11 TRAVELING HACKS YANG BIKIN JALAN-JALAN LEBIH NYAMAN

December 16, 2017

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Pas ngerencanain liburan, pasti kita nggak sabar nunggu hari liburan kita tiba. Jauh-jauh hari kita pasti udah bayangin kegiatan yang bakal dilakuin saat liburan nanti. Tapi kita nggak mau kan kalo liburan kita jadi nggak enak karena deretan hal yang bisa bikin kita bete. Coba yuk ikutin hack traveling ini supaya liburan kita lebih nyaman.

 

 

1. BARANG YANG MASUK KE CABIN

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Dari waktu kita packing, pasti kita udah misahin barang-barang apa aja yang harus masuk ke bagasi dan yang harus di bawa ke dalam cabin. Pastiin kita mengemas barang kita dengan rapi dan baik. Bawa semua barang-barang berharga ke dalam cabin, seperti hanpdhone, laptop, kamera dan yang lainnya ke dalam tas yang akan kita bawa ke dalam cabin. Selipin juga 1-2 potong baju ganti ke dalam ransel. Ini untuk menghindari hal-hal yang nggak kita inginkan seperti kehilangan koper atau koper yang nyasar. Biar nggak nyesek banget kalau koper kita sampai hilang.

 

2. BERI TANDA PENGENAL PADA KOPER DAN BARANG LAINNYA

Ini klasik banget emang, tap penting banget untuk kita. Barang tas atau koper yang kita masukin kedalam bagasi pesawat bisa jadi sama dengan penumpang pesawat lainnya, karena nggak ada yang gak mungkin kan? Jadi biasain untuk kasih tanda pegenal sama barang-barang yang kita bawa dan kita masukin ke dalam bagasi pesawat. Ini bisa membantu kita untuk lebih cepat mengenali barang yang kita punya.

 

3. FOTO SEMUA BARANG YANG MASUK KE DALAM BAGASI

Pastiin kalo kita foto semua barang yang kita masukin ke dalam bagasi, buat mempermudah kita kalo sampe koper dan barang kita yang lain hilang atau nyasar.

 

4. SECURITY CHECK-IN, PILIH JALUR KIRI AJA

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Saat kita mau antri untuk check in di bandara, coba deh pilih antrian yang paling kiri. Karena menurut penelitian, kebanyakan orang menggunakan tangan kanannya, jadi banyak orang yang cenderung memilih sebelah kanan untuk antri. Nah, kalo begitu berarti jalur kiri akan lebih lengang. Menghemat waktu juga, guys.

 

5. SCAN SEMUA DOKUMEN

Untuk lebih mudahin kita dan untuk jaga-jaga, sebaiknya kita scan atau foto semua dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, tiket, dan dokumen lainnya, kalo sampe dokumen penting kita itu hilang. Ini juga mudahin kita untuk menunjukkan tiket atau kode booking ke petugas, dari pada harus ngeluarin tiket dulu, langsung aja tunjukkin lewat handphone.

 

6. CHECK-IN ONLINE BIAR NGGAK ANTRI

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Lebih mudah, gampang, dan praktis. Coba manfaatin teknologi canggih yang udah ada. Buat yang males antri dan mau menghemat waktu, coba check-in online aja. Check-in online akan menjauhkan kita dari antri panjang yang nyebelin banget.

 

7. CHECK-IN PALING AKHIR

Nah, kalo nanti pada saat sudah sampai di tempat tujuan, pasti sebel banget kalau udah ngebayangin nunggu barang di bagasi yang keluarnya lama banget. Kalo kita males untuk nunggu barang yang keluarnya lama, coba check-in di akhri waktu aja, karena biasanya barang bagasi yang terakhir masuk, akan keluar paling duluan saat di tempat tujuan

 

8. MINTA STIKER FRAGILE SAMA PETUGAS

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Cara yang satu ini juga bisa kita coba biar barang kita yang di bagasi keluar lebih dulu dari yang lain. Kita bisa minta petugas check-in untuk menempelkan stiker “Fragile” di koper atau barang kita. Hal ini membuat barang kita ditangani lebih hati-hati dan akan dikeluarin lebih dulu di conveyer. Biasanya petugas akan bertanya kenapa kita minta barang kita untuk di label fragile. Jadi pastiin barang fragile emang benar ada di dalam barang atau koper kita.

 

9. LEPAS AKSESORI DAN JAKET

Biar kita nggak ribet waktu security checking, sebaiknya kita melepas jam tangan, ikat pinggang, dan semua aksesori yang berbahan logam. Supaya kita nggak harus lepas pake dan membuat orang yang di belakang kita jadi antri. Kita bisa taruh dulu semuanya di tas ransel, dan bisa kita pakai lagi kalo sudah melewati security checking.

 

10. SELALU BAWA BOTOL KOSONG

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Karena dilarang membawa benda cari atau liquid, sebaiknya kita bawa botol kosong terlebih dahulu. Kalo kita bawa air di dalam botol, biasanya akan disita oleh petugas atau kita harus menghabiskannya dulu. Jadi, kosongin aja botolnya, nanti setelah di dalam ruang tunggu kita bisa isi air lagi. Jangan khawatir, hampir semua bandara internasional nyediain air minum gratis kok, untuk menghemat juga daripada kita harus beli.

 

11. MASUK PESAWAT TERAKHIR AJA

 

HACK-TRAVELING-YANG-MEMUDAHKAN-PERJALANAN-KAMU

 

Udah dipersilahkan masuk pesawat, rasanya pasti pengen buru-buru masuk ke dalam pesawat deh. Hmm, coba kita tunggu antrian masuk pesawat sampe sepi deh. Supaya kita lebih enak masuk ke dalam pesawat, dan nggak perlu berhenti dan nunggu kalo ada penumpang lain yang mau masukkin barangnya kedalam bagasi cabin. Dan biasanya kalo kita masuk paling akhir ke dalam pesawat, kita bisa dapat upgrade gratis. Kayak kursi kosong yang lebih lega di bagian depan pesawat, atau bisa aja kita duduk di kelas bisnis, kalo kita lagi beruntung ya.

 

Yup, itu dia hack traveling yang bisa kita lakuin di bandara supaya perjalanan kita jadi lebih menyenangkan. Semoga perjalanan kita jadi nyaman dan menyenangkan, selamat mencoba!

 

 

Written by Siti Sarah Zahira
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar