LISTEN UP GIRLS, THIS IS HOW YOU DEAL WITH BODY INSECURITY’

December 09, 2016

 LISTEN-UP-GIRLS-THIS-IS-HOW-YOU-DEAL-WITH-BODY-INSECURITY

 

“Lo cantik deh kalo kurusan!”

“Coba aja hidung lo lebih mancung, pasti cantik banget deh!”

“Kalo lo langsing, gue mau deh sama lo!”

 

Mungkin beberapa dari kita memiliki pengalaman yang serupa, mendapat request untuk mengurangi berat badan agar terlihat lebih cantik atau menarik bagi keluarga, teman-teman, atau bahkan gebetan kita di sekolah. Selain dapat menjadi suatu motivasi untuk memenuhi kriteria ‘cantik’ yang ada di masyarakat,  ‘pujian-pujian’ tersebut juga dapat menimbulkan perasaan khawatir dan memengaruhi produktivitas kita karena menjadi kurang percaya diri.  Rasa  khawatir atau insecure atas tubuh bukanlah hal yang aneh buat para remaja seperti kita, namun penting untuk bisa menghadapi perasaan tersebut dengan tepat agar tidak mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

 

BODY INSECURITY

Istilah insecure dapat diartikan sebagai rasa khawatir atau kurangnya rasa percaya diri. Dalam konteks gambaran tentang tubuh, perasaan khawatir ini berkaitan erat dengan gagasan yang seseorang miliki tentang bentuk dan ukuran tubuhnya. Seringkali, mereka yang menghadapi body insecurity ini kerap meragukan kemampuan mereka sendiri  dalam berbagai hal yang disebabkan oleh ukuran dan bentuk tubuhnya. Tentunya, rasa khawatir tersebut dapat mengganggu produktivitas seseorang karena merasa tubuhnya menjadi penghalang dalam mencapai goal yang dimiliki. Misalnya saja Ana, meski memiliki tubuh layaknya model, dirinya merasa insecure akan tubuhnya karena kerap  mendapat komentar seputar bentuk dan ukuran tubuhnya. Kekhawatiran tentang tubuhnya itu membuat Ana melakukan cara apapun untuk bisa memenuhi kriteria yang ada dan pada berakhir menjadi pengidap anorexia. Penyebab dari body insecurity ini ada beragam, mulai dari pandangan seputar ‘tubuh ideal’ yang ada di masyarakat sampai dengan pengaruh dari media. 

 

HOW TO DEAL WITH IT

Kunci utama dalam menghadapi body insecurity adalah mencintai diri sendiri, karena dengan cara itu kita bisa mengurangi rasa insecure yang ada pada diri kita. Easy to say, tapi memang butuh proses agar bisa benar-benar mencintai diri kita sendiri. Ada dua poin penting agar bisa menghadapi insecurity terhadap tubuh kita:

  1. Look in the mirror and talk to our reflection: Mungkin dalam melakukan poin ini, kita akan merasa aneh. Tapi dengan berbicara pada bayangan kita di cermin, kita sebenarnya mengingatkan diri kita bahwa tidak ada yang salah dengan bentuk maupun ukuran tubuh kita. Dengan cara ini, kita kembali meyakinkan diri sendiri bahwa we’re worth it, we’re beautiful in our own way.
  2. Surround ourself with positivity: Poin ini tidak kalah penting dengan poin pertama. Dikelilingi oleh orang-orang atau hal-hal yang berpiikir positif dapat memengaruhi vibe kita untuk ikut menjadi positif. Kita bisa meminta orang-orang terdekat kita untuk memberikan kita semangat agar tetap bisa produktif tanpa harus khawatir dengan bentuk tubuh kita. Atau, kita bisa juga mengikuti akun-akun sosial media yang menyebarkan pesan-pesan positif. Coba deh follow akun Instagram @EffYourBeautyStandards yang secara rutin mempublikasikan foto-foto dari para pengguna Instagram yang memiliki cerita-cerita menarik dalam menghadapi body insecurity mereka. Atau bisa juga follow sejumlah selebgram yang inspiratif, seperti @Tiraemon atau @AshleyGraham.

 

LISTEN-UP-GIRLS-THIS-IS-HOW-YOU-DEAL-WITH-BODY-INSECURITY

 

Hopefully, setelah kita tau dua poin di atas, rasa insecure kita bisa berkurang dan dapat tetap produktif tanpa harus khawatir dengan bentuk ataupun ukuran tubuhmu! Remember, everyone is beautiful in their own way!

 

 

Written by Fikriana Kusuma (Winner Gogirl! Pop up Class)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar