan penampilan kita saat diwawancara.

Selain itu jangan lupa memanfaatkan salah satu keuntungan wawancara lewat online, dimana pewawancara nggak bisa lihat isi meja kita. Kita bisa menyiapkan catatan-catatan kecil berisi jawaban pertanyaan yang mungkin diajukan atau bahkan daftar pertanyaan kita pada pewawancara, yang kita lupa karena terlalu gugup. Tapi ketika menjawab, jangan terlalu terpaku pada catatan tersebut sampai lupa menatap kamera. Ingat catatan kita hanya bersifat membantu, bukan sebagai naskah pidato kita.

 

4. GUNAKAN PAKAIAN YANG MEMBUAT KITA TERLIHAT PROFESSIONAL

Selain bergantung pada kemampuan dalam menjawab pertanyaan wawancara, pakaian kita juga merupakan hal yang sangat berpengaruh pada hasil interview kita lho. Meski tak bertemu secara langsung, penting untuk kita memilih pakaian yang pantas dan membuat kita terlihat seperti seorang yang profesional saat akan melakukan online interview. Nah, untuk pemilihan warna pakaian saat akan melakukan interview, menurut Nerissa Chaux, Co-founder Brown & Chase Talent Acquisition & Advisory, berkata bahwa warna gelap seperti navy, hitam, atau abu-abu adalah warna yang sangat dianjurkan untuk wawancara online. Sebab, warna-warna netral tidak akan menimbulkan persepsi yang berbeda. Berbeda dengan warna-warna mencolok, seperti merah misalnya. Alih-alih terlihat berani dengan warna merah, kita malah bisa terkesan menantang.

Selain warna pastikan juga pakaian kita terlihat sopan, bersih dan rapi ya. Sebagai pilihan, kita bisa mencoba menggunakan kemeja putih, rok hitam ditambah blazer berwarna netral seperti abu-abu atau warna-warna nude. Jangan lupa juga untuk lebih menunjang penampilan kita, kita bisa menggunakan sedikit makeup dan merapikan rambut kita ya girls.

 

5. PERHATIKAN BODY LANGUAGE KITA

Hal penting terakhir yang harus kita perhatikan adalah body language kita. Menurut Judy Sahay, Director of Crowd Media Group, mengatakan bahwa ia pernah melakukan wawancara via online, dan orang yang diwawancara terlihat sangat gugup ketika wawancara dimulai. “Tak salah jika kita gugup di awal wawancara – hal ini justru menunjukkan bahwa kita benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Namun sejalannya waktu, kita harus terbiasa dan menguasai diri dengan baik,” ujar Judy. Tips lain dari Judy: buat kontak mata ketika sedang wawancara, tak peduli segugup apapun kita. Berpaling di tengah wawancara (terutama ke arah kiri kita) menunjukkan bahwa kita sedang berbohong atau menutupi sesuatu.

Jadi walaupun kita dan pewawancara nggak bertemu secara langsung, kita tetap harus menunjukkan kesan bahwa kita merasa antusias dan nggak meremehkan percakapan kita. Tetap tersenyum, bicaralah dengan jelas dan bersemangat, dan tunjukkan tanda-tanda bahwa kita mendengar dan memahami pertanyaannya, misalnya dengan mengangguk.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa GoGirl! sharing. Good luck buat kalian yang mau melakukan interview secara online, semoga kalian bisa mendapatkan jabatan yang diinginkan ya.

 

You also want to read:

CONTEKAN SAAT KITA DIPANGGIL HRD BUAT INTERVIEW KERJA

A GREAT LOOK FOR A GREAT INTERVIEW

MENARIK PERHATIAN INTERVIEWER SAAT WAWANCARA KERJA

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar