MAININ PERANAN TERBAIK DI SETIAP HUBUNGAN PERSONAL KITA

January 07, 2019

IM-SOMEBODYS-SOMEBODY

 

Life is too short untuk dijalani dengan biasa-biasa aja. To make the best of our life, kita harus melakukan yang terbaik dan be outstanding dalam setiap peran yang kita jalani sehari-hari. Apakah itu sebagai seorang anak, pacar, teman, kakak, ataupun jadi seorang adik. So, what should we do to be somebody’s somebody?

 

 

AN OUTSTANDING DAUGHTER

 

IM-SOMEBODYS-SOMEBODY

 

Karena hampir setiap hari ketemu, kita menganggap segala pemberian dan kasih sayang ortu adalah hal yang biasa. Akibatnya, rasa penghargaan kita jadi berkurang. To be an outstanding child, give your parents respect that they deserve, nggak susah kok!

  • Jangan Pelit Berterima Kasih. Untuk seminggu ke depan, coba untuk selalu berterimakasih setiap Papa atau Mama melakukan hal yang selama ini kita anggap biasa. Lalu perhatiin, adakah bedanya?
  • No Complaining. Kalo disuruh bantu-bantu di rumah, segera lalukan tanpa mendebat panjang lebar. Kalo disuruh belajar, langsung matikan TV dan kerjain PR. Kalo disuruh pijitin Papa, ayo keluarkan jurus-jurus pijat terbaik kita.
  • Do More Than You’re Expected. Kalo Mama minta kita cuci piring, sekalian aja lap wastafel-nya. Kalo biasanya ortu cukup puas nilai rapor kita nggak merah, coba usahakan nggak ada nilai di bawah 7. Kalo papa (akhirnya) ngasih izin kita nyetir sendiri, sekalian dong kuasai cara perawatan mobilnya.

 

AN OUTSTANDING SISTER

 

IM-SOMEBODYS-SOMEBODY

 

Kakak atau adik kita adalah orang yang paling mengerti kita sehari-hari, mereka melihat kita apa adanya. Siblings bukan cuma saudara sedarah, mereka juga teman seumur hidup. Jadi alangkah baiknya kalo kita selalu akur dan jadi outstanding sister for them.

  • Be Their Guardian. Saling menjaga adalah rule#1 for every sisterhood ataupun brotherhood. Siapa bilang cuma kakak cowok yang bisa jagain kita dan nggak bisa sebaliknya? We can protect him from choosing a wrong girlfriend atau selalu ngingetin buat berhenti merokok.
  • Be Their Role Model. Kalo kita punya adik, maka menjadi role model adalah tugas kita seumur hidup. Semua langkah dan pilihan hidup kita akan selalu diliat mereka. Kalo adik kita sampai nggak naik kelas atau terjerumus hal negatif, (sebagian) juga tanggung jawab kita.
  • Be The Bridge. Kalo si abang lagi diem-dieman sama Papa, coba kita usahakan perdamaian dengan menjadi pihak netral. Kalo si adik lagi dimarahin Mama, coba buka forum diskusi supaya masalah bisa diselesaikan. Dengan tidak berpihak dan selalu mencari jalan tengah, kita juga makin disayang seisi rumah.

 

AN OUTSTANDING GIRLFRIEND

 

IM-SOMEBODYS-SOMEBODY

 

Pepatah bilang kalo perasaan dicintai dan mencitai adalah anugrah terindah. Untuk jadi pacar yang nggak standar, kita nggak harus melakukan hal-hal di luar batas wajar kok!

  • Jangan Manja. Dengan selalu minta dintar jemput atau ditemani, akan membuktikan kalo kita adalah cewek yang nggak mandiri dan kurang tangguh. Lagian kalo keseringan ketemu, pacaran jadi terasa garing karena kangennya berkurang lho!
  • Sweet Surprises. Sekali-sekali, coba kasih kado kecil kecil ke pacar di saat yang paling dia nggak sangka-sangka. Nilainya nggak harus mahal. Bisa kita kirim satu slice cake ke kelasnya, tiba-tiba muncul di salah satu pertandingan basketnya, atau datang ke rumahnya dengan seloyang lasagna buatan sendiri. Hmm... bisa-bisa kita juga dihujani kejutan-kejutan balasan darinya!
  • Don’t Say “Yes” All The Time. Mentang-mentang dia pacar kita, jangan otomatis setuju pada setiap pendapat dan kelakuan negatifnya. Kalo dia melakukan sesuatu yang bertentangan dengan jalan pikiran kita, utarakan saja. Mungkin awalnya dia ngerasa BT, tapi setelahnya tentu dia akan menilai kita sebagai pacar yang bisa memberi nasihat positif dan punya prinsip yang kuat.

 

AN OUTSTANDING FRIEND

 

IM-SOMEBODYS-SOMEBODY

 

“A good friend is a connection to life –a tie to the past, a road to the future, the key to sanity in a totally insane world.” - Lois Wyse.

Semua pasti setuju kalo friendship is one of the greatest thing in the world. Tapi persahabatan nggak terjadi dengan mudah tanpa usaha lho! Untuk mewujudkan persahabatan yang solid, we need to upgrade our friendship skills.

  • Open Up. Dengan membuka diri dan membiarkan teman mengenal kita apa adanya, kita membuat mereka merasa dipercaya dan berharga. Wajar aja kalo kita merasa nggak nyaman atau gugup dengan penilaian orang, tapi kalo terlalu tertutup, jalan kita untuk mendapatkan temen sejati juga bisa tertutup. Eits, tapi hati-hati juga untuk memilih siapa yang pantas kita percayai!
  • No Gossiping. Siapa sih yang suka diomongin? Apalagi kalo penyebar gosip adalah temen sendiri! Kepercayaan adalah hal vital dalam persahabatan. Kalo ada hal yang kita nggak suka dari seorang sahabat, bisa langsung bilang padanya. Never Talk behind her back.
  • Bring Out The Best Of Her. Banyak orang nggak bisa mengeluarkan potensi maksimalnya, simply because ngga ada orang yang menyemangati dan ngingetin dia kalo dia bisa. Temen yang luar biasa mampu membuat sahabatnya melakukan hal besar yang dia kira dia nggak mampu. Terus beri dia dorongan sampai dia berhasil mencapai cita-citanya.

 

Sadar nggak, ternyata cara membuat diri kita outstanding justru dengan menomorsatukan orang lain. Kalo kita mampu membuat orang lain merasa penting, you’ll also win their heart and attentions.

 

 

Written by Gracia Silaban, rewritten by Pratamanita Utami Rahayu
Photo Source:
the huffington, shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar