HATI-HATI, 10 PUJIAN BUAT CEWEK INI SEBENERNYA MERENDAHKAN

July 13, 2018

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Photo by Mahkeo on Unsplash

 

Mendengar sebuah pujian emang menyenangkan. Pujian bisa bikin mood kita membaik, hari berat kita lebih terasa ringan, dan nggak jarang kita pun jadi merasa percaya diri setelah mendengarnya. Tapi, sadar atau nggak, sebenernya ada pujian-pujian yang punya makna lain di baliknya. Pujian-pujian ini sebenernya punya sisi merendahkan yang tersembunyi, tapi entah kenapa jadi terdengar baik di mata yang mendengarnya. Orang yang memuji pun kadang nggak sadar kalo sebenernya lagi merendahkan orang yang dia puji, sebab pujian sejenis ini terlalu sering dipake banyak orang sehingga jadi dianggap lumrah.

 

Nah, Gogirl! merangkum ada sepuluh pujian buat cewek yang tanpa kita sadari sebenernya punya tendensi merendahkan. Jangan seneng dulu deh kalo mendengar pujian-pujian ini!

 

“KAMU CANTIKAN NGGAK PAKE MAKE UP.”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Pujian ini sebenernya basa-basi doang, intinya orang yang memuji pengen bilang kalo kita keliatan lebih menor daripada biasanya. Yakin deh, orang yang muji kayak gini pasti nggak ngerti make up. Kalo ngerti, bukan pujian palsu kayak gini yang pasti dia bilangin ke kita. Dia pasti ngomentarin secara spesifik, “Coba deh alis kamu lebih natural.” Pendapat spesifik kayak gitu lebih enak didengar, karena bukan cuma nggak mendiskreditkan kegemaran ber-make up, tapi juga ngasih evaluasi buat make up kita.

 

“SUMPAH, KAMU BEDA BANGET KALO PAKE MAKEUP!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Sekilas pujian ini terdengar kayak sebuah apresiasi atas keberhasilan make over kita. Mirip sama pujian sebelumnya, biasanya pujian jenis ini dilontarkan oleh orang yang nggak ngerti makeup. Soalnya, orang yang ngerti makeup nggak mungkin memuji orang ber-makeup dan mengatakan kalo dia terlihat berbeda. Yakali, masak kita pake makeup biar keliatan sama kayak pas nggak pake make up? Logic, please!

 

“KAMU CANTIKAN PAKE HIJAB GINI, DEH!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Please, deh. Berhijab atau nggak itu tergantung perjalanan dan keyakinan spiritual masing-masing perempuan. Jangan kasih kita motivasi spiritual palsu dengan bilang kalo kita terlihat lebih cantik memakai hijab. Kita pake hijab bukan buat kelihatan cantik, sister brader! Semua perempuan itu cantik, dengan atau tanpa hijab. Kalo emang si pemuji lebih suka melihat kita pake hijab, apa salahnya sih tinggal bilang dengan jujur, “Aku suka deh lihat kamu pake hijab.”

 

“KAMU JAUH LEBIH CANTIK KALO TANPA HIJAB!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

 

Kalo kita berhijab, kita mungkin pernah mendengar pujian ini dari sesama perempuan. Di suatu kesempatan, perempuan itu melihat kita membuka hijab. Spontan, dia pun memuji kita terlihat lebih cantik tanpa hijab. Pujian begini bisa kita terima dengan lapang dada kalo kita udah cukup lama berhijab dan udah mantap dengan keputusan berhijab kita. Tapi, pujian ini bisa berbahaya kalo kita baru awal-awal hijrah dan memutuskan buat berhijab. Hati-hati, lho!

 

“KAMU KURUSAN, JADI CANTIK BANGET LHO!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Sadar nggak sihh, pujian berdasarkan bentuk tubuh itu sebenernya nggak jauh beda sama ledekan alias body shaming. Kalo kita dipuji lebih cantik karena terlihat kurusan, please deh. Itu artinya orang yang memuji mengiyakan standar kecantikan yang dibentuk oleh pengaruh media dan iklan, dong? Padahal, kecantikan bisa tampak dalam beragam bentuk, warna, dan ukuran. Bahkan kecantikan juga bisa hanya dirasakan tanpa dilihat. Selain itu, pujian ini jadi terdengar semakin menyebalkan kalo penurunan berat badan kita disebabkan oleh stres. Please, deh. Maksudnya kita harus sering-sering stres biar kelihatan lebih cantik, gitu?

 

“KAMU TUH ISTRIABLE BANGET, DEH!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Dalam sebuah acara kelas, kampus, atau kantor, kita diberi kesempatan buat jadi seksi masak-masak dan beres-beres rumah. Pas lagi gesit menjalankan peran kita, seseorang memuji kita dengan ungkapan seperti itu. Selain dalam kesempatan sejenis ini, pujian tersebut juga sering dilontarkan ke cewek yang emang rapi, rajin bersih-bersih, dan gemar memasak. Sadar nggak sih, pujian ini secara nggak langsung menyetujui konstruksi sosial soal peran suami dan istri dalam rumah tangga? Di samping itu, pujian “Kamu tuh suamiable banget” gara-gara seorang cowok rajin bersih-bersih dan memasak jarang banget kita denger.

 

“CANTIK BEGINI KOK MASIH SINGLE?”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Yaelah, ini bukan pujian, tapi single shaming. Emang salah ya kalo kita memilih buat melajang dan lagi nggak butuh terikat dengan hubungan pacaran? Lagipula, apa hubungannya cantik sama single? Nggak ada, cuy. Pujian inilah yang membentuk sebuah persepsi kalo cewek cantik itu aneh kalo single. Cewek cantik itu harusnya punya pacar alias udah laku. Deuh, emangnya cewek itu barang dagangan? Lagipula, cantik itu sendiri kan subjektif, brader sister!

 

SALUT DEH, KAMU CEWEK TAPI BERANI (ATAU KUAT) BANGET!

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN 

Pujian ini datang buat kita cewek mandiri dan mampu melakukan banyak hal. Contohnya kalo di keseharian, kita bisa ngangkat galon ke dispenser sendiri, bisa naik motor gede, bisa benerin lampu sendiri, atau mampu ganti genteng bocor sendiri. Atau yang lebih mengarah ke hobi dan pekerjaan kayak suka traveling sendirian dan independen secara finansial. Sadar atau nggak, pujian ini mengaminkan kalo cewek itu pada umumnya lemah dan nggak pemberani. Coba deh inget-inget, pernah nggak sih kita denger pujian kayak gini dilontarkan ke cowok? Kan nggak. “Kamu cowok tapi berani (atau kuat) banget! Parah!”

 

“KAMU TUH BEDA DARI CEWEK-CEWEK LAIN”

 

 HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Awalnya pujian ini bikin kita merasa unik dan special. Tapi, sebenernya secara nggak langsung pujian ini merendahkan cewek dengan cara menggeneralisasikan mereka. Coba deh tanya kepada si pemuji, apa yang membuat kita beda dari yang lain. Dia pasti bakal jawab apa yang sebenernya dimiliki orang lain juga; kepintaran, selera humor, keberanian, dan lain-lain. Kalo yang dia maksud adalah kita berbeda karena kita cocok atau klik sama dia, apa susahnya sih tinggal bilang, “Kita tuh klik banget!”

 

“NGGAK CUMA CANTIK, TERNYATA KAMU PINTER BANGET!”

HATI-HATI-10-PUJIAN-BUAT-CEWEK-INI-SEBENERNYA-MERENDAHKAN

Orang yang muji kayak gini pasti tipe-tipe orang yang melabelkan cewek cantik dan nggak cantik. Udah gitu, dia punya standar ganda buat cewek-cewek yang menurutnya nggak cantik, harus punya kelebihan lain kayak pinter, berani, atau mandiri. Terus, pas nemu cewek (yang menurutnya) cantik sekaligus pintar, dia merasa aneh. Lah, masih zaman menilai orang dari penampilannya terlebih dulu? Yang diliat duluan penampilan, kelebihan lain mah cuma bonus, gitu?

 

BACA JUGA:

CANTIK NATURAL, BENARKAH JADI STANDAR KECANTIKAN MASA KINI?

KENAPA PEREMPUAN SELALU INGIN MERASA ATAU DIBILANG CANTIK?

KRITIK ATAU PUJIAN, MANA YANG LEBIH BAIK BUAT KITA?

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Photo by Mahkeo on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar