HAL SEDERHANA YANG BISA SELAMATKAN BUMI TANPA KITA SADARI

August 08, 2018

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

 Photo by Gem & Lauris RK on Unsplash

Pernah kepikiran nggak sih, apa yang udah kita lakukan buat menyelamatkan bumi? Sebelum menjawab pertanyaan itu, mending kita refleksi diri dulu, kenapa sih bumi perlu diselamatkan. Well, jawabannya sebenernya simpel: perusakan alam. Yap, rasanya nggak baru-baru ini aja kita diingatkan soal bahaya global warming alias menipisnya lapisan ozon dan meningkatnya suhu udara di bumi. Kalau semakin panas, dikhawatirkan lama kelamaan bumi jadi nggak layak huni. Selain itu, menipisnya lapisan ozon juga berakibat semakin besarnya paparan sinar matahari yang bisa berbahaya banget buat kesehatan kulit. Selain lapisan ozon, hal lain yang perlu kita khawatirkan adalah udara, air, dan tanah yang jadi sumber hidup kita sehari-hari.

 

Nah, Gogirl! merangkum ada sembilan kebiasaan yang dilakukan beberapa orang tapi tanpa mereka sadari sebenernya bisa menyelamatkan bumi. Coba cek deh, siapa tahu salah satunya adalah kebiasaanmu. Kalau belum jadi kebiasaanmu, ada baiknya kamu pertimbangkan hal-hal di bawah ini buat kamu lakukan sehari-hari demi selamatkan bumi.

 

NGGAK PAKE SEDOTAN PAS MINUM

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber gambar: Twitter @KFCIndonesia

Buat yang terbiasa nggak pake sedotan pas minum di restoran, ternyata kamu punya kebiasaan yang baik. Menurut data Kementrian Lingkungan Hidup, sekitar 70% sampah plastik di Indonesia bisa dan udah didaur ulang, tapi sedotan nggak termasuk di dalamnya. Sedotan bernilai rendah di mata pemulung sampah dan emang sulit buat didaur ulang. Menurut penggagas Divers Clean Action (DCA) Swietenia Puspa Lestari, perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya mencapai sekitar 93 juta yang berasal dari restoran, minuman kemasan, dan sumber lainnya. Umumnya sedotan berbahan polypropylene yang didesain untuk tahan seumur hidup sehingga butuh waktu sangat lama buat hancur dan terurai.

Buat yang masih terbiasa pake sedotan, coba deh kurangi dengan cara minum langsung dari gelas atau bawa sedotan sendiri berbahan stainless steel. Biasakan juga buat nggak ambil sedotan dari rumah makan atau supermarket, seperti yang lagi diupayakan oleh restoran fast food KFC dengan #NoStrawMovement-nya. Sejak Mei lalu, seluruh gerai KFC di Indonesia udah nggak menyediakan sedotan kecuali jika kita minta ke kasir. Baru-baru ini Starbucks Coffee juga mengikuti jejak KFC. Nantinya, gerakan ini diharapkan bisa menginspirasi seluruh restoran di Indonesia.

 

BAWA KANTONG BELANJAAN SENDIRI

 HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: huffingtonpost.com

Kalau dihitung-hitung, sampah plastik dibumi ini sangat mengkhawatirkan, karena kebanyakan dibuang ke lautan sebagai tempat pembuangan akhir. Keberadaannya di laut akan jadi microbeads dan mudah termakan oleh hewan laut. Di Indonesia, luas terumbu karang di laut adalah 18% dari luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di Pusat Segitiga Terumbu Karang (coral triangle). Sayangnya, cuma 29,79% dari total luas terumbu karang Indonesia yang masih dalam keadaan baik, sementara sisanya udah rusak dan kebanyakan karena sampah plastik.

Itulah kenapa, selain sedotan, pemakaian kantong plastik belanja juga cukup signifikan buat menyelamatkan dunia. Bayangin, belanjaan kita yang isinya kebutuhan sehari-hari aja kebanyakan pake kemasan plastik, kita malah menambahnya dengan kantong plastik. Karena kita nggak bisa mengubah kemasan produk, yang bisa kita lakukan adalah mengubah kantong plastik jadi benda lain yang fungsinya sama. Kalo kamu terbiasa bawa belanjaan sendiri, selamat, kamu udah siap buat jadi penyelamat dunia!

 

MENADAH AIR BEKAS PAKAI

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: pxhere.com

Siapa bilang air adalah sumber daya yang bisa diperbaharui dan nggak akan pernah habis? Faktanya, menurut laporan World Health Organization (WHO), tiga per sepuluh atau sekitar 2,1 milyar penduduk bumi kesulitan mengakses air bersih. Di Indonesia, kekurangan air bersih terjadi di sekitar 105 kabupaten atau kota, 715 kecamatan, dan 2.726 kelurahan atau desa di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara pada 2017. Perlu diketahui juga, saat ini hampir 30% permukaan tanah di muka bumi bakal mengalami kekeringan kalo suhu global mengalami kenaikan 20C.

Salah satu kebiasaan menghemat air yang jarang kita sadari adalah menadah air bekas pakai. Kalo abis wudhu atau cuci muka, biasakan taruh ember di bawah kran buat menadah air bekas kita. Air itu bisa kita pake buat keperluan lain kayak nyiram tanaman atau nyuci mobil, lho! Eit, tapi kebiasaan menadah air ini harus dibarengi sama kebiasaan menghemat air, ya.

 

MENGHABISKAN MAKANAN

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: cheeptalk.org

Tahu nggak sih, berat sampah makanan di Indonesia setiap tahunnya bisa mencapai 1,3 ton? Makanan sebanyak ini bisa dikonsumsi sama 28 juta orang, lho. Data ini disebut sama Kepala Perwakilan Badan Pangan PBB (FAO), Mark Smulders. Bahkan, secara global menurut data Economist Intelligence Unit (EIU) pada 2016 menempatkan Indonesia sebagai negara kedua penghasil sampah makanan terbanyak di dunia. Kalo dikonversi ke dalam bentuk uang, menurut data Badan Pusat Statistik impor limbah sisa makanan periode Januari-Oktober 2016 mencapai kurang lebih Rp2,7 triliun. Nah, itulah kenapa kalo kamu doyan makan dan selalu menghabiskan makananmu, selamat! Itu artinya, kamu ikut bukan salah satu penyumbang sampah makanan di bumi ini.

 

BAWA BOTOL MINUM SENDIRI

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: braderian.co

Buat yang terbiasa jalan-jalan pake tas kecil, coba deh ubah kebiasaanmu. Bisa dijamin orang yang selalu bawa tas kecil pasti jarang banget bawa botol minum sendiri alias terbiasa beli minuman dalam kemasan. Minuman dalam kemasan tentu dibungkus pake plastik, dan sampah plastik itu berbahaya banget buat ekosistem laut seperti yang udah Gogirl! jelasin sebelumnya. Well, selamat yang udah terbiasa bawa botol minum sendiri, berarti kamu adalah salah satu orang yang berusaha menyelamatkan laut dan bumi!

 

SUKA BAWA SAPU TANGAN

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: makercreate.com

Tahu nggak sih, buat memproduksi satu rim kertas diperlukan satu batang pohon berusia sekitar lima tahun. Sementara itu, buat menghasilkan dua pack tisu berisi 40 sheet membutuhkan satu batang pohon berumur enam tahunan. Padahal, satu batang pohon bisa menghidupkan tiga manusia. Duh, berarti memakai banyak kertas dan tisu berarti ikut menyetujui pembabatan pohon di hutan, dong? Selain nantinya bisa berdampak pada  bencana alam, konsumsi tisu juga bisa mengacaukan keseimbangan ekosistem hutan. Sampah tisu juga mengandung bisphenol-A yang bisa mencemari tanah, tanaman lain, hewan, dan manusia juga ujung-ujungnya. Well, kalo kamu terbiasa membawa sapu tangan sebagai pengganti tisu, selamat! Kamu adalah salah satu penyelamat bumi ini!

 

MEMATIKAN LAMPU SAAT TIDUR

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: additudemag.com

Tahu nggak sih, tingkat konsumsi listrik rata-rata masyarakat Indonesia per tahun sebesar 528,87 kWh. Angka ini lebih tinggi daripada negara-negara tetangga, yaitu Filipina di angka 494,34 kWh per tahun, Laos 338,58 kWh per tahun, Kamboja 117,64 kWh per tahun, dan Myanmar 69,51 per tahun. Kita semua tentu tahu kalo dampak jangka panjang dari pemborosan listrik adalah habisnya energi di muka bumi. Duh, kebayang nggak sih kalo energi makin langka dan habis, kita bakal hidup tanpa listrik sama sekali? Oleh karena itu, buat yang punya kebiasaan selalu mematikan listrik saat tidur, selamat! Pas tidur, seenggaknya kita bisa mengosongkan penggunaan listrik dalam waktu 5-8 jam. Nah, jangan lupa barengi juga sama kebiasaan mematikan lampu kamar mandi dan alat-alat elektronik tiap habis pakai, ya!

 

NAIK KENDARAAN UMUM

HAL-SEDERHANA-YANG-BISA-SELAMATKAN-BUMI-TANPA-KITA-SADARI

Sumber foto: mahendradhani.blogspot.com

Udah nggak perlu ditanya lagi, polusi yang disebabkan dari kendaraan bermotor adalah penyumbang kotornya udara dan rusaknya lapisan ozon. Udara yang kotor tentu akan berdampak pada kesehatan kita. Polusi kendaraan bermotor adalah partikulat (PM 2.5) alias partikel debu berukuran 2,5 mikron, atau sekitar 1/30 tebal helai rambut manusia. Kalo terpapar dalam jangka panjang, PM 2.5 bisa menyebabkan masalah berat pernapasan seperti kanker paru-paru. Oleh karena itu, ucapkan selama pada diri sendiri kalo kamu setiap hari bepergian naik kendaraan umum. Dengan naik kendaraan umum, kita nggak nambah jumlah kendaraan bermotor di lalu lintas yang artinya juga nggak nambah polusi.

 

 

BACA JUGA:

HIDUP MINIM AIR DI CAPETOWN JADI WAJAH KEKERINGAN AIR DI DUNIA

MULAI DARI DIRI SENDIRI UNTUK MENCINTAI LINGKUNGAN

SAMPAH LAUT INGATKAN KITA BUAT LEBIH PEDULI LINGKUNGAN

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar